PENINGKATAN KREATIVITAS SISWA DALAM MEMBUAT KARYA KERAJINAN TANGAN MELALUI PENDEKATAN KONTRUKTIVISME DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 25 AIR DINGIN KECAMATAN LEMBAH GUMANTI

Eza Karmila, Asmaul Husna

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kreativitas siswa dalam pembelajaran Seni Budaya dan Keterampilan dengan menggunakan strategi pembelajaran Konstruktivisme. Metode dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 25 Air Dingin di kelas IV. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi kreativitas guru, lembar observasi kreativitas siswa dan lembar observasi karya siswa. Hasil tindakan dua siklus menunjukkan bahwa kemampuan guru mengelola pembelajaran pada siklus I sebesar 76% dan pada siklus II sebesar 91%. Kreativitas siswa yang timbul timbul pada siklus I menghasilkan rata-rata sebesar 3,8 dan pada siklus II mendapatkan rata-rata sebesar 4,8. Hasil ketuntasan hasil karya siswa pada siklus I 75% dan pada siklus II 85%. Sehingga dapat disimpulkan kreativitas siswa kelas IV SDN 25 Air Dingin Kecamatan Lembah Gumanti dalam pembelajaran Seni Budaya dan Keterampilan meningkat.

 

Kata Kunci: Strategi Pembelajaran Konstruktivisme,Kreativitas Siswa

Full Text:

PDF

References


Agustyaningrum, N. (2014). Berpikir Kritis Dan Kreatif Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Contextual Teaching And Learning Berbasis Open-Ended Problem. Pythagoras, 3(2), 53–65.

Aqib, Zainal, 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya.

Parasiska. Maria. 2011, Penerapan Pembelajaran Konstruktivisme dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VII SMPN 1 Sutera Pesisir selatan. Skripsi Pada STKIP PGRI SUMBAR. (Tidak Diterbitkan)

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia. 2005. Rencana Strategis Pendidikan Nasional. Jakarta : Depdiknas

Soemardji. 1991. Keterampilan Kerajinan Tangan. Jakarta: Rieneka Cipta.

Subekti, Ari.dkk. 2009. Seni Budaya dan Keterampilan. Jakarta : Macanan Jaya Cemerlang

Wardhani, Igak. 2007 . Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Universitas Terbuka




DOI: https://doi.org/10.33373/dms.v6i3.1079

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.