GAMBARAN PEMAHAMAN KONSEP DASAR MATEMATIKA SISWA DAN IMPLIKASINYA DALAM BIMBINGAN KONSELING

Septi Primakuria

Abstract


Pembelajaran Matematika merupakan pelajaran yang dianggap sulit bagi siswa. Hal ini disebabkan belajar matematika cenderung mengharuskan siswa untuk memecahkan masalah secara logis, kreatif dan kritis. Penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran konsep dasar matematika dan kerjasama guru BK dengan guru mata pelajaran. Penelitian ini menggunakan metodologi deskriptif kuantitatif dengan sampel sebanyak 30 orang siswa. Instrumen yang diberikan berupa tes soal matematika. Dari hasil tes didapat, dalam penjumlahan dan pengurangan 33.3%; perkalian dan pembagian 26.67%; bilangan bulat 26.67%; pecahan dan bilangan desimal 16.67%; dan aljabar 20%.
Kata Kunci: Konsep Dasar Matematika

Full Text:

PDF

References


Dewa Ketut Sukardi. 2003. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Renekacipta

Heru Mugiharso. 2009. Bimbingan dan Konseling. Semarang: Unnes Pres.

Prayitno. 2012. Jenis Layanan dan Kegiatan Pendukung Konseling. Padang: Program PPK Jurusan BK UNP.

Singgih D. Gunarsa. 2004. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Jakarta : Gunung Mulia




DOI: https://doi.org/10.33373/kop.v4i1.1120

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


P-ISSN 2442-4323       E-ISSN 2599-0071

Gedung D Kampus Universitas Riau Kepulauan

Jl. Batu Aji Baru No.99 Batu Aji, Batam, Indonesia

Email: kopastaunrika@gmail.com

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.