KEANEKARAGAMAN KANTONG SEMAR (Nepenthes spp) DI PULAU BATAM

Fauziah Syamsi, Destaria Sudirman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keanekaragaman Nepenthes di pulau Batam. Penelitian dilakukan pada bulan April – Juni 2017 di empat hutan lindung di pulau Batam, yaitu Hutan lindung Bukit Dangas, Hutan Lindung Sei Ladi, Hutan Lindung Sei Harapan dan Hutan Lindung Duriangkang. Metode yang digunakan adalah survey dengan teknik purposive sampling, yaitu dengan menggunakan metode kuadrat. Dari penelitian yang telah dilakukan, ditemukan lima jenis Nepenthes, yaitu N. ampullaria, N. gracilis, N. rafflesiana, N. x hookeriana, N. x trichocarpa  dimana dua jenis diantaranya adalah spesies hasil persilangan alami di alam. Jumlah individu terbanyak adalah N. gracilis yaitu sekitar 86% dari total individu Nepenthes yang ditemukan. kerapatan relatif tertinggi adalah N. gracilis di Hutan Lindung Sei. Ladi yaitu sebesar 97,89%. Frekuensi relatif tertinggi adalah N. gracilis di Hutan Lindung Duriangkang  yaitu sebesar  92%. Indeks Nilai Penting tertinggi adalah N. gracilis di Hutan Lindung Duriangkang  yaitu sebesar 188,67%. Secara keseluruhan indeks keanekaragaman pada setiap lokasi pengamatan tergolong rendah yaitu (0.15≤H’≤0.94) < 1. Indeks Kemerataan spesies tertinggi adalah di Hutan Lindung Sei. Ladi dengan nilai indeks Kemerataan sebesar 0.58 dengan kategori komunitas labil, sementara tiga lokasi lainnya tergolong komunitas tertekan dengan nilai indeks Kemerataan spesies < 0.5.

 

Kata Kunci: Nepenthes, Keanekaragaman, Hutan lindung, Pulau Batam

 


Full Text:

PDF

References


Adam, J.H., J. Nur Maisarah, A.T. S. Norhafizah, M.Y. Harun, H. Azman. 2009. Kepadatan dan Taburan Tiga Fasa Hidup Nepenthes di Padang Tujuh Taman Negeri Endau- Rompin, Pahang. In Adam, J.H, M.B. Gasim and Z. Sarkawi (eds.). Proceeding: Bio. Kejuruteraan dan Kelestarian ekosistem. Universiti Kebangsaan Malaysia. Malaysia.

Azwar, F, A. Kunarso, dan T. Rahman S. 2006. Kantong Semar (Nepenthes sp.) di Hutan Sumatera, Tanaman yang Unik Semakin Langka. Makalah Penunjang pada Ekspose Penelitian. Padang.

Hernawati & Akhriadi. 2006. A File Guide to the Nepenthes of Sumatera. Pili Publisher. Bandung.

Khairil, M., I.Dewantara dan T. Widiastuti. 2015. Studi Keanekaragaman Jenis Kantong Semar (Nepenthes spp) di Kawasan Hutan Bukit Beluan Kecamatan Hulu Gurung. Jurnal Hutan Lestari (2015) Vol. 3 (2) : 259 – 264

Odum, E, P. 1993. Dasar-Dasar Ekologi. Terjemahan Tjahjono Samingan. Gadjah Mada University Press, Yogyakarta.

Puspitaningtyas, D. Murti dan H. Wawaningrum. 2007. Keanekaragaman Nepenthes di Suaka Alam Sulasih Talang-Sumatra Barat. Jurnal Biodiversitas. 8 (2): 152-156

Setiawan, H. 2013. Inventarisasi Nepenthes di Hutan Adat Kantuk dan Implementasinya berupa Buku Saku Keanekaragaman Hayati Indonesia. Artikel Penelitian. Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, Universitas Tanjungpura, Pontianak.

Syamsi, F., Ramses dan W.H. Saragih. 2013. Studi Perbandingan Keanekaragamn Jenis Kantong Semar (Nepenthes, spp) di Taman Wisata Alam Muka Kuning Batam. Jurnal Simbiosa Vol 3 Nov 2013.




DOI: https://doi.org/10.33373/dms.v6i3.1078

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.