PENERAPAN PERMAINAN EDUKATIF ESTAFET UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA

Citra Juwita May, Rahman Hasibuan, Arnesih Arnesih

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan rendahnya motivasi belajar dan hasil belajar siswa terhadap pelajaran Biologi, hal ini terjadi karena metode pembelajaran yang monoton dan media pembelajaran yang kurang bervariasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa pada materi struktur jaringan tumbuhan. Penelitian ini menggunakan model pembelajaran kooperatif dengan menerapkan permainan edukatif estafet. Penelitian dilakukan dalam 2 siklus, dimana tiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Dengan menggunakan instrumen pembelajaran dan instrumen pengumpulan data, data yang diperoleh dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa. Pada siklus I, persentase motivasi belajar siswa mencapai 25,92% siswa termasuk kategori minimal tinggi, nilai rata-rata mencapai 62,22 dengan persentase ketuntasan sebesar 33,33% dan persentase hasil belajar ranah afektif mencapai 86%. Pada siklus II, persentase motivasi belajar siswa mencapai 99,99%, nilai rata-rata mencapai 76,66 dengan persentase ketuntasan sebesar 62,96%, dan persentase hasil belajar ranah afektif mencapai 93,5%. Kesimpulan yang diperoleh adalah penerapan permainan edukatif estafet dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada materi struktur jaringan tumbuhan namun hasil belajar ranah kognitif belum sesuai dengan kriteria yang ditargetkan.


Keywords


Permainan edukatif estafet, motivasi belajar, hasil belajar, struktur jaringan tumbuhan

Full Text:

PDF

References


Arifin, Z., 2019, Evaluasi Pembelajaran, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Muslich, M., 2019, Melaksanakan PTK itu Mudah, Jakarta: Bumi Aksara.

Mustaqim, 2001, Psikologi Pendidikan, Semarang: Pustaka Pelajar.

Rohmah, N., 2012, Psikologi Pendidikan, Malang: Teras.

Sani, Ridwan Abdullah, 2013, Inovasi Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara. Sanjaya, W., 2018, Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: Kencana.

Santrock, John W., 2019, Psikologi Pendidikan Edisi 3 Buku 2, Jakarta: Salemba Humanika.

Sardiman, 2018, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Slavin, Robert E., 2015, Cooperative Learning: Theory, Research, and Practice. Bandung: Nusa Media.

Sudjana, N., 2012, Penilaian Hasil Belajar Mengajar, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suparno, P., 2017, Metodologi Pembelajaran Fisika, Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Suprijono, Agus, 2019, Cooperative Learning, Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Tampubolon, S., 2013, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Erlangga.Ratnasari, S. L. (2015). Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Kinerja Staff Departemen Quality Assurance PT. PEB Batam. Management Dynamic Conference [MADIC].

Ratnasari, SL., S Supardi, HW Nasrul. (2020). Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, Dan Kecerdasan Linguistik Terhadap Kinerja Karyawan. Journal Of Applied Business Administration. 4 (2), 98-107.

Ratnasari, S. L., Sari, W.N., Siregar, Y., Susanti, E.N., Sutjahjo, G. (2022). Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, Dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Pada Mahasiswa Di Kota Batam. Proseding of National Conference on Accounting & Finance 4, 440-448.

Robbins, Stephen, 2013. Organizational Behavior. England: Pearson Education Limited.

Supardi, SL Ratnasari, HW Nasrul. (2020). Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, Dan Kecerdasan Linguistik Terhadap Kinerja Karyawan D’Merlion Hotel Batam. Prosiding Seminar Nasional Universitas Islam Syekh Yusuf. 1 (1), 363-369.

Suyoto, Sandu & Ali Sodik. 2015. Dasar Metodologi Penelitian.Yogyakarta: Literasi Media Publishing.

Sugiyono. 2016. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Undang-undang No.20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas. Jakarta: Kementrian Pendidikan Nasional.

Wiles, Kimball, 2014. Supervision for better schools, United States of America: Prentice-Hall

Yunsen, Widjaya, 2017. Pengaruh Peer Feedback Mode Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Cahaya Pendidikan, Vol 3, No 2.




DOI: https://doi.org/10.33373/jmob.v2i1.4075

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Pascasarjana Universitas Riau Kepulauan