PELATIHAN BAHASA INGGRIS MARITIM MELALUI ROLE PLAY METHOD KEPADA SISWA-SISWI SMKS PELAYARAN PUTRA SAMUDRA SORONG
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Al-Syahrin, M. N. (2018). Kebijakan Poros Maritim Jokowi dan Sinergitas Strategi Ekonomi dan Keamanan Laut Indonesia. Indonesian Perspective, 3(1), 1-17.
Aprizawati, A., dan Satria, B. (2020). Bimbingan Marlin Test Secara Daring dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris Maritim Bagi Alumni Pelayaran di Kecamatan Bukit Batu. Humanism: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 209-217
Demydenko, N. (2012). Teaching maritime English: A linguistic approach. Journal of Shipping and Ocean Engineering, 2(4), 249.
Fauziningrum, E., dan Nicolas, E. (2019). Evaluasi Kegiatan Belajar dan Mengajar Bahasa Inggris Maritim Menggunakan Need Analysis Approach. Jurnal Sains dan Teknologi Maritim, 20(1), 75–82. https://doi.org/10.33556/jstm.v20i1.219
Manurung, S., dan Yana, D. (2018). Learning English Using Songs For Elementary Students At Kavling Seroja. Minda Baharu, 2(2), 132-142.
Muslim, I. F., Salsabila, F., dan Priyono, P. (2022). Urgensi model komunikasi dua arah pada proses pendidikan. Intelektium, 3(2), 147–151. https://doi.org/10.37010/int.v3i2.892
Mustofa, M. I., dan Martina, F. (2019). The Analysis of Cultural Content in Two EFL Textbooks Used at SMA IT Iqra’ And SMKN 1 Bengkulu City. Journal of English Education and Teaching, 3(4), 481–493. https://doi.org/10.33369/jeet.3.4.481-493
Pritchard, B. (2003). Maritime English syllabus for the modern seafarer: safety-related or comprehensive courses? WMU Journal of Maritime Affairs, 2, 149-166.
Rosyada, K., Zulhatta, A. I., dan Marsetio, M. (2020). Memajukan Keamanan Maritim pada Sektor keselamatan Laut dalam Menghadapi Penyebaran Covid-19. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 7(3), 489-501.
Saleh, A., Anggraini, M., dan Efastri, S. M. (2018). Implementasi keselamatan lalu lintas pada anak usia dini dengan metode pendekatan pembelajaran koopertaif tipe role playing. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 42–46. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v2i1.998
Saputra, D., Said, E., dan Maipauw, N. J. (2020). Peran pendidikan di era milenial. Abdimas: Papua Journal of Community Service, 2(1), 18-22.
Sinaga, J. B., Manurung, S., dan Marpaung, J. (2022). Pendampingan Pembelajaran Bahasa Inggris Melalui Bimbingan Belajar Untuk Anak SD di Sagulung English Learning Assistance For The Children Of Elementary School In Sagulung. Minda Baharu, 6(2), 215-224.
Wael, A., Akib, M., Hasanudin, H., dan Akib, R. (2023). Autonomous Learning Strategies for Academic Speaking by English Education Department Students. J-SHMIC: Journal of English for Academic, 10(1), 51–62.
Wahyono, E., Supraba, A., dan Asmin, A.I. (2021). Pelatihan Bahasa Inggris untuk Pelayaran (SMK Pelayaran Samudera Nusantara Utama-Palopo). Abdimas Langkanae, 1(2), 49-53.
Wannan, G., dan York, A. (2005). Using video and role‐play to introduce medical students to family therapy: is watching better than appearing? Journal of Family Therapy, 27(3), 263-271.
Westrup, U., dan Planander, A. (2013). Role-play as a pedagogical method to prepare students for practice: The students’ voice. Högre utbildning, 3(3), 199-210.
DOI: https://doi.org/10.33373/jmb.v7i2.5797
Refbacks
- There are currently no refbacks.
License URL: https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.