PELATIHAN MANAJEMEN PEMASARAN BERBASIS ONLINE DI DUSUN BUKIT PERJUANGAN KABUPATEN LABUHANBATU
Abstract
Pengabdian kepada masyarakat bertempat di Dusun Bukit Perjuangan bertujuan untuk membantu permasalahan yang dihadapi para pelaku UMKM, karena kurangnya kemampuan para pelaku UMKM dalam menguasi IPTEK, berpikir kreatif dan berinovasi dalam memasarkan produk yang akan dijual. Persiapan dilakukan dengan melakukan wawancara untuk melihat kondisi di lapangan mengenai masalah yang dihadapi masyarakat, kemudian kegiatan PKM dilaksanakan dengan dua sesi yaitu sosialisasi peran sosial media bagi para pelaku UMKM dan pelatihan pembuatan akun Facebook, Instagram, Website serta akun berjualan di Maketplace. Hasil menunjukkan bahwa pelaku UMKM di Dusun Bukit Perjuangan sudah mempunyai akun media sosial untuk berjualan dan mampu untuk menggunakannya, serta masyarakat sudah paham trik-trik jitu dalam memasarkan produk secara online serta mampu untuk menciptakan ide-ide baru yang bersumber dari media-media online. Saran kepada aparatur desa agar sering mengadakan sosialisasi maupun pelatihan-pelatihan bagi para masyarakat desa yang baru akan memulai usahanya sehingga membangkitkan keyakinan dan semangat dalam menekuni usahanya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Chaffey, D., dan Ellis-Chadwick, F. (2019). Digital marketing. https://books.google.co.id/ books?hl=id&lr=&id=-1yGDwAAQBAJ
Irvi, A., dan Husna, N. (2020). Kebijakan Peningkatan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah di. Muttaqien;Indonesian Journal of Multiciplinary Islamic Studies, 1(1), 45–58.
Kumala, M.C. dan Widodo. (2019). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Alumunium. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 7(2), 57–66.
Masitoh, A. (2019). The Importance of Archive Management Systems in Digital Era. https://books.google.co.id/books?id=ZvLGDwAAQBAJ
Mujianto, A. H., Sucipto, H., Mashuri, C., Permadi, G. S., dan Vitadiar, T. Z. (2020). Implementasi Online Market Place Pada Industri Rumahan Di Desa Mojodanu Ngusikan Jombang. Abidumasy: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 13–23.
Nurmalasari, N., dan Masitoh, I. (2020). Manajemen Strategik Pemasaran Pendidikan Berbasis Media Sosial. Journal Of Management Review, 4(3), 543-548. https://doi.org/10.25157/mr.v4i3.4524
Turmudi, H., Widiati, I. S., dan Purwidiantoro, M.H. (2019). Pelatihan Pemuda Desa di Boyolali Dalam Pemasaran Digital Produk Olahan Minyak Jelantah.. Seminar Nasional Pengabdian Pada Masyarakat (SNPMas), hlm 334–343. STMIK Dipanegara Makassar, 16 Desember 2019
DOI: https://doi.org/10.33373/jmb.v4i2.2823
Refbacks
- There are currently no refbacks.
License URL: https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.