PELATIHAN PENGGUNAAN METODE JARIMATIKA UNTUK MENANAMKAN KONSEP CARA MUDAH MENGHITUNG PERKALIAN PADA SISWA SEKOLAH DASAR RW. 01 KELURAHAN KIBING
Abstract
Pelaksanaan program pengabdian ini didasarkan pandangan siswa-siswa Sekolah Dasar (SD) di RW.01 Kelurahan kibing terhadap Matematika adalah mata pelajaran yang sulit, sehingga minat siswa terhadap matematika cukup rendah. Terbukti dengan kurangnya kemampuan siswa dalam operasi dasar Aritmatika khususnya perkalian. Tujuan pelaksanaan program ini adalah : (a) meningkatkan pengetahuan dan keterampilan siswa tentang penggunaan metode jarimatika pada operasi dasar aritmatika khususnya perkalian, (b) melatih dan mendampingi siswa tentang penggunaan metode jarimatika. Metode pelaksanaan kegiatan meliputi tiga tahap, yaitu : perencanaan, tindakan dan evaluasi. Hasil pelaksanaan program adalah (a) adanya peningkatan pengetahuan dan keterampilan siswa tentang penggunaan metode jarimatika pada operasi dasar aritmatika khususnya perkalian dalam kategori cukup baik, (b) kemampuan siswa dalam penggunaan metode jarimatika berkualitas baik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arief. S Sadiman, 2005, Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya, Pt. Rajagrafindo Persada
Hendyat Soetopo, 2002, Pendidikan dan Pembelajaran : Teori, Masalah dan Praktek, UMM Press
Indarti. 2008. Teknik Berhitung Dengan Menggunakan Jarimatika Guna Mendukung Kecerdasan anak. Jakarta: Bina Sarana Informatika (Jurnal)
LPPM, 2017.Panduan Pengabdian Pada Masyarakat. Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LPPM), Batam Universitas Riau Kepulauan,
Parwati, Ni Nyoman dan Ariawan, I Putu Wisna.2013. IbM Media Pembelajaran Matematika SD. Universitas Pendidikan Ganesha
DOI: https://doi.org/10.33373/jmb.v1i1.1169
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.