PELATIHAN PENGELOLAANTAMAN BACAAN MASYARAKAT “CERIA”SEBAGAI SARANA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN NON FORMAL BAGI WARGA KELURAHAN BUKIT TEMPAYAN RW 03
Abstract
Pendidikan Nonformal juga termasuk dalam program pendidikan yang mampu ikut mencerdaskan kehidupan bangsa.. Membaca merupakan salah satu cara belajar yang paling murah meriah untuk kalangan masayarakat dan membaca dapat dilakukan dimana saja. Ada berbagai sarana yang dapat digunakan untuk membaca dan belajar salah satunya adalah perpustakaan atau Taman Bacaan MasyarakatKeberadaan dan peran Taman Bacaan Masyarakat sangat strategis dan banyak diminati oleh anggota masyarakat. Taman Bacaan Masyarakat merupakan sumber informasi bagi masyarakat, baik masyarakat menengah maupun masyarakat kebawah. Tempat nya pun sangat beragam mulai dari Kelurahan, taman-taman Kota, tempat rekreasi dan area halaman masjid. Disamping itu sangat efektif, efisien, mudah dijangkau, dan murah meriah untuk semua kalangan masyarakat. Taman Bacaan Masyarakat adalah untuk melayani masyarakat di daerah sekitarnya untuk membaca, memperoleh informasi dan belajar.Dari hasil pengamatan kami dilapangan selamamelakukan kegiatan pengabdian masyarakat adanya keterbatasan Sumber Daya Manusia atau tidak adanya tenaga profesional dalam penerapan fungsi menajemen khususnya dalam pengelolaan Taman Bacaan Masyarakat (TBM). Solusinya karena keterbatasan yang sumber daya manusia yang dimiliki Taman Bacaan Masyarakat “Ceria” adalah dengan memberikan pelatihan pengelolaan Taman Bacaan Masyarakat pada beberapa orang pemuda yang dilatih oleh tenaga professional di bidang pustakawan sehingga diharapkan bisa mengelola taman bacaan masyarakat dengan baik dan benar
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Berita acara serah terima No: 041 / 108 / BA – BPAD / 2016 yang dalam hal ini diserahkan oleh Kepala Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Kepulauan Riau
Departemen Pendidikan Nasional. Direktorat Jendral Pendidikan Luar Sekolah dan Pemuda. Direktorat pendidikan Masyarakat. 2003. Pedoman Pengelolaan Taman Bacaan Masyarakat (TBM). Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
Hidayanto, Juniawan. 2013. Upaya Meningkatkan Minat Baca Masyarakat Melalui Taman Bacaan Masyarakat Area Publik Di Kecamatan Ungaran Timur Kabupaten Semarang. Skripsi
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan:Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif, dan R&D. Bandung: AlFabeta
Resmita Corinna. 2010. Peran Serta Taman Bacaan Masyarakat Sebagai Modal Dasar Terwujudnya Surabaya Sebagai Kota Baca Dalam Memasuki Era Globalisasi.Surabaya. (dalam digitallibrary.surabaya.go.id) diakses tanggal 10 Maret 2016
Suwartono. 2014. Dasar-dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta Templatoid. 2015. Makalah Landasan Teori (dalam www.landasanteori.com/2015/10/pengertian-peranan-definisimenurut.html) diakses tanggal 7 September 2015
Yedi Kumayadi, dkk. 2011. Pengelolaan Taman Bacaan Keliling.Bandung : Angka Satu.
http://www.berbisnisinternet.com/analisa-modal-dan-keuntungan-usaha-rental-taman-bacaan/
https://www.siapbisnis.net/potensi-taman-bacaan-sebagai-usaha-dengan-modal-kecil-untuk-mahasiswa/
http://www.dokterbisnis.net/2013/05/10/ide-usaha-modal-kecil-persewaan-dan-taman-bacaan-non-komik/
http://bisnisukm.com/membuka-taman-bacaan-bisnis-yang-mencerdaskan.html
http://www.neraca.co.id/article/37570/langkah-langkah-membuka-taman-bacaan
http://www.tiptipseru.com/2011/05/09/tips-memulai-bisnis-taman-bacaan-yg-menggiurkan/
https://noorshabirah.wordpress.com/tip-trik-usaha-kecil/usaha-taman-baca/
DOI: https://doi.org/10.33373/jmb.v2i1.2277
Refbacks
- There are currently no refbacks.
License URL: https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.