PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA FILM ANIMASIDALAM PEMBELAJARAN IPS TERPADU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIIIDI SMP KARTINI 1 BATAM TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Desma Yulia, Muhammad Arifin

Abstract


Kurang berhasilnya guru dalam menyampaikan materi mengakibatkan pembelajaran menjadi pasif dan tidak terjadi proses pembelajaran yang diharapkan. Hal tersebut terlihat dari nilai hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII SMP Kartini 1 Batam pada semester ganjil yang sebagian besar masih di bawah KKM.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media film animasi dalam pembelajaran IPS terpadu pada materi proses perkembangan kolonialisme dan imperialisme barat terhadap hasil belajar siswa kelas VIII di SMP Kartini 1 Batam Tahun Pelajaran 2013/2014. Penelitian ini adalahpenelitian kuantitatif dengan pendekatan quasi eksperimental.Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Kartini 1 Batam.Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh.Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIIIA dan siswa kelas VIIIB.Jenis penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan rancangan penelitian dua kelompok sampel yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen  diberi perlakuan penggunaan media film animasi. Sedangkan pada kelas kontrol menggunakan metode ceramah. Data penelitian dikumpulkan melalui test akhir/post test setelah diberi perlakuan.Hasil penelitian dengan judul Pengaruh Penggunaan Media Film Animasi dalam Pembelajaran IPS Terpadu terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII di SMP Kartini 1 Batam Tahun Pelajaran 2013/2014 dapat dikatakan berpengaruh signifikan. Hal ini ditunjukkan dengan hasil pengujian hipotesis menerima hipotesis alternatif (Ha) dan menolak hipotesis nol (H0), artinya terdapat perubahan hasil belajar yang signifikan dari penggunaan media film animasi dalam pembelajaran IPS Terpadu.

Kata kunci: Media Film Animasi, IPS Terpadu, Hasil Belajar Siswa.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33373/his.v1i1.400

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 HISTORIA

P-ISSN 2301-8305        E-ISSN 2599-0063

Published by: Program Studi Pendidikan Sejarah, Universitas Riau Kepulauan, Batam, Indonesia.

Jl. Batu Aji Baru No. 99 Batam Propinsi Kepulauan Riau, Batam,  Indonesia.

Email; historiaunrika@gmail.com

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.