PENGARUH CITRA MEREK, KUALITAS PRODUK, DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN

Al Azahari Azahari, Lukmanul Hakim

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh citra merek terhadap keputusan pembelian, (2) pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian, (3) pengaruh persepsi harga terhadap keputusan pembelian, (4) pengaruh citra merek, kualitas produk dan persepsi harga secara simultan terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif kausal. Populasi pada penelitian ini adalah konsumen Mobil Daihatsu Xenia di Kabupaten Sleman. Teknik pengambilan sampel menggunakan insidental sampling dengan jumlah sampel sebanyak 90 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diujikan validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) citra merek berpengaruh negatif terhadap keputusan pembelian dengan tingkat signifikansi (2) kualitas produk berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. (3) persepsi harga berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian (4) citra merek, kualitas produk dan persepsi harga secara simultan memiliki pengaruh positif terhadap keputusan pembelian.


Keywords


Kualitas produk, Persepsi Harga, Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF

References


Aaker, David. (2011). Managing Brand Equity: Capitalizing on the Value of Brand Name.New York: Free Press.

Adrianto, Hendra Noky dan Idris. (2013). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Harga, dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Mobil Jenis MPV Merek Toyota Kijang Innova di Semarang.Diponegoro Journal of Management. Vol 2, No 3, hlm 1-10.)

Alfian B. (2012). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Kijang Innova PT Hadji Kalla Cabang Polman. Universitas Hasanudin.

Amstrong, Gary and Philip Kotler. (2011). Dasar-dasar Pemasaran. Jilid 1. Alih Bahasa Alexander Sindoro dan Benyamin Molan. Jakarta: Prenhalindo

Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: RinekaCipta.

Assael, H. (2014). Consumer Behavior: A Strategic Approach, 6thEd. Boston, MA: Houghton Mifflin Company.

Assauri, Sofjan. (2018). Manajemen Produksi dan Operasi: Edisi Revisi 2008. Cetakan ke-1. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Augusty, Ferdinand. (2016). Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian untuk Skripsi, Tesis, dan Disertasi Ilmu Manajemen. Semarang: Universitas Diponegoro.

Badudu dan M. Zain. (2016). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Basu, Swastha dan Hani Handoko. (2016). Manajemen Pemasaran-Analisis Perilaku Konsumen.Cetakan ke-7. Yogyakarta: BPFE.

Bimo, Walgito. (2011). Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi Offset.

Doyle, Peter. (2018). Marketing Management4thEd. New York: Mc Graw Hill.

Gujarati, Damodar. (2016). Multivariate Data Analisis 6th Ed. New Jersey: Pearson

Guiltinan, J. P., Paul and Madden. (2017). Marketing Mangement: Strategies and Programs. 6thEd. New York: Mc Graw hill.

Ghozali, Imam. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hair, et all. (2017). Multivariate data analysis 6thEd. New Jersey: Pearson Education.

Jonathan, Sarwono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Keller, Kevin Lane. (2018), Strategic Brand Management: Building, Measuring, and Managing Brand Equity. New Jersey: Prentice Hall.




DOI: https://doi.org/10.33373/jmob.v1i4.3779

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Pascasarjana Universitas Riau Kepulauan