PELATIHAN MEDIA PEMBELAJARAN INOVATIF BERBASIS INFORMATION TECHNOLOGY (IT) DI SMP MUHAMMADIYAH 8 BATU

Rose Fitria Lutfiana, Moh Wahyu Kurniawan

Abstract


Revolusi industri 4.0 membawa dampak cukup besar dalam berbagai aspek kehidupan, baik di bidang ekonomi, sosial, budaya, pendidikan dan lain sebagainya. Salah satu dampak revolusi industri dalam bidang pendidikan adalah penggunaan media pembelajaran berbasis information technology atau IT. Media pembelajaran merupakan alat penyampaian pesan dan informasi dari guru kepada siswa dalam kegiatan pembelajaran. Kegiatan pelatihan ini penting dilakukan karena relevan dengan tuntutan pembelajaran saat ini. Hasil pelatihan media pembelajaran inovatif berbasis information technology yaitu (1) 100% guru menguasai media pembelajaran inovatif berbasis information technology yang telah diajarkan; dan (2) 60% guru mengimplementasikan media pembelajaran inovatif berbasis information technology

Keywords


Media Pembelajaran, Information Technology

Full Text:

PDF

References


Aviyanti, I. (2020). Penerapan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) Dalam Pembelajaran Ditinjau Dari Status Sertifikasi , Lama Mengajar , Dan Bidang Studi Guru. (Skripsi). Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta.

Daryanto, dan Karim, S. (2017). Pembelajaran Abad 21. Gava Media. Yogyakarta. 276 hal.

Dewi, I.L.K., Maharani, A., dan Setiyani, S. (2020). Pelatihan Aplikasi Schoology Sebagai Upaya Menyelenggarakan Pembelajaran Jarak Jauh di SMK Samudra Nusantara. Minda Baharu, 4(2), 122-130. https://doi.org/10.33373/jmb.v4i2.2662

Munandar, M.H., Irmayanti, Muti’ah, R., Ritonga, A.A., dan Harahap, D.A. (2021). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis ICT Untuk Guru-Gurudi Smk Negeri 1 Pertanian Pembangunan. Minda Baharu, 5(1), 77-88. Doi. 10.33373/jmb.v5i1.2892

Priyanto, D. (2009). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbasis Komputer. Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan. 14(1), 92-110

Rusman. (2017). Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana, Jakarta. 538 hal.

Sanaky. H.AH.(2011). Media Pembelajaran, Buku Pegangan Wajib Guru dan Dosen. Kaukaba Yogyakarta. 370 hal.

Surahmadi, B. (2016). Pengaruh Media Pembelajaran Virtual Berbasis Quipper School Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMP N 1 Temanggung. USEJ-Unnes Science Education Journal, 5(1), 1123–1127. https://doi.org/10.15294/usej.v5i1.9645

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103-114. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113

Wahida, N. (2021). 9 Kelebihan Edmodo untuk Pembelajaran Online, Ini Keuntungannya. Kapanlagi.Com. https://plus.kapanlagi.com/9-kelebihan-edmodo-untuk-pembelajaran-online-ini-keuntungannya-d4b70f.html




DOI: https://doi.org/10.33373/jmb.v5i2.3448

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.