ANALISIS FAKTOR PERILAKU EKONOMI BERKELANJUTAN PADA RUMAH TANGGA NELAYAN SKALA KECIL DI PESISIR BATAM

Firdaus Hamta

Abstract


Pembangunan ekonomi nasional Indonesia merupakan upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) dan optimalisasi pemanfaatan sumberdaya alam (SDA) untuk peningkatan produktivitas dan kesejahteraan masyarakat. Potensi pembangunan ekonomi bagi masyarakat pesisir khususnya rumah tangga nelayan di Batam memerlukan pengembangan perilaku ekonomi.

Perilaku ekonomi RT nelayan merupakan reaksi nelayan atau anggota keluarga nelayan untuk melakukan sikap atau tindakan (kegiatan) ekonomi yang dapat menghasilkan produk (barang atau jasa), karena adanya rangsangan (stimulus) dari dalam dirinya maupun dari luar, baik secara langsung atau tidak langsung. Sehingga terjadi perubahan perilaku yang mendorong tingkat perilaku untuk menghasilkan produktivitas kerja atau usaha (output) dengan memanfaatkan sumberdaya di lingkungan pesisir dan laut. Perilaku ekonomi RT nelayan skala kecil dalam memanfatkan sumberdaya pesisir di Batam umumnya meliputi aktivitas ekonomi : tangkap ikan, pengolahan hasil tangkap ikan, bercocok tanam dan peternakan.

Penelitian menggunakan teknik purposive sampling dan Structural Equation Modeling (SEM) dengan alat bantu AMOS 21 sebanyak 121 sampel. Hasil penelitian bahwa, faktor yang dominan membentuk perilaku ekonomi RT nelayan skala kecil di pesisir Batam adalah: bercocok tanam (1,488), disusul oleh peternakan (1,479), pengolahan hasil tangkap ikan (1,314) dan tangkap ikan (1,000). Untuk meningkatkan produktivitas dan ketahanan pangan atau keberlanjutan ekonomi bagi RT nelayan skala kecil di pesisir Batam selain tangkap ikan yang sudah menjadi kegiatan utama, harus didukung oleh kegiatan alternatif yakni bercocok tanam

Full Text:

PDF

References


Amalia, Lia. 2007. Ekonomi Pembangunan. Graha Ilmu. Jakarta.

Dwi, Tike, dkk. (2014). Dampak Usaha Perikanan Budidaya Terhadap Kondisi Lingkungan dan Sosial Ekonomi Masyarakat pada Lahan Pasang Surut Kabupaten Banyuasin Provinsi Sumatera Selatan. Jurnal Akuakultur Rawa Indonesia.

Eymal dkk (2013). Kapitalisme dan Perilaku Ekonomi Msyarakat Maritim. Universitas Hasanuddin Makassar.

Hair, J.F., R.E. Anderson, R.L. Tatham dan W.C.Black, 2006, Multivariate Data Analysis with Readings, Fifth Edition, Englewood Cliffs, NJ: PrenticeHall.

Imam, Ghozali. 2013. Konsep dan Aplikasi dengan Program AMOS 21. Semarang. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

La Onu La Ola. 2011. Ekonomi Perikanan. Kendari. Unhalu Press.

Laynurak, Yoseph. M (2008). Model Diversifikasi Usaha Masyarakat Pesisir dan Implikasinya Terhadap Kesejahteraan serta Kelestarian Sumberdaya Wilayah Pesisir di Kabupaten Belu NTT. Program Doktor Manajemen Sumberdaya Pantai Universitas Diponegoro Semarang.

Purwanti, Pudji. 2010. Model Ekonomi Rumah Tangga Nelayan Skala Kecil. Malang. Universitas Brawijaya.

Sugiyono 2010. Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kulaitatif dan R & D, Bandung : Cv. Alfa Beta.

Sztompka, Piotr. 2008. Sosiologi Perubahan Sosial. Jakarta: Prenada




DOI: https://doi.org/10.33373/jeq.v4i2.916

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.