MEMBANGUN EKONOMI KREATIF DAN PRODUKTIF PADA KAWASAN WISATA DENGAN KEUNIKAN ALIRAN SUNGAI DI MASA PANDEMI COVID-19

Ade Parlaungan Nasution, Mulya Rafika, Pristiyono Pristiyono, Dahrul Aman Harahap, Syaiful Zuhri Harahap

Abstract


Salah satu penyumbang devisa negara apabila dikelola dengan baik yaitu wisata air dengan sehingga identifikasi masalah pada sebuah kesepakatan bersama dalam  pemberdayaan masyarakat dalam meningkatkan mutu manajeman ekowisata. Faktor penting dalam keberhasilan suatu wisata perlu dilakuan penilian dan ketercapaian keberhasilan suatu wisata sehingga masyarakat setempat dan pemerintah saling membantu dalam memanfaatkan kawasan wisata aek pala ini sehingga akan berdampak baik dalam pendapatan ekonomis masyarakat desa. Dampak dari pandemi covid-19 ini tidak hanya mempengaruhi tingkat kesejahteraan saja melainkan juga tentang kehidupan lainya, yaitu tentang sosial kemasyarakatan dan yang terutama adalah tentang perekonomian di dalam keluarga saat ini seluruh masyarakat di dunia sedang di takuti dengan perkebangan dan penyebaran covid-19 yang sangat cepat menyebar ke seluruh dunia, dengan adanya pembatasan sekala besar (PSBB) dan anjuran agar tetap tinggal di rumah, kerja dari rumah dan bersekolah pun di dalam rumah, sehingga semua masyarakat tidak bisa leluasa untuk bekerja terutama untuk pekerja  yang gajinya di bayar harian. Kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh Dosen Universitas Labuhanbatu adalah Memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada masyarakat Desa Janji Kabupaten labuhanbatu mengenai pengetahuan dan kontribusi dan pentingnya pengembangan industri kreaktif bagi masyarakat desa serta menganalisis hambatan industri kreaktif dan produktif yang berjalan dengan lancar. Para peserta pelatihan sangat antusias mengikuti acara hingga selesai sehingga dapat merasakan manfaat pelatihan dengan tujuan demi perencanaan dan kemajuan Desa dimana mereka mengabdi.

Keywords


Aliran Sungai, Ekonomi Kreaktif, Kawasan Wisata, Pandemi covid-19

Full Text:

PDF

References


Firdaus, A.H., Listiyanto, E., Talattov, A.P. and Taufikurahman, M.R., (2020). Kajian Tengah Tahun INDEF: Menata Arsitektur Ekonomi Pasca Pandemi. INDEF.

Hilmi, A. Z., & Martani, D. (2012). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat pengungkapan laporan keuangan pemerintah provinsi. Simposium Nasional Akuntansi XV, 20.

Komala, L., Budiyanto, A., Wibowo, W. A., Praditya, A., & Pamungkas, I. B. (2020). Membangun Kreativitas dan Kemandirian Masyarakat di Masa Pandemi Covid-19. DEDIKASI PKM, 1(2), 20-24.

Narsa, I.M., Widodo, A. and Kurnianto, S., (2012). Mengungkap kesiapan UMKM dalam implementasi standar akuntansi keuangan entitas tanpa akuntabilitas publik (PSAK-ETAP) untuk meningkatkan akses modal perbankan. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Airlangga (JEBA), Journal of Economics and Business Airlangga, 22(3), 204-214.

Ningtyas, J.D.A., Si, M. and Pusmanu, P., (2017). Penyusunan Laporan Keuangan UMKM Berdasarkan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro, Kecil dan Menengah (SAK-EMKM)(Study Kasus Di UMKM Bintang Malam Pekalongan). Riset & Jurnal Akuntansi, 2(1), pp.11-17.

Rawun, Y. and Tumilaar, O.N., (2019). Penerapan Standar Akuntansi Keuangan EMKM Dalam Penyusunan Laporan Keuangan pada UMKM (Suatu Studi UMKM Pesisir Di Kecamatan Malalayang Manado). Jurnal Akuntansi Keuangan Dan Bisnis, 12(1), pp.57-66.




DOI: https://doi.org/10.33373/jmb.v5i1.2887

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.