LITERATURE RIVIEW: PRAKTIK PEMBAYARAN UPAH BURUH DALAM PERSFEKTIF EKONOMI ISLAM

Ahmad Arifin, Andri Soemitra

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi ketidaksesuaian upah yang diterima buruh dengan kelancaran kerja yang dilakukan yang masih jauh dari konsep keadilan dalam ekonomi Islam. Buruh sebagai sumber daya aktif merupakan salah satu faktor bagi kelancaran suatu proses produksi dalam suatu perusahaan atau organisasi. Keberadaan seorang buruh sebagai tenaga kerja dalam menjalankan aktivitasnya, seharusnya didukung oleh sarana dan prasarana serta bentuk manajemen yang baik dan manusiawi, agar tenaga kerja tersebut dapat bekerja dengan baik dan sesuai dengan harapan perusahaan tanpa rasa kecewa, ketidakpuasan dan kecemasan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif konten analisis paper dari database google scholar dan studi Kepustakaan dimana Sumber data yang diambil dari referensi, dokumen-dokumen yang berisi data yang telah teruji validitasnya. Hasil penelitian bahwa besarnya upah harus seimbang dengan pekerjaan-pekerjaan yang telah dilakukan sehingga antara pemberi upah dan penerima upah mendapatkan hak yang sama. Upah menurut Islam adalah imbalan yang diterima seseorang atas pekerjaannya dalam bentuk imbalan materi di dunia (adil dan layak) dan dalam bentuk imbalan pahala di akhirat (imbalan yang lebih baik), Pengupahan juga harus memenuhi prinsip-prinsip muamalat salah satunya ialah prinsip keadilan. Islam berusaha untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, sehingga usaha tidak sekedar mengejar profit belaka tetapi untuk kesejahteraan warga yang didasari oleh semangat kebersamaan dan kemanusiaan.


Keywords


Pembayaran; Upah Buruh; Ekonomi Islam

Full Text:

PDF

References


Afzalurrahman. (2017). Muhammad sebagai Seorang Pedagang. Jakarta: Yayasan Swarna Bhumy

Agutina, Sapnah (2022). Sistem Pengupahan Buruh Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Pada Ekspedisi PT. Putra Setia Abad Kecamatan Batulicin). IAIN Parepare.

Ahmad Azhar Basyir. (2020). Asas-Asas Hukum Muamalat (Hukum Perdata Islam). Yogyakarta: UII Press.

Apong Herlina. (2021). Jurnal Dinamika Hak Asasi Manusia: Transitional Justice Atas Hak-hak Buruh. Vol.2, No.1. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Bagus, Satria Wibowo (2022). Tinjauan Hukum Islam Tentang Upah Vendor Music (Studi Pada Abie Production Bandar Lampung). Lampung: UIN Raden Intan Lampung.

Basofi, Sukirman. (2022). Tinjauan Hukum Islam Tentang Praktik Pengupahan Buruh Dalam Pemasangan Baja Ringan (Studi Di Suplier Dna Interior Kelurahan Pematang Wangi Kecamatan Tanjung Senang Bandar Lampung). Lampung: UIN Raden Intan Lampung.

Destiawan, Saputra. (2022). Analisis Upah Harian Lepas Terhadap Peningkatan Kesejahteraan Pekerja Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Study Pada Pekerja Petik Cabai Di Desa Srikaton Kecamatan Adiluwih Kabupaten Pringsewu). Lampung: UIN Raden Intan Lampung.

Devi, Anggreni. (2022). Tinjauan Hukum Islam Tentang Praktik Pengupahan Pekerja Harian Kebun Kopi (Studi Di Desa Pagar Agung Kecamatan Semende Darat Laut Kabupaten Muara Enim).

Eka, Khikmatul Amanah. (2022). Analisis Sistem Upah Dan Implikasinya Terhadap Kesejahteraan Tenaga Kerja Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada Pengolahan Minyak Sereh Desa Purwodadi Mekar Kabupaten Lampung Timur). Lampung: UIN Raden Intan Lampung.

Firmansyah, Erwan Saidi (2022) Tinjauan Hukum Islam Terhadap Upah Jasa Pengelolaan Kebun Karet (Studi Di Desa Negara Ratu Kecamatan Sungkai Utara Kabupaten Lampung Utara). Lampung: UIN Raden Intan Lampung.

Ibnu Rusyd. (2017). “Bidayatul Mujtadid”, diterjemahkan oleh Ghazali Said dan Achmad Zaidun dengan judul, “Bidayatul Mujtahid, analisis Fiqih Para Mujtahid”. Jakarta: Pustaka Amani.

Idwal B (2021) Upah Dan Tenaga Kerja Dalam Islam. Jurnal Ilmiah Mizani. IAIN Bengkulu.

Maharani, Ayu Rikae (2022) Tinjauan Hukum Islam Terhadap Praktik Pembayaran Ijarah Buruh Tani (Studi Di Desa Kampung Bogor Kecamatan Kepahiang Kabupaten Kepahiang). IAIN Bengkulu.

Muhajir, dkk (2021) Pemberian Upah Terhadap Petugas Ili-Ili Desa Tanjungsari Dalam Perspektif Hukum Syariah. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam. Sekolah Tinggi Agama Islam An-Nawawi Purworejo.

Nirda, Innani (2022) Tinjauan Hukum Islam Tentang Praktik Pengupahan Pekerja Dalam Pengelolaan Sawah Pada Saat Panen (Studi Di Desa Tanjung Agung Kecamatan Way Lima Kabupaten Pesawaran). UIN Raden Intan Lampung.

Nur Mohammad Furizal (2021) Sistem Pemberian Upah Dalam Perspektif Ekonomi Islam Guna Meningkatkan Kesejahteraan Karyawan (Studi Kasus Industri Kubah Masjid Sido Joyo (Seribu Kubah) Desa Sukowidodo, Kecamatan Karangrejo, Tulungagung). UIN Tulungagung

Nuraini, Fithriady, Rina Desiana (2021) Analisis Sistem Ujrah Buruh Tani Padi (Kajian Di Gampong Mon Ara Kecamatan Montasik Kabupaten Aceh Besar). Ekobis Syariah: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Syariah. UIN Ar-Raniry, Banda Aceh.

Parida Angriani (2022) Praktek Pengupahan Penjaga Pasar Dalam Perspektif Hukum Positif Dan Hukum Islam (Studi Kasus Di Pasar Karang Bulayak Praya Lombok Tengah). Formosa Journal of Social Science (FJSS). https://doi.org/10.55927/fjss.v1i2.584

Resha, Novia Damayanti (2022) Tinjauan Hukum Islam Terhadap Pelaksanaan Pembayaran Upah Buruh Pembungkus Garam (Studi Kasus Di Kelurahan Way Dadi Kecamatan Sukarame Bandar Lampung). UIN Raden Intan Lampung.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:

Alfabeta, CV.

Supriyanto (2021) Pengaruh Besarnya Upah Minimum Provinsi Buruh Tani Terhadap Produktifitas Kerja: (Studi Usaha Tani Bawang Merah Di Desa Sumberwringin Kecamatan Sukowono Jember). Jurnal Kajian Ekonomi Syariah. STIS Abu Zairi, Bondowoso.

Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan

W. Agustian (2021) Konsep Pengupahan Dalam Manajemen Syariah. Jurnal Ilmiah Bina Manajemen. Universitas Bna Darma.

W. Armansyah (2021) Upah Berkeadilan Ditinjau Dari Perspektif Islam. Jurnal Bisnis dan Manajemen Islam. FEBI UIN Raden Fatah.

Wilma, Aprilia Simanjuntak (2022) Tinjauan Hukum Islam Dan Hukum Positif Tentang Praktik Pengupahan Buruh Tani Pencabut Kangkung (Studi Pada Desa Natar Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan. UIN Raden Intan Lampung.

Yono & Amie (2021) Upah Perspektif Islam Dalam Pengembangan Ekonomi. Al-Infaq: Jurnal Ekonomi Islam. Uika Bogor.

Yudhi, Harliansyah (2022) Tinjauan Hukum Islam Terhadap Praktik Pengupahan Karyawan Tambak Udang (Studi Di Desa Canti Kecamatan Rajabasa Kabupaten Lampung Selatan). UIN Raden Intan Lampung.




DOI: https://doi.org/10.33373/jmob.v2i3.4757

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Pascasarjana Universitas Riau Kepulauan