PKM MENINGKATKAN PENJUALAN UMKM DENGAN E-COMMERCE DISAAT PANDEMI COVID 19
Abstract
Pengabdian masyarakat ini memberikan motivasi bagi masyarakat yang putus sekolah agar dapat melakukan penguatan daya beli produk Usaha Kecil Menengah, salah satu Usaha Kecil Menengah (UKM) melalui penerapan toko online dan pengarahan cara penggunaannya menggunakan teknologi informasi bagi anak-anak putus sekolah sehingga dapat meningkatkan kemandirian ekonomi guna meningkatkan penggunaan teknologi informasi dan internet menggunakan kegiatan pemasaran secara umum. Topik yang diangkat adalah peningkatan pelayanan penjualan, pemasaran, pemesanan produk dari konsumen.Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini agar Anak-anak putus sekolah dapat mengikuti kegiatan penerapan E-Commerce berbasis Web dengan baik melalui bimbingan fasilitator. Dengan PKM ini dapat memberikan kesempatan bagi dinas/instansi terkait agar anak-anak putus sekolah masih diberikan pendampingan untuk mendapatkan akses pendidikan dasar diiringi peningkatan ekonomi mereka sehari-hari.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afandy, A. (2010). Perencanaan Portofolio Aplikasi mendatang Berdasarkan Strategi Bisnis PT. Krakatau Industrial Estate Cilegon Unit Otonom Krakatau Steel Building Management. Surabaya: Penelitian tidak diterbitkan
Febriyantoro, M. T., dan Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. Jurnal Manajemen Dewantara, 1(2), 62-67.
Gandhawangi, S. (2022). https://www.kompas.id/baca/dikbud/2022/02/28/tematis-putus-sekolah-masalah-ekonomi-hingga-minimnya-bimbingan-sebabkan-anak-putus-sekolah
Mardiani, E, Rahmansyah,N, Al Rizky,F (2020). Perilaku Konsumen Terhadap E-commerce disaat pandemi covid 19 di Shop and Travel. Jurnal Informatik: Jurnal Ilmu Kompute,r 16(3), 212-217.
Mardiani, E, Rahmansyah, N., Kurniawan, H., Sensuse, D.I., dan Jayanta. 2016. Kumpulan Latihan SQL, Elex Media Komputindo. Jakarta.
Matondang, N, Handayani, T., dan Sembiring, R. (2018), IBM Kerajinan Dompet Desa Girimukti, Lebak, Banten. Prosiding. Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat di UPN Veteran Jakarta, 1(1), 1-9.
Nurmalasari, D. (2020). 7 Hal yang UKM Perlu Pahami untuk Meningkatkan Akses Pasar. Retrieved from UKM Indonesia: https://www.ukmindonesia.id/baca-artikel/287
Purwanti, P. (2010). Model Ekonomi Rumah Tangga Nelayan Skala Kecil. Universitas Brawijaya Press. Malang.
Pradipta, Y.G. (2018). Penggunaan Internet Sebagai Media Promosi UMKM Harmoni di Desa Kembangan Baki Sukoharjo. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Surakarta.
DOI: https://doi.org/10.33373/jmb.v6i2.4265
Refbacks
- There are currently no refbacks.
License URL: https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.