ANALISIS HUBUNGANADVERSITY QUETIENT TERHADAP PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA UNIVERSITAS RIAU KEPULAUAN

Riska Novia Sari, Putri Yulia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara adversity quotientterhadap prestasi akademik mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika di Universitas Riau Kepulauan Batam.Jenis penelitian ini yaitu penelitian korelasional dengan populasi adalah keseluruhan mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika.Dalam penelitian ini sampel yang digunakan adalah mahasiswa aktif angkatan 2015, 2014, dan 2013 sebanyak 124 mahasiswa.teknik pengambilan sampel yaitu menggunakan purposive sampling. Instrumen yang digunakan berupa angket adversity quotient yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya.Teknik analisa yang digunakan dalam penelitian ini untuk menguji hipotesisnya dengan menggunakan rumus korelasi parsial yang dilakukan dengan bantuan software SPSS versi 20.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara adversity quotientterhadap prestasi akademik mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika di Universitas Riau Kepulauan Batam. Dengan besar korelasi , arah hubungan positif karena nilai  positif dan besarnya sumbangan yang diberikan oleh adversity quotient terhadap prestasi akademik mahasiswa sebesar 14,75%. Selanjutnya, nilai signifikansi 0,00< 0,05. Artinya adalah semakin tinggi adversity quotient  mahasiswa maka akan semakin tinggi pula prestasi akademik mahasiswa tersebut dan begitu juga sebaliknya.

 

Kata Kunci: adversity quotient, prestasi akademik, mahasiswa.

 


Full Text:

PDF

References


Ahmadi, A. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Cornista, Guillian AL & Macasaet, Charmaine JA. (2013). Adversity Quotient ® and Achievement Motivation of Selected Third Year and Fourth Year Psychology Students of De La Salle Lipa A.Y. 2012- 2013. Thesis. The Faculty of the Collegeof Education, Art, and Sciences- De La Sale Lipa.

Huijuan, Zhou. 2009. The Adversity Quotient and Academic Performance Among College Students at St. Joseph’s College Quezon City. Thesis. The Department of Arts and Sciences St. Joseph’s College, Quezon City.

Kadison, Richard M.D & DiGeronimo, Theresa F. 2005. College of the Overwhelmed The Campus Mental Health Crisis and What to Do About It. Journal of College Student Development. Vol. 46(5): 556-558.

Leman. 2007. The Best of Chinese Life Philosophies. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Nurhayati & Noram F. 2015. Pengaruh Adversity Quotient (AQ) dan Motivasi Berprestasi terhadap Prestasi Belajar Matematika.Jurnal Formatif. Volume 3(1): 72-77.

Rita Eka Izzaty. 2008. Perkembangan Peserta Didik. Yogyakarta: UNY Press.

Shipai, Sunan. 2015. Influences of moral, emotional and adversity quotient on good citizenship of Rajabhat University’s Students in the Northeast of Thailand. AcademicJournals. Vo. 10(17):2413-2421.

Siregar, Sofyan. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Dilengkapi dengan Perbandingan Perhitungan Manual Spss. Jakarta: Kencana.

Stoltz, P. G. 2000. Adversity Quotient, Mengubah Hambatan Menjadi Peluang. Jakarta: Terjemahan, PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Udiyono. 2011. Pengaruh motivasi orang tua, kondisi lingkungan dan disiplin

belajar terhadap prestasi akademik mahasiswa pendidikan matematika

Universitas Widya Dharma Klaten semester gasal Tahun Akademik

/2011. Magistra No. 75 Th. XXIII Maret 2011. ISSN 0215-9511.

http://journal.unwidha.ac.id/index.php/magistra/article/viewFile/80/41diakses 10 Maret 2016




DOI: https://doi.org/10.33373/dms.v6i3.1074

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.