PENGARUH E-WOM (ELECTRONIC WORD OF MOUTH) PRODUK TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA AKUN FACEBOOK @MAK DHITO

Maurisca Andaresta, Abdul Manan

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh E-WOM (Electronic Word Of Mouth) Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Akun Facebook @Mak Dhito. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pengikut atau follower di akun facebook Mak Dhito yaitu sebanyak 1.675 orang, kemudian berdasarkan perhitungan jumlah populasi yang dijadikan sampel adalah 94 sampel. Metode dalam penelitian ini adalah kuantitatif, proses analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan SPSS versi 25 dengan pengujian yang dilakukan yaitu uji instrumen penelitian, asumsi klasik, regresi liner berganda, uji hipotesis serta uji koefisien determinasi. Berdasarkan Uji T Word Of Mouth mempunyai t hitung 8,827 sehingga nilai thitung > ttabel, yaitu 8,827> 1,984. Berdasarkan nilai tersebut maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima, ini menunjukkan bahwa secara parsial Word Of Mouth memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Minat Beli. Berdasarkan Hasil regresi linier sederhana menunjukkan bahwa jika terjadinya peningkatan terhadap Word Of Mouth dengan asumsi variabel lainnya tetap maka akan memberikan dampak peningkatan terhadap Minat Beli sebesar 0,601. Besarnya pengaruh yang diberikan oleh variabel Word Of Mouth terhadap Minat Beli adalah sebesar 45,9%, sedangkan sisanya sebesar 54,1% adalah dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Keywords


E-Wom (Electronic Word Of Mouth); Minat Beli; Produk; Facebook

Full Text:

PDF

References


Afrilita, N. (2013). Analisis SWOT dalam menentukan strategi pemasaran sepeda motor pada PT. Samekarindo Indah di Samarinda. Journal Adminsitrasi Bisnis, 1(1), 56–70.

Amirullah, A. (2016). STRATEGI MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA: PENDEKATAN KONSEP - -. Jurnal Akademika, 9(1).

Anggadini. (2013). Analisis Sistem Informasi Manajemen Berbasis Komputer Dalam Proses Pengambilan Keputusan. TeIKa, 8(2), 55–66.

Anoraga. (2019). Psikologi Kerja. Rineka Cipta.

Aprianti, E. (2017). Analisis swot dalam menentukan strategi pemasaran sepeda motor honda (studi pada pt. pasific motor 1 cikarang) skripsi.

Assael. (2015). Consumer Behavior. Thomson.

Batjalery, S. (2019). Analisa bauran pemasaran (7p) untuk menentukan strategi pemasaran dalam meningkatkan volume pebatjalery, s. (2019). Analisa bauran pemasaran (7p) untuk menentukan strategi pemasaran dalam meningkatkan volume penjualan (Studi Kasus Pada HomeIndustry CV Mel. Jurnal Progresif Manajemen Bisnis (Jipmb), VI(4), 2354–5682.

Bruyn, & Lilien. (2018). A multi-stage model of word-of-mouth influence through viral marketing. International Journal of Research in Marketing, 5(23).

DJ, Y. R. (2017). Penerapan Strategi Segmentasi Pasar Dan Positioning Produk Dengan Pendekatan Analisis Swot Untuk Peningkatan Penjualan Pada Ud. Surya Gemilang Motor Di Surabaya. Jurnal Ekbis, 17(1), 13.

Effendy, A. Y., & Kunto, Y. S. (2013). Pengaruh Customer Value Proposition Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk Consumer Pack Premium Baru Bogasari. 1(2), 1–8.

Erkan, & Evans. (2014). The Impacts of Electronic Word of Mouth in Social Media on Consumers’ Purchase Intentions. International Conference on Digital Marketing, 1–14.

Ferdinand, A. (2014). Metode Penelitian Manajemen. (B. U. Diponegoro. (ed.)).

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Halbusi, A., & Tehseen. (2018). The Effect of Electronic Word-Of-Mouth (EWOM) On Brand Image and Purchase Intention: A Conceptual Pap. SocioEconomic Challenges, 3(2), 83–94.

Hanafi. (2018). Manajemen Keuangan. Yogyakarta: BPFE.

Handoko. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bumi Aksara.

Harris, J., Gupta, & Pranjal. (2013). The Influence of e-WOM Recommendations on Product Consideration and Quality of Choice: A Motivation to Process Information Perspective.

Hasibuan, M. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia. In Edisi Revisi Jakarta: Bumi Aksara. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Helmi, S. (2015). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Konsumen Pada CV. Master Pasrir Pengaraian Kabupaten Rokan Hulu. Jurnal Fakultas Ekonomi Universitas Pasir Pengaraian., 4(2).

Hu, & Ha. (2015). Which Form of Word-Of-Mouth is more important to Online Shoppers ? A Comparative Study of WOM Use between General Population and College Which Form of Word-Of-Mouth is more important to Online Shoppers ? A Comparative Study of WOM Use between General Popu.

Irma. (2016). Analisis Swot Dalam Perencanaan Strategi Pemasaran Pada BMT Hasanah Jabung. Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

Jalilvand, & Samiei. (2012). The Effect of Electronic Word of Mouth on Brand image and Purchase Intention: An empirical study in the automobile industry in Iran. Marketing Intelligence & Planning. 30(4).

Julianti. (2014). The Art Of Packaging. Gramedia Pustaka Utama.

Karlíček, M. (2019). Word of mouth Marketing: An Integrated Model. Management Department, University of Economic.

Kharisma. (2012). Manajemen Pengembangan Pariwisata Kabupaten Semarang di Dinas.

Kotler, K. (2014). Manajemen Pemasaran. Manajemen Pemasaran. https://doi.org/10.1890/09-2296.1.Abrams

Kotler, & Keller. (2012). Marketing Management Edisi 14 (Global). Pearson Prentice Hall.

Kotler, & Keller. (2014). Manajemen Pemasaran. Manajemen Pemasaran. https://doi.org/10.1890/09-2296.1.Abrams

Kotler, & Keller. (2017). Manajemen Pemasaran. In e – Jurnal Riset Manajemen. PT. Indeks.

Kotler, & Keller, K. L. (2013). Manajemen Pemasaran. In Jilid 1, Edisi 13, Erlangga. https://doi.org/10.1080/08911760903022556

Kotler, P. dan G. A. (2016). Prinsip-Prinsip Pemasaran (13th ed.). Erlangga.

Krishnan, S. (2018). Word of mouth Marketing Strategy. Sematic Shcolar, 182(2).

Laksmi, A. A., & Oktafani, F. (2017). Pengaruh Electronic Word of mouth (E-WOM) Terhadap Minat Beli Followers Instagram Pada Warunk Upnormal. 11(1).

López, & Parra. (2016). Is a most helpful eWOM review really helpful? The impact of conflicting aggregate valence and consumer’s goals on product attitude. Internet Research, 26(4).

Lu et. (2014). From virtual community members to C2C ecommerce buyers: trust in virtual communities and its effect on consumer’s purchase intention. Electronic Commerce Research & Applications., 9, 346–360.

Manullang, B. (2013). Grand Desain Pendidikan Karakter Generasi Emas 2045. Jurnal Pendidikan Karakter. https://doi.org/10.21831

Matute, Redondo, & Utrillas. (2016). The influence of EWOM characteristics on online repurchase intention: Mediating roles of trust and perceived usefulness. Online Information Review.

Misbahuddin, & Hasan, I. (2013). Analisis Data Penelitian dengan Statistik (Edisi). Bumi Askara.

Naufal, A. (2017). Pengaruh Electronic Word of mouth (e-WOM) Terhadap Minat Beli Buldalk Bokkeummyeon (samyang) pada masyarakat di Kota Bandung. E-Proceeding of Management, 4(3).

Naufal, A., & Devilia, S. (2017). Pengaruh Electronic Word Of Mouth (Ewom) Terhadap Minat Beli Buldalk Bokkeummyeon (Samyang) Pada Masyarakat Di Kota Bandung. Jurnal E-Proceeding Of Management, 4(3).

Noor, S. (2014). Daihatsu Luxio Di Malang. Intekna, 2.

Nurhayati, E., & Supomo, R. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Mahasiswa Dan Umum. Yrama Widya.

Olson, J. C., & Paul, P. J. (2014). Perilaku konsumen dan strategi pemasaran. Salemba Empat.

Permadi, F. (2018). Pengaruh Electronic Word of mouth Terhadap Minat Beli Yang Dimediasi Oleh Kepercayaan (Studi Pada Pengunjung Situs Tokopedia.Com). 7(2).

Prasad, Gupta, & Totala. (2017). Social media usage, electronic word of mouth and purchase-decision involvement. Asia-Pacific Journal of Business Administration, 9.

Priangani, A. (2013). Memperkuat Manajemen Pemasaran Dalam Konteks Persaingan. Global. Jurnal Kebangsaan, 3(4).

Rahmawati, R., Oktora, K., Ratnasari, S.L., Ramadania, R., Darma, D.C. Is it true that lombok deserves to be a halal tourist destination in the world? A perception of domestic tourists Geojournal of Tourism and Geosites, 2021, 34(1), pp. 94–101.

Rahmawati, R., Ratnasari, S.L., Hidayati, T., Ramadania, R., Tjahjono, H.K. What makes Gen Y and Z feel stressed, anxious and interested in doing social tourism when pandemic? Cogent Business and Management, 2022, 9(1), 2084973.

Ratnasari, S. L., Susanti, E.N., Ismanto, W., Darma, D.C., Sutjahjo, G. (2020). An Experience of tourism development: How is the strategy? Journal of Environmental Management and Tourism, 2020, 11(7), pp. 1877-1886.

Ratnasari, S. L., Rahmawati, R., Ramadania, R., Darma, D.C., Sutjahjo, G. (2021). Ethical Work Climate In Motivation and Moral Awareness Perspective: The Dilemma by The Covid-19 Crisis? Public Policy and Administration. 20 (4), pp. 398-409.

Ratnasari, S.L., Mahadi, N., Nordin, N.A., Darma, D.C. (2022). Ethical Work Climate, Social Trust, and Decision-Making in Malaysian Public Administration: The Case of MECD Malaysia. Croatian and Comparative Public Administration, 2022, 22(2), pp. 289–312

Riyandika. (2013). Analisa Pengaruh Electronic Wordof-Mouth, Argument Quality, Message Source Credibility Terhadap Brand Image Dan Dampaknya Pada Purchase Intention. Universitas Bina Nusantara.

Schiffman, L., & Kanuk, L. (2015). Consumer Behaviour Eighth Edition: International Edition. Pearson Prentice Hall.

Schivinski, B., & Dabrowski, D. (2014). The Effect of Social Media Communication on Consumer Perceptions of Brand. Journal of Marketing Communications.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. In Bandung: Alfabeta. https://doi.org/10.1007/s13398-014-0173-7.2

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Suryani, T. (2013). Perilaku Konsumen di Era Internet. Graha Ilmu.

Swastha Dharmmesta, B. (2014). Peran Pemasaran dalam Perusahaan dan Masyarakat. Marketing Management.

Teja, R. ; S. H. (2018). MODEL ANALISIS SWOT DAN QSPM DALAM PEMILIHAN STRATEGI PEMASARAN DISTRO BOTROCK CIANJUR Reynaldy. 433–440.

Terry, G. (2016). Prinsip-Prinsip Manajemen. PT Bumi Aksara.

Tjiptono, F. (2012). Pemasaran Strategik. ANDI.

Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran. Erlangga.

Toni. (2016). Bab Ii Landasan Teori. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Trarintya, M. A. P. (2011). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan dan Word of Mouth di RSUP Sanglah Denpasar. In Universitas Stuttgart.

Umar, H. (2013). Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis Edisi Kedua. Rajawali Pers.

Utami, V. K., Tanujaya, D., & Jokom, R. (2016). ANALISA FAKTOR YANG PENTING DARI DIMENSI ELECTRONIC WORD OF MOUTH (EWOM) BAGI KONSUMEN DALAM MEMILIH HOTEL DI SITUS ONLINE TRAVEL AGENT (OTA). Jurnal Manajemen Pemasaran. https://doi.org/10.9744/pemasaran.9.2.78-86

Utomo, D. P., & Khasanah, I. (2018). Analisis Pengaruh Persepsi Harga, Lokasi Pelanggan, Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian. Universitas Diponegoro, 7(4).

Wijaya, T., & Eristia Lidia Paramita. (2018). Pengaruh Electronic Word Of Mouth (eWOM) Terhadap Keputusan Pembelian Kamera DSLR. Research Methods And Organizational Studies, 12–19.




DOI: https://doi.org/10.33373/jmob.v3i3.7338

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Pascasarjana Universitas Riau Kepulauan