PENGARUH PELAYANAN CUSTOMER SERVICE TERHADAP KEPUASAN NASABAH BANK BRI CABANG BANJARMASIN AHMAD YANI

Widiati Widiati

Abstract


Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pelayanan customer service yang diberikan oleh Bank BRI Cabang Banjarmasin Ahmad Yani sudah optimal. Berdasarkan olah data pelayanan customer service dari 10 indikator mayoritas responden menyatakan baik pada aspek kemampuan dengan rata-rata tertinggi sebesar 5,60, Kepuasan nasabah, berdasarkan olah data variabel kepuasan nasabah dari 3 variabel mayoritas responden menyatakan sangat puas, terutama dalam hal kepuasan pada aspek harapan dan keseluruhan dengan memiliki nilai rata-rata tertinggi sebesar 5,70. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh pelayanan customer service terhadap kepuasan nasabah. Dengan demikian hipotesis penelitian yang berbunyi “Ada Pengaruh antara Pelayanan Customer Service terhadap Kepuasan Nasabah pada Bank BRI Cabang Banjarmasin Ahmad Yani” diterima.

Keywords


pelayanan customer service terhadap kepuasan nasabah bank BRI

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta, 2006.

Arman, Agus, Harian Fajar. 30 November 2015.

Asra, A, Pengantar Statistik Terapan untuk Pemula. Jakarta: Lembaga Penerbit UI, Vol. 1, 1994.

Asra, Abuzar dan Slamet Sutomo. Pengantar Statistika II . Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2014.

Awaluddin, Menejemen Banka Syariah. Jakarta: Gramedia, 2011.

Azis, Akmal, Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Produk terhadap Kepuasan Pelanggan pada Bengkel PT Hadji Kalla Cabang Urip Sumoharjo Makassar. Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Alauddin, Makassar, 2013.

Azwar, Saifuddin, Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2007.

Champion, Dean J, Basic Statistic For Social Research. New York: Macmilan, 1990.

Cohran, W.G, Sampling Techniques 3rd edition . New York: John Wiley and Sons, Inc, 1977.

Departemen Agama RI, Al-quran dan Terjemahnya. Semarang: PT. Karya Toha Putra, 1995.

Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 2007.

Djaali dan Pudji Muljono, Pengukuran dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: Grasindo, 2008.

Ghozali, Imam, Aplikasi Analisis Multivarite dengan Program IBM SPSS. Semarang: Universitas Diponegoro, 2011.

Hasan, Ali, Marketing Bank Syariah. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia, 2010.

Ismail, Perbankan Syariah (Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2011), h.

Kasmir, Manajemen Perbankan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2010.

Kasmir, Etika Customer Service. Jakarta: PT Raja Grafindo, 2011.

Kuncoro, Mudrajat, Metode Riset Untuk Bisnis dan Ekonomi. Jakarta: Erlangga, 2011.

Misbach, Irwan, Kualitas Layanan Bank Syariah. Makassar: Alauddin University Press,2012. Misbach, Irwan, Bank Syariah: Kualitas Layanan, Kepuasan, dan Kepercayaan. Makassar: Alauddin University Press, 2013.

Muhammad. Manajemen Bank Syariah. Yoyakarta: UPP AMP YKNP, 2002.

Muhammad,. Konstruksi Mudharabah dalam Bisnis Syari’ah. Yogyakarta: BPEE-Yogyakarta, 20




DOI: https://doi.org/10.33373/jmob.v1i4.3468

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Pascasarjana Universitas Riau Kepulauan