PELATIHAN MANAJEMEN PEMASARAN BERBASIS ONLINE DI DUSUN BUKIT PERJUANGAN KABUPATEN LABUHANBATU

Bhakti Helvi Rambe, Fauziah Hanum, Yudi Prayoga

Abstract


Pengabdian kepada masyarakat bertempat di  Dusun Bukit Perjuangan bertujuan untuk membantu permasalahan yang dihadapi para pelaku UMKM, karena kurangnya kemampuan para pelaku UMKM dalam menguasi IPTEK, berpikir kreatif  dan berinovasi dalam  memasarkan  produk  yang akan dijual. Persiapan dilakukan dengan melakukan wawancara untuk melihat kondisi di lapangan mengenai masalah yang dihadapi masyarakat, kemudian kegiatan PKM dilaksanakan dengan dua sesi yaitu sosialisasi peran sosial media bagi para pelaku UMKM dan pelatihan pembuatan akun Facebook, Instagram, Website serta akun berjualan di Maketplace. Hasil menunjukkan bahwa pelaku UMKM di Dusun Bukit Perjuangan sudah mempunyai akun media sosial untuk berjualan dan mampu untuk menggunakannya, serta masyarakat sudah paham trik-trik jitu dalam memasarkan produk secara online serta mampu untuk menciptakan ide-ide baru yang bersumber dari media-media online. Saran kepada aparatur desa agar sering mengadakan sosialisasi maupun pelatihan-pelatihan bagi para masyarakat desa yang baru akan  memulai usahanya sehingga membangkitkan keyakinan dan semangat dalam menekuni usahanya.


Keywords


Manajemen Pemasaran, Media Sosial, Pelaku UMKM

Full Text:

PDF

References


Chaffey, D., dan Ellis-Chadwick, F. (2019). Digital marketing. https://books.google.co.id/ books?hl=id&lr=&id=-1yGDwAAQBAJ

Irvi, A., dan Husna, N. (2020). Kebijakan Peningkatan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah di. Muttaqien;Indonesian Journal of Multiciplinary Islamic Studies, 1(1), 45–58.

Kumala, M.C. dan Widodo. (2019). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Alumunium. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 7(2), 57–66.

Masitoh, A. (2019). The Importance of Archive Management Systems in Digital Era. https://books.google.co.id/books?id=ZvLGDwAAQBAJ

Mujianto, A. H., Sucipto, H., Mashuri, C., Permadi, G. S., dan Vitadiar, T. Z. (2020). Implementasi Online Market Place Pada Industri Rumahan Di Desa Mojodanu Ngusikan Jombang. Abidumasy: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 13–23.

Nurmalasari, N., dan Masitoh, I. (2020). Manajemen Strategik Pemasaran Pendidikan Berbasis Media Sosial. Journal Of Management Review, 4(3), 543-548. https://doi.org/10.25157/mr.v4i3.4524

Turmudi, H., Widiati, I. S., dan Purwidiantoro, M.H. (2019). Pelatihan Pemuda Desa di Boyolali Dalam Pemasaran Digital Produk Olahan Minyak Jelantah.. Seminar Nasional Pengabdian Pada Masyarakat (SNPMas), hlm 334–343. STMIK Dipanegara Makassar, 16 Desember 2019




DOI: https://doi.org/10.33373/jmb.v4i2.2823

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.