PENGARUH EFIKASI DIRI, MANAJEMEN WAKTU, DAN MOTIVASI DIRI TERHADAP MINAT MAHASISWA DALAM BERORGANISASI

Januari Ayu Fridayani

Abstract


Keterlibatan mahasiswa dalam berorganisasi dapat menjadi salah satu aspek dalam mengasah ketrampilan soft skills yang semakin dibutuhkan dewasa ini. Namun demikian nyatanya organisasi mahasiswa bukanlah menjadi primadona bagi mahasiswa. Penting untuk mengetahui faktor apa saja yang dapat meningkatkan minat mahasiswa dalam berorganisasi. Penelitian ini memilih variabel efikasi diri, motivasi diri dan manajemen waktu sebagai variabel yang memengaruhi minat mahasiswa dalam berorganisasi. Penelitian dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada mahasiswa di lingkup Fakultas Ekonomi Universitas Sanata Dharma. Sebanyak 170 kuesioner diolah dengan menggunakan SPSS versi 25 untuk melakukan pengujian instrumen, uji asumsi klasik dan uji hipotesis menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil olah data menunjukkan bahwa variabel efikasi diri, motivasi diri dan manajemen waktu secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap minat mahasiswa dalam berorganisasi. Berdasarkan hasil olah data tersebut telah dirumuskan beberapa saran dan rencana tindak lanjut yang dapat dilakukan baik dari perspektif perguruan tinggi, organisasi mahasiswa maupun mahasiswa sebagai individu.


Full Text:

PDF

References


Afriyana, S. Z., Mulyati, & Hamiyati. (2020). Hubungan Asertivitas Dan Motivasi Dengan Keterampilan Manajemen Waktu Dalam Penyusunan Skripsi Mahasiswa. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan), 7(01), 74–86. https://doi.org/10.21009/jkkp.071.07

Agarwal, S., & Mishra, P. C. (2016). Self Efficacy as Predictor of Organizational Commitment among Revenue Personnel. 3(67). http://www.ijip.in|

Agung, A., Widiantari, I. A., Priyono, R. T., & Santoso, B. (2019). Pengaruh Motivasi Intrinsik, Motivasi Ekstrinsik, Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Di Hotel Grand Inna Kuta-Bali. 14(2).

Fridayani, J. A. (2021). Kepemimpinan Adaptif Dalam Agilitas Organisasi Di Era Adaptasi Kebiasaan Baru. MODUS, 33(2), 138–149.

Fridayani, J. A., & Pranatasari, F. D. (2021). Application Of Flipped Learning Model As Implementation Of Basic Management Functions.

Garcia, G. F. (n.d.). ScholarWorks The Relationship Between Self-Efficacy and Employee Commitment Among Perfusionists. https://scholarworks.waldenu.edu/dissertations

Greety, M., & Sumual, V. (2014). Effect Of Empowerment, Self Efficacy, And Lecturer To Proffession’s Commitment Of The Manado State University. In International Journal of Business and Management Invention ISSN (Vol. 3). Online. www.ijbmi.org18|

Hanafi, C. N., & Widjaja, Y. (2021). Kemampuan manajemen waktu mahasiswa tahap profesi Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara. In Tarumanagara Medical Journal (Vol. 3, Issue 2).

Made, N., Udayani, K., Agustini, K., Gede, D., & Divayana, H. (2017). Hubungan Motivasi Berprestasi dan Minat Berorganisasi Terhadap Indeks Prestasi Belajar Mahasiswa Pada Jurusan Pendidikan Teknik Informatika (Vol. 6).

Manurung, S. (2016). Meningkatkan Efektivitas Kerja Dosen Melalui Penjaminan Mutu Dan Efikasi Diri. In Jurnal Ilmu dan Teknologi Kesehatan (Vol. 3, Issue 2).

Mirzaei, T., Oskouie, F., & Rafii, F. (2012). Nursing students’ time management, reducing stress and gaining satisfaction: A grounded theory study. Nursing and Health Sciences, 14(1), 46–51. https://doi.org/10.1111/j.1442-2018.2011.00661.x

Cahyorinartri, N. (2018). Motivasi Mahasiswa Berorganisasi di Kampus. In Jurnal Psikologi Insight Departemen Psikologi (Vol. 2, Issue 2).

Putri, C. P. (2015). Motivasi Mengikuti Organisasi Mahasiswa Ditinjau Dari Dukungan Sosial Teman Satu Jurusan. Skripsi Fakultas Psikologi Universitas Soegijopranoto Semarang.

Qurbani, D., & Solihin, D. (2016). Peningkatan Komitmen Organisasi melalui Penguatan Efikasi Diri dan Kualitas Kehidupan Kerja. http://jurnal.unmer.ac.id/index.php/jbm

Siti Utami, I., Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, P., & Keguruan, F. (2020). Implementasi Good Governance Pada Organisasi Mahasiswa. Journal of Civics and Education Studies, 7(2).

Tanjung, R., Arifudin, O., Sofyan, Y., Rakeyan Santang Karawang, S., Al-Amar Subang, S., & Muhammadiyah Bandung, S. (2020). Pengaruh Penilaian Diri Dan Efikasi Diri Terhadap Kepuasan Kerja Serta Implikasinya Terhadap Kinerja Guru. 4(1).

Warastri, A., Ekonomi, F., Sosial, I., Humaniora, D., Dyorita, A., & Fakultas Ekonomi, K. (2022). Efektifitas Pelatihan Kecerdasan Emosi untuk Meningkatkan Motivasi Diri pada Mahasiswa Berorganisasi di Universitas ’Asiyiyah Yogyakarta. 18(1), 31. https://doi.org/10.32528/ins.v%vi%i.3954

Wentzel, K. R., Miele, D. B., Schunk, D. H., & Dibenedetto, M. K. (2022). Education from: Handbook of Motivation at School Routledge Accessed on. https://doi.org/10.4324/9781315773384.ch




DOI: https://doi.org/10.33373/jmob.v2i2.4309

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Pascasarjana Universitas Riau Kepulauan