HUBUNGAN SENSE OF HUMOR, KECERDASAN EMOSIONAL DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMK TELADAN KOTA BATAM

Elsa Surya, Asmaul Husna

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara sense of humor, kecerdasan emosional dan motivasi berprestasi baik secara parsial maupun simultan terhadap hasil belajar matematika siswa Kelas X SMK Teladan Kota Batam Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Teladan Kota Batam Tahun Pelajaran 2016/2017 sejumlah 314 siswa dengan jumlah sampel 106 siswa dengan menggunakan teknik simple random sampling. Penelitian ini menggunakan intrumen angket dengan teknik analisis instrumen validitas dan reliabilitas. Pengujian hipotesis dengan analisis korelasi sederhana dan analisis korelasi ganda, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas dan liniearitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara sense of humor terhadap hasil belajar matematika siswa yang ditunjukkan dengan koefisien korelasi parsial 0,292 dengan thitung = 3,117 >ttabel =1,983. (2) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kecerdasan emosional terhadap hasil belajar matematika siswa yang ditunjukkan dengan koefisien korelasi parsial 0,328 dengan thitung = 3,535 >ttabel = 1,983 (3) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi berprestasi terhadap hasil belajar matematika siswa yang ditunjukkan dengan koefisien korelasi parsial 0,909 dengan thitung =22,215 >ttabel  1,983 (4) Terdapat kontribusi positif dan signifikan antara sense of humor, kecerdasan emosional dan motivasi berprestasi secara bersama-sama terhadap hasil belajar matematika siswa yang ditunjukkan dengan koefisien korelasi ganda sebesar 0,910 dengan Fhitung  162,983 >Ftabel  2,693.


Keywords


sense of humor, kecerdasan emosional, motivasi berprestasi, hasil belajar matematika

Full Text:

PDF

References


Agus Nggermanto. (2015). Kecerdasan Quantum. Bandung: Nuansa Candekia.

Ardhiana Puspitacandri. (2013). Pengaruh Kreativitas Verbal Terhadap Sense Of Humor Siswa Akselerasi. Jurnal Psikologi Tabularasa, Vol. 8. No. 2, 681 – 690. Versi Elektroni diakses dari http://download.portalgaruda.org pada tanggal 16 Maret 2017.

Dewi Puspita Sari.(2013). Kontribusi Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Berprestasi Guru Terhadap Mutu Pendidikan di Gugus Rama 2 UPT DISDIKPORA Kecamatan Kembang Kabupaten Jepara.Jurnal JMP, Vol 2 No. 1.Versi Elektronik diakss dari http://download.portalgaruda.org pada tanggal 16 Maret 2017.

Eduardo Erlanggono, Eko Setyadi Kurniawan, dkk. (2013). Peningkatan Motivasi Berprestasi IPA Fisika dengan memanfaatkan Computer Assisted Intruction (CAI) Pada Siswa SMP N 6 Purworwjo Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Radiasi, Vol. 2 No 1. Versi Elektronik diakses dari http://download.portalgaruda.org pada tanggal 16 Maret 2017.

Fatchiah Kertamuda. (2008). Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Jurnal Psikologi. Vol 21.no 1 Hlm. 25-38.

Helmy Firmansyah. (2009). Hubungan Motivasi Berprestasi Siswa dengan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, Vol. 6. No. 1. Versi Elektronik diakses dari http://download.portalgaruda.org pada tanggal 16 Maret 2017.

Karmila, E., & Husna, A. (2017). Peningkatan Kreativitas Siswa Dalam Membuat Karya Kerajinan Tangan Melalui Pendekatan Kontruktivisme Di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 25 Air Dingin Kecamatan Lembah Gumanti, 6(3), 453–463.

Yaniwati, A., & Husna, A. (2017). Efektivitas Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Dan The Power Of Two (TPT) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII Smp Negeri 10 Batam. PYTHAGORAS, 6(2), 126–132.

Maryana Kuswandi & Dedi Mulyadi dkk.(2012). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Kinerja Karyawan Pada Kantor Kementrian Agama Kabupaten Karawang. Jurnal Manajemen, Vol. 10. No. 1.Versi Elektronik diakses dari http://feunsika.ac.id pada tanggal 16 Maret 2017.

Narwoto. (2013). Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Prestasi Belajar Teori Kejuruan siswa SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol. 2, No. 2. Versi Elektronik diakses dari http://journal.uny.ac.id pada tanggal 16 Maret 2017.

Republik Indonesia, UU No.20 tahun 2003. Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Sekretariat Negara.

Riduwan. (2011). Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta

Sugihartono. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta. UNY Press

Sugiyono. (2013). Statistik untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Tejo Nurseto. (20100. Pembelajaran Motivasi Berprestasi Dalam Mata Kuliah Kewirausahaan Dengan Game Tournament. Jurnal Ekonomi & Pendidikan, Vol. 7. No. 1. Versi Elektronik diakses dari http://download.portalgaruda.org pada tanggal 16 Maret 2017.

Verisa Angelia & Eddy Madiono. (2013). Kontribusi Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan MotivasiBerprestasi Guru Terhadap Mutu Pendidikan Di Gugus Rama 2 UptDisdikpora Kecamatan Kembang Kabupaten Jepara. Jurnal JMP, Vol. 2. No. 1.Versi Elektronik diakses dari http://download.portalgaruda.org pada tanggal 16 Maret 2017.

Yuslam Sungkar dan Partini. (2015). Sense Of Humor Sebagai Langkah Meningkatkan Kepercayaan Diri Guru PPL Dalam Proses Belajar Mengajar. Jurnal Indigenious ISSN: 0854-2880, Vol. 13. No. 1, 92 – 101. Versi Elektronik diakses dari http://download.portalgaruda.org pada tanggal 16 Maret 2017.




DOI: https://doi.org/10.33373/pythagoras.v7i1.1190

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.