PENGEMBANGAN DESAIN PODUK BANTAL SOFA UNTUK MEMENUHI KEBUTUHAN KONSUMEN DENGAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD) DI CV PILI PILO INDONESIA

Fatmawati Mantika, Zaenal Arifin, Vera Methalina Afma

Abstract


CV PiliPilo Indonesia merupakan industri rumahan yang  memproduksi bantal sofa.Sejakberdiripadatahun2014, penjualan bantal sofa mengalami peningkatan pada setiap tahunnya.Peningkatan penjualan bantal sofa yang dihasilkan oleh industri ini meningkat sebesar 64% padatahun 2016. Hal ini membuat pemilik usaha harus mempunyai metode untuk lebih meningkatkan penjualannya, dengan  target sebesar 80% padatahun 2017. Untukmencapai target tersebut, pemilik usaha berencana untuk membuat desain bantal sofa yang baru, agar bantal sofa yang ditawarkan kepada konsumenlebih bervariasi.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan desain produk bantal sofa yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan konsumen. Metode yang digunakan adalah Quality Function Deployment (QFD),yang akan mengidentifikasi kebutuhan konsumen dan tingkat kepentingan dari kebutuhan tersebut.

Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa hasil desain bantal sofa yang sesuaidengankebutuhandan keinginan konsumen adalah jenis kain yang digunakan sebagai bahan sarung bantal adalah kain katun polyester, kain cashmere, serta kain bulu rasfur. Sedangkan jenis bahan isian bantal yang digunakan adalah dakron, bulu angsa serta lateks. Untuk desainbentukbantal yang dibuat adalah bentuk, persegi (ukuran 45 cmx 45 cm), persegi panjang (ukuran 40 cm x 20 cm) sertaberbentukbulat (diameter 40 cm). Motif sarung bantal yang dibuat adalah motif tulisan dan ambar printing, motif  monokrom (hitam putih), serta motif minimalis. Dan jenis resleting yang digunakan adalah coil zipper (resleting  biasa) dan invisible zipper (resleting tersembunyi).


Keywords


bantal sofa, QFD, target penjualan

Full Text:

PDF

References


Ardani, F., Ginting, R. dan Ishak, A. (2014) “PERANCANGAN DESAIN PRODUK SPRING BED DENGAN MENGGUNAKAN,” 5(1), hal. 1–6.

Arif, H. N. (2006) Manajemen Industri. Yogyakarta: Andi.

Franceschini, F. (2012) Advanced Quality Function Deployment. St. Lucie Press.

Hurst, K. (2006) Prinsip-Prinsip Perancangan Teknik. Diedit oleh L. Simarmata. Erlangga.

Qarima (tanpa tanggal) “PERANCANGAN PRODUK SOFA KANTOR DENGAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD) DAN PENERAPAN WEBSITE CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) Savira,” hal. 1–12.

Tjiptono, F. (2003) Total Quality Management. Yogyakarta: Andi.




DOI: https://doi.org/10.33373/profis.v5i2.1203

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 PROFISIENSI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

E-ISSN 2598-9987

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Profisiensi : Jurnal Program Studi Teknik Industri

Gedung A Lt.1, Fakultas Teknik, Universitas Riau Kepulauan

Jl. Pahlawan No.99, Batu Aji, Batam, Kepulauan Riau

Email: Profisiensi@journal.unrika.ac.id

 

Web Analytics Made Easy - Statcounter