EFEKTIFITAS PROGRAM SEKOLAH PENGGERAK MELALUI PENINGKATAN POTENSI BERBASIS KARAKTERISTIK SATUAN PENDIDIKAN DI SMA NEGERI 1 BINTAN PESISIR

Suryo Hartanto, Pamor Gunoto, Shalehoodin Shalehoodin, Arif Wicaksono

Abstract


Keterbatasan sarana dan kurang optimalnya sumber daya dalam pengelolaan sekolah penggerak sangat mendesak untuk diselesaikan dan diberikan solusi penyelesain agar menunjang perbaikan dan mutu pendidikan Indonesia. Metode kegiatan yang dilaksanakan pada mitra PKM SMA Negeri 1 Bintan Pesisir adalah: 1). Pelatihan pengelolaan dan perawatan solar sel, 2). Pelatihan pengelolaan sampah plastik menjadi paving blok. Tujuan PKM pada SMA Negeri 1 Bintan Pesisir ini adalah:1).Meningkatkan pengetahuan mitra tentang pengelolaan sumber daya energi terbarukan dengan panel surya dan 2).Mengoptimalkan potensi mitra dalam operasional proyek penguatan profil pelajar pancasila berbasis karakteristik lingkungan sekolah. Berdasarkan hasil kegiatan PKM yang telah dilakukan terdapat: 1) Peningkatan yang signifikan terhadapa pengetahuan pengelolaan dan perawatan panel surya di SMA Negeri 1 Bintan Pesisir, 2). Terciptanya produk paving blok dari sampah plastik oleh siswa pada kegiatan proyek penguatan profil pelajar pancasila. Berdasarkan hasil PKM, disimpulkan bahwa mitra SMK Negeri 1 Bintan Pesisir efektif meningkatkan potensi satuan pendidikan untuk mendukung program sekolah penggerak.

Keywords


sekolah penggerak; sel surya; optimalisasi P5; wilayah 3T

Full Text:

PDF

References


Basmatulhana, H. (2022). Mengenal P5 dalam Kurikulum Merdeka dan Manfaatnya. 8.5.2017, 2003–2005. https://www.detik.com/edu/sekolah/d-6255504/mengenal-p5-dalam-kurikulum-merdeka-dan-manfaatnya

Hartanto, S., Gusfitri, S., dan Sari, H. (2023). Efektifitas proyek penguatan profil pelajar pancasila pada kurikulum sekolah penggerak di SMA IT Ulil Albab Batam. Minda Baharu, 7(1), 77–85.

Johansah, L., Nani, D., Budi, H., Indra, K. I. T. (2020). Perbaikan, Pemeliharaan dan Perawatan Pembangkit. Jurnal Pengabdian Masyarakat Teknik (JPMT), 2(2), 53–58. https://doi.org/10.24853/jpmt.2.2.53-58

Kader, M. A., Herlina, E., dan Setianingsih, W. (2021). Pengelolaan Sampah Plastik Menjadi Paving Block Sebagai Prospek Bisnis Pada Masyarakat Pra Sejahtera. Abdimas Galuh, 3(1), 102-113 . https://doi.org/10.25157/ag.v3i1.5026

Kusuma, D. Y. (2023). Pelatihan Operasional Dan Pemeliharaan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (Plts) Grid-Tie Utility Scale Sebagai Upaya Edukasi Masyarakat Kalurahan Serut, Gedangsari, Gunung Kidul Menuju Desa Mandiri Energi. Dharmakarya, 12(1), 134-140. https://doi.org/10.24198/dharmakarya.v12i1.36584

Putra, H. P., dan Yuriandala, Y. (2010). Studi Pemanfaatan Sampah Plastik Menjadi Produk dan Jasa Kreatif. Jurnal Sains & Teknologi Lingkungan, 2(1), 21–31. https://doi.org/10.20885/jstl.vol2.iss1.art3

Sufyadi, S., Harjatanaya, T.Y,. Adiprima, P., Satria, M. R., Andiarti, dan Herutami, I (2021). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jenjang Pendidikan Dasar dan Memengah (SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA). Pusat Asesmen dan Pembelajaran Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Jakarta.

Sudarno, Nicolaas S., Assa, V. (2021). Pemanfaatan Limbah Plastik Untuk Pembuatan Paving Block. Jurnal Teknik Sipil Terapan, 3(2), 101-110. https://doi.org/10.47600/jtst.v3i2.290




DOI: https://doi.org/10.33373/jmb.v7i2.5563

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.