PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI UNTUK PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN BAGI SANTRI DARUL FALAH SERANG, BANTEN

Reni Haerani, Rosdiana Rosdiana, Ahmad Sofan Ansor, Rizky Wahyu Hadiyana, Khasan Asrori, R Dewi Mutia Farida, Japri Irianto

Abstract


Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk membantu peserta lebih memahami penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam pendidikan, dan mengembangkan pemahaman tentang perkembangan teknologi informasi yang mendukung proses pembelajaran. Salah satu permasalahan yang dihadapi santri  adalah kurangnya pemahaman tentang bagaimana menggunakan teknologi informasi. Untuk itu, sebagai contoh, perlu adanya sosialisasi holistik kepada santri agar mereka dapat menggunakan pengetahuan yang telah diperolehnya secara bermakna. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan oleh tim dosen dari Politeknik PGRI Banten. Peserta sosialisasi adalah santri Pondok Pesantren Darul Falah Serang Banten. Metode pelaksanaan pengabdian adalah pendekatan kolaboratif dalam bentuk ceramah, latihan dan sesi tanya jawab dengan menggunakan model tatap muka di ruang aula. Materi sosialisasi adalah pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam proses pembelajaran. Melalui kegiatan pengabdian para pengurus pesantren dan tentunya santri, peran teknologi informasi dan komunikasi khususnya media dalam mendukung proses pembelajaran saat ini untuk meningkatkan kualitas pembelajaran menjadi lebih diakui. Dengan adanya pengabdian masyarakat ini, dapat meningkatkan minat dan motivasi belajar, meningkatkan pengetahuan santri tentang penggunaan teknologi informasi yang benar, dan menjadikan proses pembelajaran lebih efektif dan efisien.


Keywords


Pemanfaatan, Teknologi Informasi dan Komunikasi, Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Budiman, H. (2017). Peran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 31-43. https://doi.org/10.24042/atjpi.v8i1.2095

Dewi, I. L. K., Maharani, A., dan Setiyani, S. (2020). Pelatihan Aplikasi Schoology Sebagai Upaya Menyelenggarakan Pembelajaran Jarak Jauh Di Smk Samudra Nusantara. Minda Baharu, 4(2), 122-130. https://doi.org/10.33373/jmb.v4i2.2662

Handayani, S., Mintarti W, S. U., Megasari, R., dan Kustiandi, J. (2020). Integrating Information Technology and Stem Learning Models in Industrial 4.0 Revolution. KnE Social Sciences, 2020(2015), 403–413. https://doi.org/10.18502/kss.v4i7.6870

Hayati, N., dan Wijaya, M. (2018). Pengelolaan Pembelajaran melalui Blanded Learning dalam Meningkatkan Receptive Skill Peserta Didik di Pondok Pesantren. Palapa, 6(2), 1–18. https://doi.org/10.36088/palapa.v6i2.64

Inoue, T., De Magistris, G., Munawar, A., Yokoya, T., dan Tachibana, R. (2017). Deep reinforcement learning for high precision assembly tasks. IEEE International Conference on Intelligent Robots and Systems, 2017-Septe, 819–825. https://doi.org/10.1109/IROS.2017.8202244

Nugroho, D. (2019). Ujian Online Pada Mata Pelajaran Produktif. Jurnal Ilmiah Infokam, 1 (Maret), 20–25.

Purwaningrum, S. (2019). Santri Produktif: Optimalisasi Peran Santri di Era Disrupsi. Prosiding Nasional, 2(November), 101–116.

Sidik, A., Setyawan, A.H., Baskoro, D., dan Hanifa, S.N. (2022). Pengenalan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Untuk Menambah Wawasan Dan Kemampuan Belajar Siswa Di Era Globalisasi. Jurnal Pengabdian Global, 1(1), 12–15.

Suranti, D., Sari, H.L., Nurwita, S., Nasution, A.A., dan Agustin, D. (2021). Peranan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dimasa Pandemi Dalam Peningkatan Mutu Pembelajaran Online. Prosiding Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian, 804–811. http://prosiding.rcipublisher.org/index.php/prosiding/article/view/228

Tekege, M. (2017). Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran SMA YPPGI Nabire. Jurnal Teknologi Dan Rekayasa, 2(1), 40–52. https://uswim.e-journal.id/fateksa/article/view/38

Hidajat, T.W. (2013). Persepsi Pengelola terhadap Peran Sistem Informasi Manajemen (SIM) Berbasis Teknologi Informasi (TI) pada Pengelolaan Administrasi Sekolah Menengah Kejuruan Kota Mojokerto. Jurnal Pendidikan Sains, 1(2), 147–158.

Utami, N.W., dan Astawa, P.N.S.P. (2020). Pelatihan Keterampilan Dasar Komputer Dan Teknologi Informasi Bagi Siswa Sekolah Dasar Di SD Negeri 2 Tibubeneng. Jurnal Pelayanan Dan Pengabdian Masyarakat (Pamas), 4(1), 38–45. https://doi.org/10.52643/jppm.v4i1.781

Wardani, K.R.N., Fitriani, E., Fithri, N., dan Makmuri, K. (2022). Pengenalan Dasar Komputer (Teknologi Informasi dan Komunikasi) pada Siswa SD Muhammadiyah 4 Palembang. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 2(3), 1121–1126. https://doi.org/10.54082/jamsi.356




DOI: https://doi.org/10.33373/jmb.v6i2.4557

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.