EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DAN TGT TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMPN 05 BATAM T.P 2016/2017

Abdul Aziz, Yessy Yusnita

Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan tipe TGT terhadap hasil belajar matematika. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian komparasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMPN 05 Batam Kelas VIII tahun pelajaran 2016/2017. Sampel penelitian sebanyak 60 siswa. Pengambilan Sampel dilakukan dengan teknik sampling jenuh. Sampel dalam penelitian ini sebanyak dua kelas yaitu kelas eksperimen I sebagai kelas eksperimen STAD dan kelas eksperimen II sebagai kelas eksperimen TGT. Teknik analisis data terdiri dari uji prasyarat menggunakan rumus chi kuadrat dan  uji F, uji keseimbangan dengan menggunakan rumus uji-t dua sampel dengan polled varians dan uji hipotesis dengan menggunakan uji-t satu sampel dan uji-t dua sampel dengan separated varians. Hasil perhitungan uji hipotesis 1 diperoleh nilai ­­­thitung (3.89)> ttabel (2.002) maka Ha diterima artinya model pembelajaran kooperatif tipe STAD efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Hasil perhitungan uji hipotesis 2 diperoleh nilai thitung = 0,58 ternyata thitung ≤ ttabel maka H0 diterima artinya model pembelajaran kooperatif tipe TGT tidak efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Hasil perhitungan uji hipotesis 3 diperoleh nilai thitung = 2,24 ternyata thitung > ttabel maka Ha diterima. Dapat disimpulkan terdapat perbedaan keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan TGT terhadap hasil belajar matematika.

Kata kunci: Model STAD, Model TGT, Hasil Belajar Matematika


Full Text:

PDF

References


¬DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, S. (2002). Metodologi Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

. (2010). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Ainurrahman. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Dimyati dan Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, S. (2008). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Heruman. (2007). Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Hudojo. (1998). Mengajar Belajar Matematika. Jakarta: Depdikbud.

Isjoni. (2007). Cooperative Learning Efektifitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta.

Kunandar. (2008). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Purwanto. (2011). Evaluasi hasil belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Riduwan. (2011). Dasar-Dasar Statistik. Bandung: Alfabeta.

Sagala, S. (2003). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sardiman. (2007). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Slavin, Robert E. (2009). Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Sudijono, A. (2009). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grasindo Persada.

Sudjana, N. (2005). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2011). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Trianto. (2007). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kostruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

. (2012). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana Prenada.




DOI: https://doi.org/10.33373/pythagoras.v6i2.631

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.