PENINGKATAN KOMPETENSI DIGITAL SEKOLAH MELALUI PENDAMPINGAN LITERASI DATA BAGI GURU DAN PEGAWAI SMKN 14 MEDAN

Suci Frisnoiry, Tiur Malasari Siregar, Elfitra Elfitra, Muhammad Chairad Chairad

Abstract


Permasalahan mitra tersebut antara lain rendahnya kemampuan Literasi Data Guru dan Pegawai Sekolah, belum adanya sistem infomasi akademik sekolah, dan rendahnya pengalaman guru dan pegawai sekolah dalam melakukan manajemen sekolah. Solusi yang ditawarkan oleh tim dan telah bersepakat dengan mitra antara lain menyelenggarakan sosialisasi pentingnya Literasi Data, menyediakan SIPAT (Sistem Informasi Pelayanan Akademik Terpadu) Digital, menyelenggarakan sosialisasi, pelatihan dan pendampingan penggunaan SIPAT (Sistem Informasi Pelayanan Akademik Terpadu) Digital. Metodologi pelaksanaan PKM meliputi perencanaan dengan identifikasi kebutuhan dan penyusunan materi pelatihan, diikuti oleh pelaksanaan yang mencakup sesi sosialisasi, pelatihan, pendampingan serta evaluasi pre-test dan post-test untuk mengukur peningkatan pemahaman peserta. Monitoring dilakukan selama pelatihan melalui observasi langsung dan wawancara, serta analisis data untuk memastikan setiap tahap berjalan sesuai tujuan dan memberikan rekomendasi untuk tindakan lanjutan serta dukungan berkelanjutan bagi peserta untuk memastikan penerapan keterampilan yang diperoleh. Hasil dari program ini ialah tersedianya SIPAT Digital di SMKN 14 Medan dan meningkatnya kemampuan literasi data guru-guru dan staf pegawai SMKN 14 Medan. Hal ini dapat dilihat dari guru-guru dan staf pegawai yang sudah dapat mengoperasikan SIPAT Digital dengan baik

Keywords


Transformasi Pendidikan; Kompetensi Digital; Literasi Data; Sekolah

Full Text:

PDF

References


Arafah, M., & Maslihatin, T. (2018). Analisa Kualitas Website Sekolah Menengah Kejuruan Negeri SMKN Di Kota Makassar Dengan Menggunakan Webqual Modifikasi. Inspiration : Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 8(2), 119–128. https://doi.org/10.35585/inspir.v8i2.2472

Austin, T., Pratiwi, D. P., & Pusnita, I. (2023). Literasi Digital Society Menuju Era Perubahan Pertumbuhan Ekonomi Di Kelurahan Tanah Mas Banyuasin Sumatera Selatan. 2(8), 1005–1010.

Damanik, E.R., & Nasution, M.I.R. (2023). Penerapan sistem Informasi Manajemen Pendidikan Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Sekolah. Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi, 2(7), 1-5

Frisnoiry, S., Siregar, T. M., Elfitra, E., & Frimaulia, S. (2023). Pelatihan dan Pendampingan Media Loose Part untuk Membangun Keterampilan Abad 21 Guru-guru PAUD. PengabdianMu: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(4), 562–569. https://doi.org/10.33084/pengabdianmu.v8i4.4814

Haerani, R., Rosdiana, R., Ansor, A. S., Hadiyana, R. W., Asrori, K., Farida, R. D. M., & Irianto, J. (2022). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran Bagi Santri Darul Falah Serang, Banten. Minda Baharu, 6(2), 154–162. https://doi.org/10.33373/jmb.v6i2.4557

Hapsari, J. P., Khosyi’in, M., & Badie’ah, B. (2022). Pembuatan dan Pendampingan Pengelolaan Website Sekolah KB-TK Hj. Isriati Baiturrahman 1 Semarang. Indonesian Journal of Community Services, 4(1), 22. https://doi.org/10.30659/ijocs.4.1.22-30

Helmina, A., Irfan, D., & Effendi, H. (2023). Rancang Bangun Sistem Informasi Berbasis Web di SMK N 1 Ranah Batahan. JAVIT : Jurnal Vokasi Informatika, 64–71. https://doi.org/10.24036/javit.v3i2.140

Mubarrok, M. N., Abdullah, A. A., Adawiya, R., Sholihah, A., Richardo, R., & Sholihin, A. (2023). Pelatihan Literasi Numerasi Santri Melalui Kegiatan Himatika Mengajar Numeracy Literacy Training For Santri Through Himatika Mengajar Activities. 3(2).

Mujiyanti, S. A., Suparto, A. A., Hasan, A., & Chandra, H. (2024). Pendampingan Pemasaran Digital Bagi Kelompok Ekonomi Rumah Batik Ingklusi Rubi Di Desa Kedungdowo. 8(1), 138–144.

Muliastrini, N. K. E. (2019). Penguatan Literasi Baru (Literasi Data, Teknologi, Dan SDM/Humanisme) Pada Guru-Guru Sekolah Dasar Dalam Menjawab Tantangan Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 88–102.

Nizam. (2023). Panduan Risetmu Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Tahun 2023 1. 1–61.

Rosyidah, S., Masyawi, A., Agama, S. T., Al-Kamal, I., & Rembang, S. (2023). Penerapan Sistem Informasi Manajemen (Sim) Dalam Pengelolaan Administrasi Di Sma Islam Al-Kamal Sarang Rembang. Jurnal LENTERA, 1(1), 23–42.

Santoso, G., Hidayat, M. N. S., Murod, M., Susilahati, Solehudin, & Asbari, M. (2023). Transformasi Literasi Informasi Guru Menuju Kemandirian Belajar. Jurnal Pendidikan Transformatif (Jupetra), 02(01), 100–106.

Sinambela, L., Husna, M., & Putri, M. (2022). Implementasi Sistem Informasi Manajemen Berbasis Sistem Pengolahan Data dan Nilai Siswa untuk Eefektifitas Layanan Sekolah. Jurnal Ilmiah MADIYA Masyarakat Mandiri Berkarya 1(3), 19–25.

Sulaiman, A., Fahmi, A. R., & Falah, F. (2021). Upaya Meningkatkan Mutu Pelayanan Pembelajaran Di Smk Al-Islah Kebagusan. 2(September), 76–88.

Surojudin, N. Zy, A.T., Siswandi, A., Andriani, Ghofir, A. (2024). Memajukan Akses Pendidikan Melalui Website Sekolah: Proyek Pengabdian dan Implikasinya di SDIT Assalam. VIDHEAS: Jurnal Nasional Abdimas Multidisiplin. 1(2), 246-252

Wijasena, A. C., & Haq, M. S. (2021). Optimalisasi Sarana Prasarana Berbasis IT Sebagai Penunjang Pembelajaran Dalam Jaringan. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 09(1), 240–255.




DOI: https://doi.org/10.33373/jmb.v8i1.5878

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.