PENGARUH KARAKTERISTIK INDIVIDU, PENDIDIKAN, PENGALAMAN KERJA, DAN PENGAWASAN TERHADAP KINERJA GURU TK SWASTA KECAMATAN BATAM KOTA

Diesha Zubaida Sabda Nabila, Sri Langgeng Ratnasari, Dhenny Asmarazisa Azis

Abstract


Individu, Pendidikan, Pengalaman Kerja, dan Pengawasan Terhadap Kinerja Guru TK Swasta Kecamatan Batam Kota. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode survei menggunaka uji regresi berganda. Pada penelitian ini populasinya terbatas hanya 40 Guru TK oleh karena itu seluruh populasinya dijadikan sampel dengan teknik sampling yang digunaakan adalah sensus, data diperoleh dengan menggunakan instrument kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil penelitan menunjukkan Karakteristik Individu berpengauh postif dan signifikan terhadap Kinerja Guru, Pendidikan berpengauh postif dan signifikan terhadap Kinerja Guru, Pengalaman Kerja berpengauh postif dan signifikan terhadap Kinerja Guru, dan Pengawasan berpengauh postif dan signifikan terhadap Kinerja Guru. Karakteristik Individu, Pendidikan, Pengalaman Kerja, dan Pengwasan terdapat pengaruh dan signifikan secara bersama-sama/simultan terhadap Kinerja Guru TK Swasta Kecamatan Batam Kota.


Keywords


Karakteristik Individu, Pendidikan, Pengalaman Kerja, Pengawasan, Kinerja Guru

Full Text:

PDF

References


Ahmad Rivai. (2021), Pengaruh Pengawasan, Disiplin dan Motivasi Terhadap Kinerja Guru. Jurnal, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mahkota Tricom Unggul.

Amalia, I. G. (2015). Alat Analisis Data Aplikasi Statistik Untuk Penelitian Bidang Ekonomi & Sosial. Yogyakarta: Andi.

Anggreani, A. (2017). Kompetensi Kepribadian Guru Membentuk Kemandirian Anak Usia Dini (Studi Kasus di TK Mutiara, Tapos Depok). AWLADY Jurnal Pendidikan Anak , 28-47.

Besse Marhawati, (2018). Pengantar Pengawasan Pendidikan. Sleman: Deepublish.

Darmadi. 2018. Optimalisasi Strategi Pembelajaran. Bogor: Guepedia.

Marlia zuhro. (2016) Pengaruh Karakteristik Individu Dan Organisasi Terhadap Kemampuan Manajerial Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri Se Kota Mataram. Skripsi, Fakultas: Program Pascasarjana Universitas Mataram

Desmawarni. (2019). Peranan Dinas Pendidikan Pemuda Dan Olahraga Dalam Pembinaan Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini Di Kecamatan Pangean Kabupaten Kuantan Siningi (Studi Pada Desa Koto Tinggi dan Desa Padang Tanggung. Skripsi: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik: Universitas Islam Riau.

Gusman. 2014. Hubungan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dengan Kinerja Guru Di Smp N Kecamatan Palembayan Kabupaten Agam. Juni 2014 | Bahana Manajemen Pendidikan | Jurnal Administrasi Pendidikan.

Hafrizal et al. (2022), Pengaruh Pengalaman Kerja Dan Kerja Tim Terhadap Kinerja Guru Sd Negeri Sekecamatan Bangko Kabupaten Rokan Hilir. Jurnal, Universitas Riau, Pekanbaru.

Lasmi Niswati Zakiah dan Rafael Octavianus Byre. (2021), Pengaruh Pendidikan Dan Pengalaman Kerja Terhadap Kinerja Guru Mts. Negeri 1 Ende. Jurnal Ilmiah, Fakultas Ekonomi Universitas Flores.

Marbawi Adamy. (2016). Manajemn Sumber Daya Manusia. Aceh: Fakultas Ekonomi: Universitas Malikussaleh.

Mas’ud dan Fajar Saranani. (2018), Pengaruh Tunjangan Sertifikasi Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Di Kabupaten Konawe Kepulauan. Jurnal, Dinas Pendidikan Konawae Kepulauan.

Mery Sartika. (2021). Pengaruh Pembelajaran daring, kecerdasan emosional, kecerdasan intelektual dan kecerdasan sosial terhadap kinerja mahasiswa. Skripsi: Fakultas : Ekonomi: Universitas Riau Kepulauan.

Moch Aminudin Hadi, (2015). Praktis mengelolah Sumber Daya Manusia Perusahaan. Surakarta: PPE Press.

Muhammad Habibur Rochman. (2016), Pengaruh Pendidikan Dan Pelatihan, Karakteristik Individu Dan Insentif Terhadap Kinerja Guru Di Madrasah Aliyah Unggulan Amanatul Ummah Surabaya. Skripsi, Fakulatas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Negri Syarif Kasih Hidayatullah Jakarta.

Pandi Afandi (2018). Manajemen sumber daya manusia. Pekanbaru: Zanafa Publishing.

Slamet Riyadi. (2017), Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Radhatul Atfal Di Kota Pekalongan. Jurnal, Politeknik Pusmanu Pekalongan.

Sugiyono, P. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Warsidi, E. (2017). Karakteristik menjadi guru kompeten, efektif & prestatif. Surakarta: Sinerga Prima Magna.

Wike Sundari. (2018). Pengaruh Karakteristik Kompetensi terhadap kinerja Guru

di SD Negeri 001 Batu Aji Kota Batam. Skripsi, Fakultas: Ekonomi: Universitas Riau Kepulauan.

Yamolala Zega. (2019). Pengaruh Pengawasan Terhadap Kinerja Guru dan Pegawai SMK Negri 2 Tuhemberua Kabupaten Nias Utara.Jurnal. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pembnas Nias.

Zacky Audah. (2020), Pengaruh Pendidikan dan Pelatihan Terhadap Kinerja Guru Pada SMA Muhammadiyah Martapur, Skrpsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis STIE Pancasetia Banjarmasin.

Wayan Sudika et al. (2018), Hubungan Sikap Profesional Guru, Disiplin Kerja, Pengalaman Kerja Terhadap Kinerja Guru Di Sma Negeri 1 Mengwi,Jurnal. Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.33373/jmob.v2i3.4839

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Pascasarjana Universitas Riau Kepulauan