PENGARUH KOMITMEN, PRODUKTIVITAS, ORGANIZATION CITIZENSHIP BEHAVIOR, DAN PELATIHAN TERHADAP KINERJA PERSONIL

Sarif Rahman, Herni Widiyah Nasrul, Petra Paulus Tarigan

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Komitmen, Produktivitas, Organization Citizenship Behavior, dan Pelatihan Terhadap Kinerja Personil Polsek Tanjungpinang Barat. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berumlah 30 orang. Pertanyaan diberikan dengan menggunakan Koesioner yang didistibusikan melalui Purposive sampling dengan menggunakan metode analisis data yang diguakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, dan analisis regresi berganda. Hasil penelitiannya adalah komitmen berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja personil, produktivitas berpengaruh positif dan signifikan, organization citizenship behavior berpengaruh terhadap kinerja personil, pelatihan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja personil, komitmen, produktivitas, organization citizenship behavior, dan pelatihan terhadap kinerja personil.


Keywords


Komitmen, Produktivitas, OCB, Pelatihan, Kinerja Personil

Full Text:

PDF

References


A. Y. (2016). Pemahaman Manajemen Sumber Daya Manusia. Caps (Center For Academic Publising Service).

Ansory, Al Fadjar, Indrasari, & M. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia. Inomedia Pustaka.

Edy Marheno, F. Dan D. (2016). Pengaruh Disiplin Kerja Dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Pengasuh Dengan Karakteristik Pekerjaan Sebagai Variabel Moderasi Pada Akademi Kepolisian Semarang. 23(44).

Ghozali, & I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program Spss. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Habibah, T. U. (2017). Pengaruh Pengalaman Dan Pelatihan Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Vol. 4).

Hartatik, I. P. (2014). Buku Praktis Mengembangkan Sdm. (Vitri Putri Nareswati, Ed.) (I). : (1 Ed.). Laksana.

Heruwanto, J., Septian, D., & Kurniawan, E. N. (2019). Pengaruh Motivasi Kerja Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt. Putra Taro Paloma Bogor. Jurnal Manajemen Kewirausahaan, 15(2), 171. Https://Doi.Org/10.33370/Jmk.V15i2.220

https://mediaindonesia.com/opini/324442/tantangan-polri-dalam-tatanan-kenormalan-baru

Johana Susanti Gunawan, Pinkan Datun Solang, E. W. K. (2013). Organizational Citizenship Sheraton Surabaya. Jurnal Hospitality Dan Manajemen Jasa, 1(2), 120–133.

Kadek Andi Darmawan, & Satrya, I Gusti Bagus Honor. (2018). Dan Budaya Organisasional Terhadap Organizational Citizenship Behaviour Karyawan Kadek Andi Darmawan I Gst . Bgs . Honor Satrya Memasuki Era Globalisasi Saat Ini , Kompetisi Antar Perusahaan Semakin Ketat , Karena Perusahaan Tidak Hanya Dihadapkan Pada Pe. 7(5), 2508–2537.

Kusmana, W. Z. A. S. R. (2018). Jurnal Ilmiah Mea (Manajemen, Ekononi, & Akuntansi) Page 151. 2(3).

Lestari, A. S. (2020). Resort., Kepuasaan Kerja Dan Komitmen Organisasional Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Organization Citizenship Behavior Sebagai Variabel Intervening Di Tempat Wisata Marjoli. 18.

Nurhasanah. (N.D.). Buku Ajar Pengantar Manajemen Sumber Daya Manusia. (E. . (I) Milaz Grafika Tanjungpinang.

Rahmawati, T., & Prasetya, A. (2017). Analisis.Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Organizational Citizenship Behavior (Ocb) Pada Karyawan Tetap Dan Karyawan Kontrak (Studi Pada Karyawan Pizza Hut Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 48(1), 88095.

Setiawan, S. A. (2018). Pengaruh Lingkungan Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Dengan Semangat Kerja Sebagai Variabel Intervening. Iain Salatiga.

Sugeng. (2019). Pengaruh Kepuasan Kerja Dan Komitmen Organisasional Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Organizational Citizenship Behavior (Ocb) Sebagai Variabel Intervening (Studi Empiris Pada Balai Penelitian Dan Pengembangan Kesehatan Magelang).

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif. Alfabeta.

Sunyoto, D. (2011). Analisis Regresi Dan Uji Hipotesis. In Buku Seru. Caps.

Titisari, P. (2014). Peran Organizatonal Citizenship Behavior Ocb. Mitra Wacana Media.

Triasmoko, D., Mukzam, M. D., & Nurtjahjono, G. E. (2014). Pengaruh Latar Belakang Pendidikan Peserta Pelatihan Kerja Terhadap Efektivitas Pelatihan Karyawan (Penelitian Pada Karyawan Pt Pos Indonesia (Persero) Cabang Kota Kediri). Jurnal Administrasi Bisnis, 8(2), 1–10.

Wardhana, B. S. (2020). Kompleksitas Tugas Kepolisian Pada Masa Pandemi Covid-19. Jik: Jurnal Ilmu Kepolisian, 14(2), 80–88.

Yolanda, R. (2020). Pengaruh Kepuasan Kerja Dan Komitmen Organisasi Terhadap Organizational Citizenship Behavior (Ocb) Pada Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (Dpmptsp) Kota Padang. Https://Doi.Org/10.31219/Osf.Io/2d69p




DOI: https://doi.org/10.33373/jmob.v1i4.3777

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Pascasarjana Universitas Riau Kepulauan