PENGARUH LABEL HALAL, BRAND IMAGE DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KOSMETIK RK

Fifi Hanafia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh label halal, citra merek dan harga terhadap keputusan pembelian kosmetik RK pada mahasiswa manajemen Pelita . Universitas Bangsa angkatan 2016. Populasi penelitian ini adalah 781 Pelita mahasiswa bangsa . Teknik pengambilan sampel menggunakan rumus Slovin sehingga diperoleh sampel sebanyak 92 orang .. Hasil penelitian menunjukkan (1) Variabel label halal secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian ,. (2) Variabel citra merek secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian . (3) Variabel harga secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian . Label halal, citra merek dan harga memberikan kontribusi pengaruh sebesar 86,0% terhadap keputusan pembelian sedangkan sisanya sebesar 14,0% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.

Keywords


Keputusan Pembelian, Label Halal, Citra Merek, Harga .

Full Text:

PDF

References


Alfian , I., dan Marpaung , M. (2017). Analisis Pengaruh Label Halal, Merek dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Di Kota Medan. At- Tawassuth , Vol.2, No. 1 , 122-145.

Amilia , Suri , dan Oloan , M. 2017. Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Ponsel Merek Xiaomi Di Kota Langsa . Jurnal Manajemen dan Keuangan, Vol. 6, No. 1, 2017: 660-669.

Dewi , Eka , 2016. Pengaruh Gaya Hidup, Label Halal, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik RK Pada Mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Medan Area Medan. Jurnal Konsep Bisnis dan Manajemen Vol.3, No.1: 47-61.

D. Makatumpias . , S.Moniharapon ., HNTawas .(2018) Pengaruh Green Products dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Oriflame Manado Jurnal Emba Vol.6 No. 4 September 2018, Hal. 4063 – 4072

Fenti Mayang Sari, Andy Makhrian , Khairil Buldani (2018) Pengaruh Label Halal dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik RK (Studi Pada Mahasiswa Program Studi Manajemen Universitas Bengkulu) Journal of Professional FIS UNIVED Vol. 5 No. 1 Juni 2018

Eka Dewi setia Tarigan , 2016. Pengaruh Gaya Hidup, Label Halal dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik RK Pada Mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Medan Area Medan. Jurnal Konsep Bisnis dan Manajemen Vol. 3 No. 1, November 2016.

Estu Mahanani1 (2017) Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Harga. Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Produk Mataharimall.Com JBMA-Vol.VI No.2, September, ISSN :2252 -5483.

[Henry Aspan Dosen (2017). Pengaruh Label Halal, Kesadaran Halal , Harga Produk, dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik. Jurnal Internasional Keberlanjutan Global Vol. 1, No. 1 tahun

Halal MUI: http://www.halalmui.org . Diakses pada 20 April 2020. Kotler . Philip, dan Gary Armstrong 2012. Prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Erlangga : Jakarta

Kami, G. (2017). Pengaruh Labeling Halal dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Niat Membeli. Jurnal Ilmu dan Penelitian Manajemen, Vol. 6, No.2

Mapaka ., SGOroh ., WJFATumbuan .(2017) Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Shampoo Clear Men Di Manado (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Samratulangi ). Jurnal EMBA Vol.5 No. 2 Juni 2017, Hal. 1271 –1278

putri Analisis Ayuniah Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Iklan, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk RK Cosmetics (Studi Kasus Mahasiswa Manajemen, Fakultas Ekonomi, Guna Universitas Darma , Depok ) Jurnal Ekonomi Bisnis Volume 22 No.3, Desember 2017

Priyanto , D. (2016). Buku Panduan SPSS. Yogyakarta: Mediakom .

Peraturan Pemerintah Nomor 69 Tahun 1999 tentang Label Halal dan Iklan Pangan.

Putri , Tengku , 2017. Pengaruh Label Halal dan Bonus Kemasan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kinder Joy Pada Masyarakat Kota Langsa . Jurnal Manajemen dan Keuangan Vol.6, No.2, 2017:729-739.

Sari Ismayana and Nurhayati (2018), Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pixy Lipstick (Studi Pada Department Store Borma Bandung) Volume X No. 2 / November/2018

santri Zulaicha , Rusda Irawati ( 2016 ), Pengaruh Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Morning Bakery Bata. Jurnal Inovasi dan Bisnis, Vol. 4, No. 2, Desember 2016.

[ Tengku putri Lindung Bulan dan Khairul Fazrin (2017) Pengaruh Label Halal dan Bonus Kemasan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kinder Joy di Masyarakat Kota Langsa Jurnal Manajemen dan Keuangan, Vol.6 ,No.2,Nov2017 .

Bintarti , Surya. 2015. Metode penelitian ekonomi Manajemen . Jakarta: Mitra Wacana Media

Gujarati, N, Damodar . Dasar-dasar Ekonometrika 2012 (terjemahan). Edisi ke-5. Penerbit Salemba Empat .

Kotler , Philip dan Keller, Kevin Lane (2013), Manajemen Pemasaran, Volume 1 Edisi 13, Erlangga

Kotler . Philip, dan Gary Armstrong 2012. Prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Erlangga : Jakarta

Mulyanto , H. Dan Wulandari , A. (2010). Metode Penelitian Dan Analisis. Semarang: CV. Bagus




DOI: https://doi.org/10.33373/jmob.v2i2.4185

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Pascasarjana Universitas Riau Kepulauan