KARYA KREATIF YANG MEMPUNYA NILAI EKONOMIS DENGAN PEMANFAATAN SAMPAH RUMAH TANGGA DI KELURAHAN SUNGAI PELUNGGUT, KECAMATAN SAGULUNG BATAM PROVINSI KEPULAUAN RIAU
Abstract
Kelurahan Sungai Pelunggut adalah salah satu kelurahan yang berada di kecamatan Sagulung Kota Batam, Kelurahan ini memiliki luas wilayah 5,2 Km² dengan jumlah penduduk 19.292 Jiwa. Berdasarkan penelitian yang di lakukan Kelurahan Sungai Pelunggut ini menghasilkan sampah terbanyak nomor tiga setelah Tiban Kampung, untuk mengurangi kuantitas sampah di Sungai Pelunggut ini, maka diadakanlah gerakan pemanfaatan sampah oleh ibu- ibu rumah tangga, dengan cara mengolah sampah menjadi produk yang bernilai ekonomis, yang tujuannya adalah menimbulkan kesadaran akan bahayanya sampah, mengurangi pencemaran lingkungan, menambah pendapatan keluarga, dan menjadikan hidup sehat. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah analisa permasalahan, pemanfaatan limbah sampah dengan melibatkan Dinas Terkait,dengan cara memberikan berbagai macam pelatihan pembuatan produk dari sampah rumah tangga yang mempunyai nilai ekonomis, memonitor dan mendampingi proses selama kegiatan berlangsung dan membantu kegiatan pemasaran produk yang di hasilkan oleh ibu- ibu rumah tangga dengan cara melakukan kerjasama dengan dinas pasar, industry, swasta, dan dinas terkait lainnya, dengan adanya kegiatan ini manfaat yang dirasakan oleh masyarakat adalah , kurangnya sampah yang berserakan karna masyarakat sudah sadar akan bahayanya sampah dan pentingnya sampah dengan cara memanfaatkan sampah untuk menambah pendapatan keluarga, serta berkurangnya pencemaran lingkungan yang disebabkan oleh sampah dan berkurangnya penyebaran penyakit. Hidup lebih sehat.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
BPSKotaBatam.(2015).StatistikDaerahKecamatanSagulungKotaBatam2015.Batam: Badan PusatStatistikKotaBatam.
Dinas Lingkungan Hidup Kota Batam (2017) Naikkan target pendapatan dari retribusi sampahdiaksesdari:http://www.tribunnews.com.
Philip Kotler (2000:4) Pengertian Pemasaranproses social dan bagian dari memanagemen diri ataupun kelompok untuk mendapatkan kebutuhan
Ryan Godoku Sumo, 2016. 9 Tips strategi pemasaran yang dapat meningkatkan income masyarakat
Antun Atika Sari, 2009, Modul Busana, Pemalang Cipta Gading. Teknik menjahit yang benar
Kementrian Negara Lingkungan Hidup, KNLH 2008, Indonesia setiap tahunnya menghasilkan sampah sebanyak 38,5
Gunawan G, 2007, Mengelola sampah menjadi uang, Transmedia Pustaka, Jakarta
Pratama Al, 2008, Kajian hubungan antara timbunan sampah domestic dengan factor – factor yang mempengaruhinya
Willian J. Stanton, (2000:4) Pengertian pemasaran memankloter
Chandra, (2006).World Health Organization (WHO) sampah adalah sesuatu yang tidak digunakan, tidak dipakai, tidak disenangi atau sesuatu yang dibuang yang berasal dari kegiatan manusia dan tidak terjadi dengan sendirinya
Gelbert dkk (1996;46-48) Potensi bahaya kesehatan yang dapat ditimbulkan oleh sampah.
DOI: https://doi.org/10.33373/jmb.v1i1.1172
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.