PERLUASAN WAWASAN TENTANG ‘INFORMASI TOXIC’ PADA SERANGAN PASCA COVID-19 DI INDONESIA

Rahmawati Rahmawati, Saida Zainurossalamia ZA, Asnawati Asnawati, Dio Caisar Darma

Abstract


Modernisasi TI tidak dapat dibendung lagi. Kemajuan pesat dari segala berita yang beredar di kalangan masyarakat yang aktif di social media kerap menimbulkan persepsi, antusias, reaksi, interpretasi; tanggapan yang beragam. Terlebih, krisis Covid-19 tentu berpotensi menimbulkan konflik akibat kesalahpahaman dalam merespon informasi yang berbeda dan ini dimaknai dengan ‘toxic digital’. Melalui PkM ini, setidaknya menjawab tantangan sekaligus peluang tentang upaya atau solusi untuk memberi strategi dan edukasi kepada netizen dalam meninjau ulang segala bentuk informasi yang masih diperdebatkan di FB, YouTube, Twitter, dan IG. Teknik PkM dirancang secara aktual dalam melihat problematika yang relevan dengan pemanfaatan literasi digital dan cultue technology yang matang untuk mereduksi missed information. Sederhananya, metode didukung berbasis diseminasi dan umpan balik. Perencanaan melibatkan berbagai pihak, dimana tahapan koordinasi, sosialisasi, dan sharing-knowledge, tahapan PkM diterapkan di periode 2021. Peran stakeholders yang termuat pada konsep ‘ABGC’, maka setidaknya adaptasi terhadap kemajemukan pola pikir penggiat media sosial menekankan menyoroti dan menyororoti urgensitas ulasan dan berita yang berhubungan dengan angka penyebaran, kematian, penanggulangan, penanganan, dan dampak dari Covid-19 dengan bijaksana. Kami juga menawarkan kepada partisipan dan kalangan luas agar lebih cerdas dan tidak langsung mengambil kesimpulan sepihak untuk terhindar dari gangguan mental, degradasi psikologis, cyber-bullying, dan efek negatif lainnya.

Keywords


TI; Penguatan kelembagaan; Edukasi; Social media; Indonesia

Full Text:

PDF

References


Adobe Spark. (2021). The 7 top social media sites you need to care about in 2020. Diunduh pada 1-9-2021 melalui https://www.adobe.com/express/learn/blog/top-social-media-sites

Alhabash, S., dan Ma, M. (2017). A tale of four platforms: Motivations and uses of facebook, twitter, instagram, and snapchat among college students?. Social Media + Society. https://doi.org/10.1177/2056305117691544

Amalia, S., Wijaya, A., Darma, D. C., Maria, S., dan Lestari, D. (2020). Underground economy: Teori & catatan kelam. Medan: Kita Menulis.

Badan Pusat Statistik – Republik Indonesia. (2020). Proporsi individu yang menggunakan internet menurut provinsi (persen), 2017-2019. Diunduh pada 2-9-2021 melalui https://www.bps.go.id/indicator/27/1225/1/proporsi-individu-yang-menggunakan-internet-menurut-provinsi.html

Cahyono, A. S. (2016). Pengaruh media sosial terhadap perubahan sosial masyarakat di Indonesia. Jurnal Publiciana, 9(1), 140-157.

Chan, W. S., dan Leung, A. Y. (2018). Use of social network sites for communication among health professionals: Systematic review. Journal of Medical Internet Research, 20(3), e117. https://doi.org/10.2196/jmir.8382

Clark, J. L., Algoe, S. B., dan Green, M. C. (2018). Social network sites and well-being: The role of social connection. Current Directions in Psychological Science, 27(1), 32–37. https://doi.org/10.1177/0963721417730833

Dwivedi, Y. K., Ismagilova, E., Hughes, D. L., Carlson, J., Filieri, R., Jacobson, J., Karjaluoto, H., …..Wang, Y. (2021). Setting the future of digital and social media marketing research: Perspectives and Research Propositions. International Journal of Information Management, 59, 102168. https://doi.org/10.1016/j.ijinfomgt.2020.102168

Febriani, R. D., Triyono, T., Hariko, R., Yuca, V., dan EMagistarina, E. (2021). Factors Affecting Student’s Burnout in Online Learning. Jurnal Neo Konseling, 3(3), 32-38. https://doi.org/10.24036/00567kons2021

Gustomy, R. (2020). Pandemi ke infodemi: Polarisasi politik dalam wacana covid-19 pengguna twitter. JIIP: Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 5(2), 19-205. https://doi.org/10.14710/jiip.v5i2.8781

Ilmi, Z., Wijaya, A., Kasuma, J., dan Darma, D. C. (2020). The crowdsourcing data for innovation: Does it Matter?. European Journal of Management Issues, 28(1-2), 3-12. https://doi.org/10.15421/192001

International Telecommunications Union. (2021). Telegram closed list of countries by number of internet users. Diunduh pada 31-8-2021 melalui https://id.wikipedia.org/wiki/Daftar_negara_menurut_jumlah_pengguna_Internet

Jia, R., Ayling, K., Chalder, T., et al. (2020). Mental health in the UK during the COVID-19 pandemic: Cross-sectional analyses from a community cohort study. BMJ Open, 10(9), e040620. https://doi.org/10.1136/bmjopen-2020-040620

Jiuhardi, J., Darma, D. C. dan Heksarini, A. (2021). The political-economy management: Indonesia's needs for the Covid-19 pandemic. Problems of Management in the 21st Century, 16(1), 19-27. https://doi.org/10.33225/pmc/21.16.19

Jothi, P. S., Neelamalar, M., dan Prasad, R. S. (2011). Analysis of social networking sites: A study on effective communication strategy in developing brand communication. Journal of Media and Communication Studies, 3(7), 234-242.

Kata Data. (2019). Indonesia pengguna internet terbesar ketiga di Asia. Diunduh pada 3-9-2021 melalui https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/07/18/indonesia-pengguna-internet-terbesar-ketiga-di-asia#

Kata Data. (2021). Jumlah pengguna media sosial di dunia capai 4,2 miliar. Diunduh pada 1-9-2021 melalui https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/02/18/jumlah-pengguna-media-sosial-di-dunia-capai-42-miliar#

Kementerian Komunikasi dan Informatika – Republik Indonesia. (2021). Empat pilar literasi untuk dukung transformasi digital. Diunduh pada 2-9-2021 melalui https://aptika.kominfo.go.id/2021/01/empat-pilar-literasi-untuk-dukung-transformasi-digital/

Lestari, F. F., dan Atnan, N. (2021). Pengaruh hoaks covid-19 di media sosial facebook terhadap opini publik di Desa Mancagahar Kabupaten Garut. eProceedings of Management, 8(3), 1-10.

Maramis, J., dan Tawaang, E. (2021). Hubungan pembelajaran daring dengan burnout pada mahasiswa profesi ners universitas klabat di era pandemi covid-19. Klabat Journal of Nursing, 3(1), 68-76. https://doi.org/10.37771/kjn.v3i1.546

Maria, S., Darma, D. C., Amalia, S., Hakim, Y. P., dan Pusriadi, T. (2019). Readiness to face industry 4.0. International Journal of Scientific & Technology Research, 8(9), 2363-2368.

Ramdani, R., Shalehoddin, S.,Sagita, D. D., Ramanda, P., dan Sarman, F. (2021). Handling the psychological impact of covid-19 on community through various tutorial videos of daily effective life. Minda Baharu, 5(1), 34-40. https://doi.org/10.33373/jmb.v5i1.2930

Pantano, E., dan Di Pietro, L. (2012). Understanding consumer’s acceptance of technology-based innovations in retailing. Journal of Technology Management &Amp; Innovation, 7(4), 1–19. https://doi.org/10.4067/S0718-27242012000400001

Pfefferbaum, B., dan North, C. S. (2020). Mental health and the covid-19 pandemic. The New England Journal of Medicine, 383(6), 510–512. https://doi.org/10.1056/NEJMp2008017

Santoso, M. D. (2021). Faktor-faktor yang berhubungan dengan burnout pada tenaga kesehatan dalam situasi pandemi covid-19. Jurnal Keperawatan Tropis Papua, 4(1), 1-10. https://doi.org/10.47539/jktp.v4i1.176

Saputri, O. B., dan Huda, N. (2020). Pengaruh informasi covid-19 melalui media sosial terhadap perilaku konsumen. Human Falah: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 7(2), 1-26.

Sari, F. L. (2020). Dampak pemberitaan covid19 di media sosial terhadap perilaku masyarakat di Dusun Kemuning Kelurahan Lirboyo Kota Kediri. Jurnal Mediakita: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam, 4(1), 1-14. https://doi.org/10.30762/mediakita.v4i1.2449

Sari, M. K., dan Yoni, E. (2021). The impacts of covid-19 pandemy in term of technology literacy usage on students learning experience. Jurnal Sosial Humaniora, 14(2), 43-51. http://dx.doi.org/10.12962/j24433527.v0i0.8348

Vedavanam, K., Garrett, D., Davies, N., dan Moore, K. J. (2020). Old age psychiatry services in the UK responding to COVID-19. International Psychogeriatrics, 32(10), 1165–1168. https://doi.org/10.1017/S1041610220001015

Wallinheimo, A.-S., dan Evans, S. L. (2021). More frequent internet use during the COVID-19 pandemic associates with enhanced quality of life and lower depression scores in middle-aged and older adults. Healthcare, 9(4), 393 https://doi.org/.10.3390/healthcare9040393




DOI: https://doi.org/10.33373/jmb.v5i2.3480

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.