ESPERIMENTASI PENDEKATAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK DAN PEMBELAJARAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA KELAS VIII SMPN 25 BATAM TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Yudhi Hanggara, Rio Mardani Suhardi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perbedaan hasil belajar antara siswa yang diberi perlakuan pendekatan pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik dengan pendekatan pembelajaran Saintifik. (2) Perbedaan hasil belajar antara siswa yang memiliki gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik. (3) Interaksi antara pendekatan pembelajaran (PMR dan Saintifik) dengan gaya belajar siswa.

Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimental semu dengan desain faktorial 2x3. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMPN 25 Batam Kelas VIII tahun pelajaran 2015/2016. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Cluster Random Sampling. Sampel dalam penelitian ini sebanyak dua kelas yaitu kelas ekperimen dan kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah nilai tes ujian tengah semester I, angket gaya belajar, dan tes hasil belajar matematika. Uji prasyarat meliputi uji normalitas menggunakan metode Lilliefors dan uji homogenitas menggunakan metode Bartlett. Dengan  = 0,05, diperoleh kesimpulan bahwa sampel berasal dari populasi yang berdistribusi normal dan mempunyai variansi yang homogen. Uji keseimbangan terhadap data kemampuan awal matematika menggunakan analisis variansi satu jalan dengan sel tak sama diperoleh kesimpulan bahwa kedua kelas eksperimen mempunyai kemampuan awal matematika yang seimbang. Pengujian hipotesis menggunakan analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama.

Hasil penelitian menunjukkan: (1) Pendekatan pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik menghasilkan hasil belajar lebih baik daripada pendekatan pembelajaran Saintifik . (2) Hasil belajar siswa dengan gaya belajar auditori lebih baik dari pada hasil belajar siswa dengan gaya belajar visual dan kinestetik, kemudian hasil belajar siswa dengan gaya belajar visual sama baiknya dnegan hasil belajar siswa dengan gaya belajar kinestetik (3) Tidak terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran (PMR dan saintifik) dengan gaya belajar siswa.


Full Text:

PDF

References


Ariyadi Wijaya. (2012). Pendidikan Matematika Realistik Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Budiyono. (2015). Statistika Untuk Penelitian. Surakarta: UNS PRESS.

DePorter, B., Reardon, M & Singer-Nourie, S. (2010). Quantumn Teaching. Bandung: KAIFA.

Gilakjani, A.P. (2012). Visual, Auditory, Kinesthetic Learning Styles and Their Impacts on English Language Teaching. Macrothink Institute, 105.

Jamilah. (2013). Eksperimentasi Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) Dengan Metode Discovery Learning Pada Materi Pokok Bentuk Aljabar Ditinjau Dari Kemampuan Komunikasi Matematis. Jurnal Universitas Sebelas Maret.

Kemendikbud. (2014). Diklat Guru dalam Rangka Implementasi Kurikulum 2013, Konsep Pendekatan Saintifik.

Nur Ghufron & Rini Risnawita. (2010). Gaya Belajar Kajian Teoritik. Jogjakarta: Pustaka Pelajar.

Nur Rohman. (2012). Eksperimentasi Pendekatan Pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik dan Problem Based Learning Pada Operasi Bilangan Bulat Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa. UNS press.

Oh Nam Kwon. (2002). Conceptualizing The Realistic Mathematics Education Approach in The Teaching and Learning of Ordinary Differential Equations. Ehwa Womans University, Departement of Mathematics Education, Seoul, Korea.

Van den Heuvel-Panhuizen, M. (1996). Assessment and Realistic Mathematic Education. Utrecht: CD-β Press, Center for Science and Mathematics Education.

Windarti Dwi Utami. (2013). " Efektivitas Model Realistic mathematics Education (RME) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 25 Batam Tahun Pelajaran 2013/2014". Skripsi, tidak diterbitkan, Universitas Riau Kepulauan, Batam.




DOI: https://doi.org/10.33373/dms.v5i3.61

Refbacks

  • There are currently no refbacks.