PENGARUH HARGA, PROMOSI, LOKASI, DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN

Ridho Saputra, Lukmanul Hakim, Catur Fatchu Ukhriyawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh harga, promosi, lokasi, dan citra merek terhadap keputusan pembelian serta untuk menguji dan menganalisis pengaruh harga, promosi, lokasi, dan citra merek secara simultan terhadap keputusan pembelian. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasi dengan metode kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah pelanggan rumah makan “Warung Bude”. Sampel penelitian sebanyak 50 orang, yang diambil dengan teknik sampling insidental. Data diperoleh dengan metode menyebarkan kuesioner kemudian dianalisis dengan menggunakan uji regresi linier berganda dan uji hipotesis dengan menggunakan SPSS versi 25. Hasil penelitian ini adalah: (1) harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian, (2) promosi tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian, (3) lokasi berpengaruh terhadap keputusan pembelian, (4) citra merek berpengaruh terhadap keputusan pembelian, (5) harga, promosi, lokasi, dan citra merek secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian.


Keywords


Keputusan Pembelian, Harga, Promosi, Lokasi, Citra Merek

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, N. H. (2013). Manajemen Strategi Pemasaran. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Ananda, R., & Rafida, T. (2016). Pengantar Kewirausahaan. Medan: Perdana Publishing.

Cobb, N. K., Byron, M. J., Abrams, D. B., & Shields, P. G. (2010). Novel Nicotine Delivery Systems and Public Health: The Rise of the “E-Cigarette”. American Journal of Public Health, 100(12), 2340.

Dwiastuti, R., Shinta, A., & Isaskar, R. (2012). Ilmu Perilaku Konsumen. Malang: UB Press.

Efendi, D. E., Laksono, A. D., & Machfutra, E. D. (2014). Pro-Kontra Diskursus Rokok dalam Media Sosial Youtube. Yogyakarta: Kanisius.

Hariyanti, N. T., & Wirapraja, A. (2018). Pengaruh Influencer Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Digital Era Moderen. Eksekutif, 15(1), 133-146.

Hidayat, A. (2019, Maret 22). Jumlah Pengguna Rokok Elektrik Diprediksi Bertambah Satu Juta Orang Tahun Ini. Dipetik Juni 9, 2020, dari Kontan.co.id: https://industri.kontan.co.id/news/jumlah-pengguna-rokok-elektrik-diprediksi-bertambah-satu-juta-orang-tahun-ini

Hurriyati, R. (2015). Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: Alfabeta.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2012). Principles of Marketing. Boston: Pearson Education.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Marketing Management. New Jersey: Pearson Education.

Lamb, C. (2011). Pemasaran Edisi Pertama. Jakarta: Salemba Empat.

Malau, H. (2017). Manajemen Pemasaran. Bandung: Alfabeta.

Mandey, J. B. (2013). Promosi, Distribusi, Harga Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Rokok Surya Promild. Jurnal EMBA, 1(4), 95-104.

Maulana, H. (2021, 09 15). Angka Pengangguran di Batam Meningkat, ini Penyebabnya. Batam: Kompas.com.

Mongi, L., Mananeke, L., & Repi, A. (2013). Kualitas Ptoduk, Strategi Promosi dan Harga Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Simpati Telkomsel di Kota Manado. Jurnal EMBA, 1(4), 2336-2346.

Nurhayati, S. (2017). Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian. JBMA, 4(2), 60-69.

Putri, B. R. (2017). Manajemen Pemasaran. Denpasar: Universitas Udayana.

Rangkuti, F. F. (2010). Ekuitas Merek. Jakarta: Salemba Empat.

Rares, A., & Jorie, R. J. (2015). Pengaruh Harga, Promosi, Lokasi, Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Toko Bengkel Gaoel Manado Town Square. Jurnal EMBA, 3(2), 592-604.

Reven, D., & Ferdinand, A. T. (2017). Analisis Pengaruh Desain Produk, Kualitas Produk, Harga Kompetitif, Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Pelanggan Nesty Collection Jakarta). Diponegoro JournalL of Management, 6(3), 1-13.

Riyanto, S., & Hatmawan, A. A. (2020). Metode Riset Penelitian Kuantatif Penelitian Di Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan Dan Eksperimen. Yogyakarta: Budi Utama.

Rumengan, Jemmy, & Idham. (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Bandung: Ciptapustaka Media.

Sangadji, E. M., & Sopiah. (2013). Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Andi Offset.

Sari, F. P. (2016). : Volume 5, Nomor 6, Juni 2016pengaruh Harga Citra Merek Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 5(6), 1-15.

Sari, M., Saidah, D., Wahyuni, E., & Mafrudhoh, L. (2018). Customers’ Perception On Promotion And Price Related To Buying Decision (A Case Study At Pt Garuda Indonesia). Conference on Global Research on Sustainable Transport (hal. 176-185). Atlantis Press.

Setiaji, H. (2018, Januari 9). Grafik Perkembangan Penjualan Rokok Elektrik di Dunia. Dipetik Juni 9, 2020, dari CNBC Indonesia: https://www.cnbcindonesia.com/news/20180109133838-4-997/grafik-perkembangan-penjualan-rokok-elektrik-di-dunia

Setiyannigrum, A. (2015). Prinsip - Prinsip Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset.

Setiyannigrum, A. (2015). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset.

Sharifudin, B. O., & Bahron, S. A. (2016). Evaluation of Knowledge, Halal Quality Assurance Practices And Commitment Among Food Industries in Malaysia. British Food Journal, 118(8).

Shinta, A. (2011). Manajemen Pemasaran. Malang: UB Press.

Sisodiya, P., & Sharma, G. (2018). The Impact Of Marketing Mix Model/Elements On Consumerbuying Behaviour: A Study Of Fmcg Products In Jaipur City. International Journal of Technical Research & Science, 3(1), 29-33.

Solihin, D. (2019). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Pemasaran pada PT Prima Ufuk Semesta. Semarak, 2(3), 20-26.

Stanton, W. J. (2012 ). Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Sudaryono. (2016). Manajemen Pemasaran Teori dan Implementasi. Yogyakarta: Andi Offset.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Sunyoto, D. (2012). Konsep Dasar Riset Manajemen Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Yogyakarta: CAPS.

Tjiptono, F. (2011). Pemasaran Jasa. Malang: Bayumedia.

Tjiptono, F. (2012). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Ofset.

Tjiptono, F., & Chandra, G. (2017). Pemasaran Strategik Edisi 3. Yogyakarta: Andi Offset.

Utami, C. W. (2010). Manajemen Ritel: Riset Strategi dan Implementasi Riset Modern. Jakarta: Salemba Empat.

Utami, I. W. (2017). Perilaku Konsumen. Surakarta: CV Pustaka Bengawan.

Wariki, G. M., Mananeke, L., & Tawas, H. (2015). Pengaruh Bauran Promosi, Persepsi Harga dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian dan Kepuasan Konsumen pada Perumahan Tamansari Metropolitan Manado. Jurnal EMBA, 3(2), 1073-1085.

Weenas, J. R. (2013). Kualitas Produk, Harga, Promosi dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Spring Bed Comforta. Jurnal Emba, 607-618.




DOI: https://doi.org/10.33373/jmob.v2i1.4076

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Pascasarjana Universitas Riau Kepulauan