MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SMP

Nina Agustyaningrum

Abstract


Abstrak

Proses pembelajaran yang sesuai dengan tahap perkembangan siswa, akan sangat membantu dalam pengembangan keterampilan berpikir tingkat tinggi. Beberapa upaya yang dapat dilakukan guru dalam memfasilitasi siswa khususnya siswa SMP untuk mengembangan keterampilan berpikir tingkat tinggi adalah menyediakan soal-soal atau permasalahan non-rutin yang bersifat problem solving serta melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran (student-centered).

 

Kata Kunci: keterampilan berpikir tingkat tinggi, pembelajaran matematika SMP

 

Abstract

The learning process in accordance with the stage of development of students, will greatly assist in the development of higher order thinking skills. Several attempts to do the teacher in facilitating students, especially junior high school students to develop higher order thinking skills is to provide the questions or issues that are non-routine problem solving and engage students actively in the learning process (student-centered).

 

Keywords: higher order thinking skills, learning of mathematics SMP


References


Hendra Gunawan. (2008). Higher Order Thinking Skills (HOTS) dalam Pembelajaran Matematika SMP. Bandung. Tersedia di: http://personal.fmipa.itb.ac.id/hgunawan/files/2011/04/developing-higher-order-thinking-skills.pdf (diakses tanggal 9 Oktober 2011)

Kemdiknas. (2011). Instrumen Penilaian Hasil Belajar Matematika SMP: Belajar dari PISA dan TIMSS. Yogyakarta: PROGRAM BERMUTU (Better Education through Reformed Management and Universal Teacher Upgrading). Tersedia di: www.p4tkmatematika.org (diakses tanggal 20 September 2012)

King, et al. (2011). Higher Order Thinking Skills. Center for Advancement of Learning and Assessment. Tersedia di: https://www.academia.edu/4829394/Higher_Order_Thinking_Skills (diakses tanggal 15 maret 2015)

Krulik, S & Rudnick. (1999). Innovative Tasks to Improve Critical- and Creative-Thinking Skills. Developing Mathematical Reasoning in Grades K-12 , pp. 138-145. Tersedia di: idrisharta.blogspot.com/.../higher-order-thinking-skills-in-math.html (diakses tanggal 9 Oktober 2011)

Mulyasa. (2006). Menjadi Guru Profesional. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

PP No.19 Tahun 2005 Pasal 19

Permen No. 22 Tahun 2006

Rosnawati. 2009. Enam Tahapan Aktivitas dalam Pembelajaran Matematika untuk Mendayagunakan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa. Makalah disampaikan dalam Seminar Nasional dengan tema ”Revitalisasi MIPA dan Pendidikan MIPA dalam rangka Penguasaan Kapasitas Kelembagaan dan Profesionalisme Menuju WCU” pada tanggal 16 Mei 2009

Sri Rumini & Siti Sundari. 2004. Perkembanga Anak & Remaja. Jakarta : Rineka Cipta

Tran Vui (2001). Effective Mathematics Teaching Strategies InspiringProgressive Students: Student-Centered Approach. Penang, Malaysia:Recsam. Tersedia di: http://fadjarp3g.files.wordpress.com/2007/09/okberpikirtktinggimat_median_.pdf (diakses tanggal 10 Oktober 2011)




DOI: https://doi.org/10.33373/pythagoras.v3i1.568

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.