PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN, MOTIVASI DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN DI PT. CIBAVISION BATAM

Walisah Walisah, Oktavianti Oktavianti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh gaya kepemimpinan, motivasi dan budaya organisasi terhadap kepuasan kerja PT.Ciba Vision. Penelitian ini juga bertujuan untuk menganalisis pengaruh variabel bebas terhadap variabel dependen..Teknik pengumpulan data menggunakan metode analisis kuesioner instrumen yang digunakan adalah untuk menguji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, pengujian hipotesis dengan uji t dan F , Dan koefisien determinasi (R2). Dari penelitian ini dapat disimpulkan dari uji statistik yang didasarkan pada variabel bebas yang terdiri dari gaya kepemimpinan, motivasi dan kedisiplinan (uji simultan F) layak untuk diuji terhadap variabel kepuasan kerja. Kemudian melalui hasil uji t adalah bahwa gaya kepemimpinan variabel 0.322, motivasi 5.681, dan disiplin 3.292. Penelitian ini juga memperoleh nilai Adjusted R Square sebesar 0,390. Artinya variabel gaya kepemimpinan, motivasi dan organisasi buasil mampumempengaruhi variabel kepuasan kerja dengan persentase sebesar 39% dan sisanya 61% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diliputi dalam penelitian ini.

Keywords: Leadership Style, Motivation, Organizational Culture, Job Satisfaction

 

 


Full Text:

PDF

References


Agripa Toar Sitepu.(2013). Jurnal Ilmiah Beban Kerja dan Motivasi Pengaruhnya Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Bank Tabung an Negara TbK Cabang Manado, Jurnal Manajemen Bisni Universitas Sam Ratulangi, ISSN – 2303-1174. Manado.

Ardana, dkk (2012 ) Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Organisasi Publik dan Bisnis. Penerbit Alfabeta, Bandung.

Dani Agung Wicaksono. (2013). Jurnal ilmiah Pengaruh budaya Organisasi Terhadap Kepuasan Kerja dan Kinerja Pegawai Pada Balai Taman Nasional Alas Purwo, Jurnal fakultas Ekonomi Universitas Narotamat, ISSN 1693 – 4083. Bali Dermawan .(2013).Budaya Organisasai. Penerbit Andi Offset. Yogyakarta.

Doni Oktavianus Antou.(2013). Jurnal Ilmiah Gaya kepemimpinan dan Budaya Organisasi Pengaruhnya terhadap Kinerja Pegawai Kantor Kelurahan Malayang 1 Manado, Jurnal Manajemen Bisnis Universitas Sam Ratulangi, ISSN 23031174. Manado.

Darmawan. (2013). Metodologi Penelitian., Cetakan Pertama. Penerbit CitaPustaka Media Printis. Bandung

Ermawan, Erni. R. 2011. Organizational Culture : Budaya Organisasi Dalam Ekonomi dan Bisnis. Alvabeta, Bandung

Fahmi ,Irham. (2012). Manajemen Strategis Teori Dan Aplikasi., Cetakan II. Penerbit Alfabeta . Bandung

Oktavianti, O. (2016). Pengaruh Motivasi Berprestasi Dan Cara Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Smkn 5 Di Kota Batam. DIMENSI, 2(3).

Sedarmayanti. (2011). Manajemen Perusahaan. Penerbit Gava Media. Yogyakarta.

Siswanto. (2011). Manajemen Sumber Daya Perusahaan . Penerbit Gava Media Jogyakarta

Sopiah. ( 2013)Teori motivasi . Penerbit Cakrawala jogyakarta

Suwanto H, dan Priansa J, Donni, (2011) Manajemen Sumber DayaManusia Dalam Organisasi Publik dan Bisnis. Penerbit Alfabeta, Bandung Sutrisno Edy. 2010. Budaya Organisasi.Kencana Prenada Media Group.

Sangadji, Etta Mamang & Sopiah. (2013). Prilaku Konsumen. Penerbit Andi Offset. Yogyakarta.

Sugiyono (2012). Statistika Untuk Penelitian . Penerbit Alfabeta . Bandung. Sugiyono.(2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Penerbit Alfabeta. Bandung.

Sutrisno Edy. 2010. Budaya Organisasi.Kencana Prenada Media Group. Sangadji, Etta Mamang & Sopiah. (2013). Prilaku Konsumen. Penerbit Andi Offset. Yogyakarta.

Umar, Husein. (2011). MetodePenelitian Untuk Skripsi Dan Tesis Bisnis., Cetakan Sebelasas.Penerbit Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Wijayanto, Dian. 2012.Pengantar Manajemen, Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta

Wibowo. 2010. Manajemen Kinerja. Edisi ketiga. PT. Raja Grafindo Prasada. Jakarta

Wibowo , EdyAgung. (2012). Aplikasi Praktis SPSS Dalam Penelitian., Cetakan Pertama. Penerbit Gava Media. Yogyakarta.

Wijayanto, Dian. 2012.Pengantar Manajemen, Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta




DOI: https://doi.org/10.33373/bening.v3i1.931

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN Barcode:

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.