PELATIHAN PENULISAN DAN PUBLIKASI ARTIKEL ILMIAH UNTUK MENDUKUNG PENGEMBANGAN KARIER GURU

Nina Agustyaningrum, Arifta Nurjanah, Hani' Rosyidah

Abstract


Salah satu syarat pengembangan karier guru adalah menulis karya ilmiah. Faktanya syarat ini justru menjadi penghambat bagi guru untuk naik pangkat dikarenakan kurangnya kemampuan dan minat menulis di kalangan guru. Tujuan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang cara menulis dan mempublikasikan artikel ilmiah pada jurnal bereputasi guna menunjang karier guru. Khalayak sasaran kegiatan pengabdian ini yaitu para guru di SMA Negeri 1 Salaman yang sebagiannya mengalami kendala kenaikan pangkat karena kurangnya syarat publikasi artikel ilmiah. Kegiatan pengabdian dilakukan melalui tiga tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Metode kegiatan pengabdian berupa pelatihan dengan metode ceramah, tanya jawab, dan diskusi. Pelaksanaan kegiatan pengabdian berupa pelatihan ini didukung oleh beberapa faktor yang memberikan banyak kontribusi atas keberhasilan kegiatan. Kegiatan pengabdian ini secara keseluruhan berjalan dengan baik. Hasil kegiatan berupa peningkatan pemahaman guru mengenai cara menulis artikel ilmiah yang baik, cara menentukan jurnal ilmiah yang sesuai, dan tata cara pengiriman artikel pada online journal system. Kegiatan pelatihan juga membangkitkan motivasi guru dalam menulis artikel ilmiah tidak hanya untuk pengembangan karier namun juga pengembangan diri. Capaian ini terlihat dari antusiasme guru saat sesi diskusi dan hasil refleksi di akhir kegiatan bersama guru dan kepala sekolah yang disampaikan secara lisan.

Keywords


Artikel ilmiah, jurnal ilmiah, pengembangan karier guru, publikasi ilmiah

Full Text:

PDF

References


Alwi, M., Burhan, B., Basmi, B., Ahmad, S., & Risnashari, R. (2020). Training and assistance in scientific writing for teachers of SMPN Minasa Tene in Pangkep Regency. Khasanah Pengabdian, 2(2), 78-88. https://journal.unhas.ac.id/index.php/kp/article/view/10777

Anugraheni, I. (2021). Faktor-faktor kesulitan guru sekolah dasar dalam penulisan karya ilmiah. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar, 9(1), 59–65. https://doi.org/10.22219/jp2sd.v9i1.12457.

Arribathi, A. H., Saryani, S., & Haris, H. (2019). Perancangan aplikasi smart seminar dan workshop berbasis website. Journal Cerita, 5(2), 156-164. https://doi.org/10.33050/cerita.v5i2.409

Arta, K. S. (2018). Pelatihan penulisan artikel untuk publikasi di jurnal untuk meningkatkan profesionalisme bagi guru-guru di Kecamatan Kubutambahan Kabupaten Buleleng. Acarya Pustaka, 5(2), 17-32.

Arta, K.S., Purnawati, D. M. O., Yasa, I. W. P., & Purnawibawa, R. A. G. (2021). Pelatihan penulisan artikel untuk publikasi di jurnal ilmiah terindeks Sinta untuk meningkatkan profesionalisme bagi guru-guru di SMP Satap N 3 Sukasada. Proceeding Senadimas Undiksha, pp. 1357-1367.

Bozkuş, K. (2020). Examining the problems faced by teachers: The case of Şanlıurfa. Journal of Theoretical Educational Science, 13(3), 505-529. http://dx.doi.org/10.30831/akukeg.623710

Damayanti, R., Sumantri, M. S., Dhieni, N., & Karnadi. (2022). Guru sebagai agen of change dalam pendidikan anak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 960-976. http://dx.doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1602

Day, R. A., & Gastel, B. (2012). How to write and publish a scientific paper (Seventh Edition). Cambride: Cambridge University Press

Emaliana, I. (2019). Pelatihan penulisan karya ilmiah bagi guru MGMP bahasa Inggris SMA/MA se-Malang Raya. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 273-279. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v3i2.3380

Kusmaryani, R. E., Siregar, J. R., Widjaja, H., & Jatnika, R. (2016). Key factors in teacher professional development. Asean Conference 2nd Psychology & Humanity, Psychology Forum UMM, February 19 – 20.

Maftuh, M. S., Rahayu, S., Prayitno, L. L., Purwasih, S. M., & Fitriatien, S. R. (2021). Penyusunan artikel hasil penelitian. Kanigara, 1(1), 17-22. https://doi.org/10.36456/kanigara.v1i1.3143

Manullang, J. (2014). Membangun daya nalar dalam penulisan artikel ilmiah. Generasi Kampus, 7(1), 30-38.

Noorjannah, L. (2014). Pengembangan profesionalisme guru melalui penulisan karya tulis ilmiah bagi guru profesional di SMA Negeri 1 Kauman Kabupaten Tulungagung. Jurnal Humanity, 10(1), 97-114.

Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya

Redhana, I. W. (2014). Pelatihan penulisan artikel ilmiah bagi guru-guru kimia di Kabupaten Buleleng. Widya Laksana, 3(2), 20-33. https://doi.org/10.23887/jwl.v3i2.9160

Sopian, A. (2016). Tugas, peran, dan fungsi guru dalam pendidikan. Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 1(1), 88-97.

Supriyadi. (2022). Developing teacher professionalism through scientific writing. Technium Social Sciences Journal, 37, 76-87. https://doi.org/10.47577/tssj.v37i1.7734

Wiyaka, Saputro, B.A., & Prastikawati, E. F. (2022). Pelatihan penulisan artikel ilmiah dan publikasi jurnal nasional bagi Guru SMA di Kota Semarang. E-DIMAS: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 13(1), 192-200.

Zulfitri, Z. (2020). Teacher professional development. JADEs: Journal of Academia in English Education, 1(1), 1-18. https://journal.iainlangsa.ac.id/index.php/jades




DOI: https://doi.org/10.33373/jmb.v7i1.5258

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.