PERANAN ANGGARAN BELANJA SEBAGAI SALAH SATU ALAT PERENCANAAN DAN PENGENDALIAN
Abstract
Anggaran merupakan salah satu unsur terpenting dan merupakan alat berpengaruh dalam perusahaan dari program kerja, perencanaan, dan pengendalian perusahaan. Dengan adanya perincian anggaran dengan demikinan manajer atau pimpinan perusahaan akan lebih mudah menjalankan dan mengendalikan program kerja yang telah direncanakan. Agar anggaran yang dibuat mencerminkan keadilan sehingga pelaksana tidak merasa tertekan, melainkan termotivasi, untuk membuat laporan realisasi anggaran diperlukan laporan yang akurat dan tepat waktu sehingga apabila terjadi penyimpangan yang merugikan dapat segera antisipasi lebih dini. Sebelum melakukan penyusunan anggaran, terlebih dahulu manajemen puncak melakukan menetapkan rencana besar perusahaan superti tujuan, kebijakan, asumsi sebagai dasar penyusunan anggaran.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Fahmi, Irham. 2013. Analisis Laporan Keuangan. Bandung: Alfabeta.
Fahmi, Irham. 2014. Pengantar Manajemen Keuangan. Bandung: Alfabeta
Ferdinand, Augusty. 2014. Metode Penelitian Manajemen. BP Universitas Diponegoro. Semarang.
Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hanafi, Mamduh M. dan Abdul Halim. 2014. Analisis Laporan Keuangan., Edisi tujuh., UPP AMP YKPN, Yogyakarta.
Hani, Syafrida. 2015. Teknik Analisa LaporanKeuangan. Medan: UMSU PRESS.
Harahap, Sofyan Syafri. 2011. Teori Akuntansi. Edisi Revisi 2011. Jakarta: Rajawali Pers.
Hermuningsih, Sri. 2012. Pengantar Pasar Modal Indonesia. Yogyakarta : UPP STIM YKPN
Jayaningrat, I Gusti A. Arya dkk. 2017. Pengaruh Leverage, Profitabilitas, Likuiditas, Kebijakan Deviden, Kepemilikan Manajerial, Dan Kepemilikan Institusional Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Properti Dan Real Estate Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2015. e-journal S1 Ak Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Akuntansi Program S1 (Vol: 7 No: 1 Tahun 2017).
Juliani. 2018. Pengaruh likuiditas, leverage, dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan pada perusahaan Telekomunikasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Skripsi.
Kasmir. 2010. Pengantar Manajemen Keuangan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Kasmir. 2012, Analisis Laporan Keuangan. Jakarta : PT. Raja GrafindoPersada.
Mahendra Dj, Alfaredo, Luh Gede Sri Artini, dan A.A Gede Suarjaya. 2012. Pengaruh KinerjaKeuangan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur di Bursa EfekIndonesia. Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis, dan Kewirausahaan. Vol 6.No 2.Hal:130-138.
Priyatno, Dewi. 2009. 5 Jam Belajar Olah Data dengan SPSS 17. Yogyakarta: Andi.
Rinnaya, Ista Yansi. 2016. Pengaruh Profitabilitas, Rasio Aktivitas, Keputusan Pendanaan, Keputusan Investasi terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di BEI Tahun 2010-2014). Journal Of Accounting. Vol. 2 No.2.
Rochmah, S. A., & Fitria, A. 2017. Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan: Kebijakan Deviden Sebagai Variabel Moderating. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi, 6(3).
Suffah, Roviqotus dan Akhmad Ridwan. 2016. Pengaruh Profitabilitas, Leverage, dan Kebijakan Deviden Terhadap Nilai Perusahaan. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA).Surabaya.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sunyoto, Danang. 2011. Analisis Regresi dan Uji Hipotesis. Jakarta: CAPS.
Syamsudin, Lukman. 2013. Manajemen Keuangan Perusahaan. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.
DOI: https://doi.org/10.33373/jmob.v1i1.3171
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Pascasarjana Universitas Riau Kepulauan