PEMBERDAYAAN MASYARAKAT RW 12 DALAM KEGIATAN PENGHIJAUAN LINGKUNGAN DI KAVLING MANDIRI KELURAHAN SEI PELUNGGUT

Diah Ayu Pratiwi

Abstract


Kavling Mandiri (Kelurahan Sei Pelunggut) merupakan wilayah yang terletak di Kecamatan Sagulung, Kota Batam. Lingkungan di wilayah ini sangat gersang dan sering mengalami banjir setiap turun hujan. Daya serap air yang kurang dan drainase yang buruk menjadi penyebab muncul banjir di wilayah tersebut. Selain itu, juga dikarenakan kurangnya kesadaran dan perhatian warga terhadap lingkungan. Hal ini disebabkan kesibukan warga RW12 yang bekerja dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Mayoritas tingkat pendidikan warga RW 12 adalah lulusan SLTA. Meski demikian, saat ini sudah banyak warga RW12 yang mengenyam pendidikan sarjana namun peran terhadap lingkungan masih rendah. 

Tujuan dari pengabdian ini meningkatkan kesadaran masyarakat RW 12 mengenai pentingnya melakukan kegiatan penghijauan lingkungan guna menjaga kualitas lingkungan dan perindangan di lingkungan RW 12. Metode kegiatan ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan persuasif, pendekatan emiprik, normatik dan edukatif, dan pendekatan androgogi dengan tujuan meningkat partisipasi masyarakat RW 12 dalam kegiatan penghijauan lingkungan. Kegiatan penghijauan dilakukan melalui penanaman pohon dan memberikan pengetahuan serta pemahaman kepada masyarakat mengenai pentingnya melestarikan lingkungan.

Dengan peningkatan daya serap air dan mendukung kegiatan yang dapat meningkatkan kualitas lingkungan di RW 12 maka dapat mencegah terjadinya banjir serta menjadikan lingkungan tersebut asri dan rindang.

Keywords


pemberdayaan masyarakat, penghijuan lingkungan, pendekatan persuasif

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik Kepulauan Riau. 2017. Jumlah penduduk Kota Batam.

Bukit, Herawati. 2010. Penghijauan Kota Sebagai Penunjang Kelestarian Alam di Masa Datang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol. 16 No. 60 Thn. XVI Juni 2010.

Inoguchi, Takashi. 2003. Kota dan Lingkungan: Pendekatan Baru Masyarakat Berwawaan Ekologis, Jakarta: LP3ES

Lailia, Anita Nur. 2014. Gerakan Masyarakat Dalam Pelestarian Lingkungan Hidup (Studi Tentang Upaya Menciptakan Kampung Hijau Di Kelurahan Gundih Surabaya). Jurnal Politik Muda: Vol. 3 No. 3 Agustus – Desember 2014.




DOI: https://doi.org/10.33373/jmb.v1i1.1170

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.