KONTRIBUSI KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP KOMUNIKASI INTERPERSONAL DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Nurul Fitri Hidayah, Fitrah Amelia, Hermansah Hermansah

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui : (1) Hubungan positif antara kecerdasan emosional terhadap  komunikasi interpersonal dalam pembelajaran matematika siswa kelas VII SMP Negeri 26 Batam tahun pelajaran 2015/2016, (2) Besar kontribusi kecerdasan emosional terhadap  komunikasi interpersonal dalam pembelajaran matematika siswa kelas VII SMP Negeri 26 Batam tahun pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasi dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan satu hipotesis, yaitu kecerdasan emosional berkontribusi terhadap komunikasi interpersonal dalam pembelajaran matematika siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan probability sampling, yaitu simple random sampling. Kemudian, untuk menentukan ukuran sampel penulis menggunakan rumus Slovin. Hasil penelitian menunjukkan : (1) Terdapat hubungan positif yang signifikan antara kecerdasan emosional terhadap  komunikasi interpersonal dalam pembelajaran matematika siswa kelas VII SMP Negeri 26 Batam yang tergolong cukup kuat. (2) Terdapat kontribusi antara kecerdasan emosional terhadap  komunikasi interpersonal dalam pembelajaran matematika siswa kelas VII SMP Negeri 26 Batam sebesar 29,57%. Sedangkan sisanya sebesar 70,43% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar penelitian ini.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33373/pythagoras.v7i1.1192

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.