ANALISIS KEMAMPUAN BERWIRAUSAHA PADA RUMAH MAKAN PADANG DANAU JAYA KECAMATAN TANJUNGPINAG TIMUR

M. Syuzairi, Ade Irma Suryani, Akhirman Akhirman

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kemampuan pengelola usaha rumah makan Padang Danau Jaya sebesar 10.000 dalam meningkatkan minat beli konsumen yang didalamnya terdapat berbagai kemampuan manajerial yang terdiri dari pengetahuan diri, imajinasi, pengetahuan praktis, keterampilan mencari, keterampilan berhitung, dan keahlian. menyampaikan. Fenomena yang terjadi adalah semakin banyaknya usaha rumah makan khas Padang di Kabupaten Tanjungpinang Timur. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan memiliki 3 informan yang terdiri dari 1 orang manajer restoran khas Padang Danau Jaya, 2 informan yang merupakan istri manajer dan tambahan 10.000 karyawan tetap restoran Padang Danau Jaya. Metode pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informasi yang diperoleh diolah dan diidentifikasi menggunakan teknik analisis SWOT. Analisis SWOT menunjukkan bahwa pengelola rumah makan khas Padang Danau Jaya berada pada kuadran I. Kemampuan yang dapat diterapkan oleh pengelola adalah kemampuan dimana pengelola diharapkan dapat meningkatkan, mempertahankan dan mengembangkan kapabilitas yang sudah ada dalam diri pengelola. , dalam rangka mempertahankan bisnis yang telah berkembang dan menarik. kembali ke minat beli konsumen.


Keywords


Kemampuan Berwirausaha, Manajer Bisnis Restoran Padang Danau Jaya, Analisis SWOT

Full Text:

PDF

References


Akhirman. 2021.Analisa Pengaruh Metode Pembelajaran Model Surface Learning, Deep Learning, Kooperatif Learning, Kolaboratif Learning, Inguiry Learning Mata Kuliah Kewirausahaan Terhadap Pembentukan Jiwa Wirausaha Mahasiswa. Tanjungpinang.

Ardila, Novrisa. 2021. Analisis SWOT Pada Usaha Rumah Makan Simpang Tiga: Universitas Muhammadiyah Riau.

Atika, Nur, S. 2021. Analsisi Strategi Pemasaran Terhadap Minat Pembelian Produk Pada UMKM Toapaya Hidroponik, Tanjungpinang: Fakultas Ekonomi Universitas Maritim Raja Ali Haji.

Berlian, Eri. 2016. Metodelogi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Padang Sukabina Press.

Darianto. 2013. Kewirausahaan. Bandung: Alfabeta.

Dwiputra, Anugrah, Gerry. 2017. Analisis Kelayakan Pengembangan Usaha Rumah Makan Krebo Jantan. Universitas Serang Raya.

Henny, Welsa.2016. Pengaruh Kewirausahaan Kemampuan Usaha Terhadap Kinerja Usaha Rumah Makan Padang.Yogyakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Taman Siswa Yogyakarta.

Rahmayati. 2015. Analisis SWOT dalam menentukan Strategi Pemasaran Udang Beku PT. Mustika Mina Nusa Aurora Tarakan, KalimantanUtara.Vol 2 No 1.

Ratnasari, S. L. (2012). Budaya Organisasi. Surabaya: UPN Press.

Ratnasari, S. L. (2018). Manajemen Operasi. Batam: UNRIKA Press.

Ratnasari, S. L. (2019). Human Capital Manajemen Sumber Daya Manusia. Pasuruan: CV. Penerbit Qiara Media.

Ratnasari, S. L., dan Hartati, Yenni. (2019). Manajemen Kinerja Dalam Organisasi. Pasuruan: CV. Penerbit Qiara Media.

Saragih, Asdiana. 2019. Analisis Kemampuan Berwirausaha Terhadap Usaha Rumah Makan India Tebing Tinggi.Sumatera Utara: Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis Universitas Sumatera Utara

Yuliana, Putri. 2017. Pengaruh Kemampuan Berwirausaha Dan Kepribadian Terhadap Pengembangan Karir Individu Pada Depot Sumatera jaya. Medan: Fakultas Ekonomi Universitas Pembangunan Panca Bud




DOI: https://doi.org/10.33373/jmob.v2i2.4333

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Pascasarjana Universitas Riau Kepulauan