PENYULUHAN BIOENTREPRENEURSHIP PADA SANTRI DI MA’HAD TAHFIZ DARUL FALAH MALAYSIA: PEMANFAATAN MIKROBA DALAM MAKANAN DAN MINUMAN

Erna Wijayanti, Mukhamad Rikza Chamami, Mokh Sya'roni

Abstract


Pengetahuan mengenai kewirausahaan di Abad ke-21 merupakan hal penting guna menunjang keterampilan hidup bagi para generasi muda, khususnya para santriwan dan santriwati. Program pembelajaran mengenai kewirausahaan yang ada di pondok pesantren yang dijadikan tempat pengabdian masih belum ada, sehingga program penyuluhan terkait kewirausahaan sangat penting untuk dilakukan. Progam pengabdian ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada para santriwati mengenai kewirausahaan biologi, khususnya pemanfaatan mikroba dalam makanan dan minuman. Pengabdian ini menggunakan metode Asset Based for Community Development (ABCD) yang terdiri dari lima tahapan yaitu identifikasi potensi, pemetaan aset, analisis program, pelaksanaan program dan evaluasi. Program pengabdian ini diikuti oleh para santriwati sebanyak 50 orang yang berdomisili di pondok pesantren. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa para santriwati telah mengetahui pengertian mikroba, macam-macam mikroba, peran mikroba yang menguntungkan dan merugikan serta pemanfaatan mikroba sebagai peluang usaha di bidang makanan dan minuman. Disarankan untuk pelaksanaan program pengabdian selanjutnya dilakukan kegiatan mengenai praktik pembuatan makanan dan minuman yang menggunakan mikroba agar kegiatan pengabdian lebih bermanfaat dan berkelanjutan.

Keywords


Bioentrepreneurship, Microbes, Counseling, Students.

Full Text:

PDF

References


Afandi, A, et.al, (2022). Metodologi Pengabdian Masyarakat. Jakarta: Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam, Kementerian Agama RI.

Afriadi, R. dan Revita, Y. (2018). Pengembangan Jiwa Bioentrepreneurship Mahasiswa Biologi’, Jurnal Biolokus, 1(2): 123-127.

Faridah, H. D. dan Sari, S. K. (2019). Pemanfaatan Mikroorganisme dalam Pengembangan Makanan Halal Berbasis Bioteknologi. Journal of Halal Product and Research, 2(1): 33-43.

Herlina, S. M., Yacub, R., Sophan, I., dan Titta, S. (2023). Kewirausahaan Digital bagi Santri di Pondok Pesantren Madyan Al-Qur’an Cianjur, Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1): 25-33.

Jamil, S. N. A., Mardiyah, U., and Sandra, L. (2023). Pelatihan Kewirausahaan sebagai Upaya Menumbuhkan Minat Berwirausaha Santri di Pondok Pesantren Salafiyah Syafiiyah Situbondo’, MADANI: Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Kewirausahaan, 1(2): 71-77.

Maisaroh dan Tatik. (2019). Perintisan Kewirausahaan Berbasis Pesantren Melalui Pelatihan dan Pendampingan Kewirausahaan pada Santri PP Ar Risalah Mlangi Yogyakarta’, JAMALI: Jurnal Abdimas Madani dan Lestari, 1(1): 34-40.

Mustofa, M. A., Fahrozi, R., Silviani, D., dan Andaka, F. (2022). Pelatihan Kewirausahaan untuk Santri di Pesantren Hidayatullah Depok’, Jurnal Peradaban Masyarakat, 2(5): 14-17.

Saragih, R.(2017). Membangun Usaha Kreatif, Inovatif Dan Bermanfaat Melalui Penerapan Kewirausahaan Sosial’, Jurnal Kewirausahaan, 3(2): 26-34.

Sinha, D., Singh, A., dan Kumar, P. (2021). Introduction of Bioentrepreneurship. USA: IGI Global.

Sulastri, E., Indriani, C., Zainudin, M., Wardhani, S., Astriani, M., dan Ariyanto, E. (2022). Review: Peran Mikrobiologi pada Industri Makanan. Jurnal Indobiosains, 4(1): 1-8.




DOI: https://doi.org/10.33373/jmb.v8i1.5979

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.