FAKTOR YANG MEMPENGARUHI RENDAHNYA HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MTS ISKANDAR MUDA BATAM

Ayu Ardila, Suryo Hartanto

Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas VII. A MTs Iskandar Muda Batam. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu snowball sampling. Instrument penelitian adalah peneliti sendiri dengan validitas data diperoleh dari data jenuh.Analisis data dengan Spradley dilakukan berurutan, melalui proses analisis domain, taksonomi, komponensial, dan tema budaya. Berdasarkan hasil penelitian terdapat 4 (empat) faktor yang mempengaruhi rendahnya hasil belajar siswa yaitu, kurangnya minat siswa terhadap pelajaran matematika, kurangnya konsentrasi siswa selama proses pembelajaran, rendahnya pemahaman konsep siswa, serta kurangnya kediplinan siswa.


Keywords


Faktor internal, Faktor eksternal, hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Aminah Ekawati, (2014). Pengaruh Motivasi dan Minat terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas VII di SMPN 13 Banjarmasin. Lentera Jurnal Ilmiah Kependidikan. Vol. 9, No. 2, 1-10, Versi elektronik diakses dari http://ejurnal.stkipbjm.ac.id/. Pada tanggal 18 November 2016.

Aunurrahman, (2014). Belajar dan Pembelajaran (9rd ed). Bandung: Alfabeta.

Dana ratify Suwardi, (2012). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa Kompetensi Dasar Ayat jurnal Penyesusaian Mata Pelajaran Akutansi Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Bae Kudus. Jurnal Pendidikan Ekonomi. Vol. 1, No.2, 1-7, Versi elektronik diakses dari http://journal.unnes.ac.id . Pada tanggal 18 November 2016.

Hartanto, S. (2016). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Viii Smp Negeri 11 Batam, 5(April), 12–19. Retrieved from http://journal.unrika.ac.id/index.php/jurnalphythagoras/article/view/234/223

M. Sobry Sutikno, (2013). Belajar dan Pembelajaran “ Upaya Kreatif dalam Mewujudka Pembelajaran yang Berhasil” (Rev. ed). Lombok: Holistica.

Nainggolan Sintong, (2014). Penerapan Model Pencapaian Konsep Di SMP Negeri 1 Bilang Barat Untuk Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Suluh Pendidikan. Vol. 1, No. 1, 18-26, Versi Elektronik diakses dari http://akademik.uhn.ac.id/. Pada tanggal 9 Desember 2016.

Resti Mulyati, (2017). Pengaruh Kediplinan Siswa dan Perhatian Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Se Kecamatan Ajibarang Tahun Ajaran 2013/2014. Vol 5. No. 3, Versi elektronik diakses dari http://jurnal.fkip.uns.ac.id. Pada tanggal 11 Februari 2017.

Ria Aviana & Fitria Fatichatul Hidayah, (2015). Pengaruh Konsentrasi Belajar SiswaTerhadap Daya Pemahaman Materi Pada Pembelajaran Kimia. Jurnal Pendidikan Sains. Vol. 03, No. 01. Versi elektronik diakses dari http://jurnal.unimus.ac.id. Pada tanggal 11 Februari 2017.

Slameto, (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya (Rev. ed). Jakarta: Rineka Cipta.




DOI: https://doi.org/10.33373/pythagoras.v6i2.966

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.