MODEL IMPLEMENTASI KETAHANAN PANGAN KELUARGA MELALUI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MENANAM SAYURAN DENGAN METODE HYDROPONIK DI PERUMAHAN SIMPANG RAYA INDAH

Sri Langgeng Ratnasari

Abstract


Ketahan keluarga salah satunya dapat dipenuhi melalui ketahanan pangan, disamping ketahanan sandang (pakaian), dan ketahanan papan (perumahan). Untuk mewujudkan ketahan pangan keluarga salah satunya dapat diimplementasikan dengan menanam sayuran dengan metode hydroponik. Hal ini merupakan solusi dari keterbatasan lahan (tanah) sebagai media bertanam, dan juga merupakan salah satu solusi harga sayuran yang cukup mahal di Batam. Metode penelitian yang digunakan dalam pengabdian masyarakat ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data primer melalui observasi dan wawancara. Teknik analisisnya menggunakan teknik analisis kualitatif dengan mengumpulkan data, menyajikan data, verifikasi, dan penarikan kesimpulan. Hasil pengabdian masyarakat ini dapat digunakan sebagai salah satu model ketahanan pangan keluarga khususnya pada masyarakat dengan lahan terbatas dan di perkotaan.

Keywords


Ketahanan Pangan, Pemberdayaan Masyarakat, Hydroponik, Sayuran

Full Text:

PDF

References


Dwiratna, N.P.S., Widyasanti, A., dan Rahmah, D.M. 2016. Pemanfaatan Lahan Pekarangan Dengan Menerapkan Konsep Kawasan Rumah Pangan Lestari. Dharmakarya: Jurnal Aplikasi Iptek Untuk Masyarakat. Vol.5, No.1, Mei 2016.

Effendi. 2015. Manajemen Keluarga. Surabaya: Semesta Anugerah.

Haryanto, Hery, Irwan Muthahanas, dan M. Sarjan. 2016. Pengembangan Kawasan Rumah Pangan Lestari Di Perkotaan Dengan Sistem Hidroponik Vertikultur. Jurnal Abdi Insani Unram. Vol.3, No.2, September 2016.

Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi. 2018. Panduan Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Edisi XII. Jakarta: Kemenristekdikti.

Prapanca. 2015. Bertanam Sayuran Organik Di Kebun, Pot dan Polibag. Jakarta: Penebar Swadaya.

Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia. Modul Bidang Studi Kepemimpinan. 2016. Jakarta: Lemhannas RI.

Solihin, Muhammad. 2017. Sosialisasi Penanaman Dengan Metode Hydroponik Di Kecamatan Sagulung. Jurnal Minda Baharu. Vol.1, No.1, Desember 2017.

Surtinah dan Rini Nizar. 2017. Pemanfaatan Pekarangan Sempit Dengan Hidroponik Sederhana Di Pekanbaru. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Vol.23, No.2, April 2017.

Wijayani, A. 2010. Budidaya Paprika Secara Hidroponik: Pengaruhnya terhadap serapan nitrogen atau dalam buah. Jurnal Agrivet. Vol.4, No.1, Juli 2010.




DOI: https://doi.org/10.33373/jmb.v2i1.1496

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.