EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP

Amanatul Ummah, Riska Novia Sari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Efektivitas model pembelajaran MMP terhadap kemampuan komunikasi matematis, (2) Efektivitas model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan komunikasi matematis, (3) Perbedaan keefektifan model pembelajaran MMP dengan model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan komunikasi matematis. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen dengan desain penelitian The Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP IT Nurul Muhajirin Batam Tahun Ajaran 2016/2017. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Analisis data yang digunakan adalah uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Model pembelajaran MMP efektif ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis, (2) Model pembelajaran konvensional tidak efektif ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis, (3) Terdapat perbedaan keefektifan model pembelajaran MMP dengan pembelajaran konvensional ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis.

Kata Kunci : Model Pembelajaran MMP, Model Pembelajaran Konvensional, Kemampuan Komunikasi Matematis

Keywords


Model Pembelajaran MMP, Model Pembelajaran Konvensional, Kemampuan Komunikasi Matematis

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33373/pythagoras.v7i1.1194

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.