PENGARUH PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DENGAN SETTING KOOPERATIF TIPE KANCING GEMERINCING TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMP NEGERI 3 SLEMAN

Nina Agustyaningrum

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pendekatan contextual
teaching and learning (CTL) dengan setting kooperatif tipe kancing gemerincing terhadap
kepercayaan diri siswa dalam pembelajaran matematika di SMPN 3 Sleman. Penelitian ini merupakan
jenis penelitian eksperimen semu dengan dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok
kontrol. Instrument penelitian yang digunakan adalah angket kepercayaan diri. Hasil validitas dengan
validitas isi melalui penilaian dari expert judgment sudah mencapai hasil valid, sementara hasil
perhitungan reliabilitas dengan rumus Alpha Cronbach diperoleh koefisien reliabilitas 0,858. Teknik
analisis data yang digunakan untuk menganalisis pendekatan manakah yang lebih unggul antara
pendekatan pada kelompok treatment dan konvensional adalah dengan uji statistik independent
sample t-test. Hasil penelitian pada taraf signifikan 5% menunjukkan bahwa pembelajaran
matematika menggunakan pendekatan CTL dengan setting kooperatif tipe kancing gemerincing lebih
unggul daripada pendekatan konvensional dalam hal kepercayaan diri siswa dalam pembelajaran
matematika di SMPN 3 Sleman dengan nilai t hitung 2,773 > t tabel 1,995.
Kata Kunci: contextual teaching and learning, pembelajaran kooperatif, kancing gemerincing,
kepercayaan diri.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33373/pythagoras.v4i2.190

Refbacks



 Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.