PENDAMPINGAN PENGELOLAAN SAMPAH DI PESISIR PULAU BULANG KEBAM KOTA BATAM

Fauziah Syamsi, Ramses Ramses, Erwin Ashari, Dini Anggraini, Rahman Hasibuan, Mahardika Wiryawan

Abstract


Permasalahan sampah sangat banyak kita jumpai di Indonesia, mulai dari rendahnya kesadaran masyarakat dalam membuang sampah pada tempatnya sampai minimnya fasilitas tempat pembuangan sampah. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran warga untuk membuang sampah pada tempatnya, menanamkan rasa cinta kebersihan lingkungan dan penataan lingkungan yang lebih rapi dan bersih dengan pengadaan TPS (Tempat Pembuangan Sementera) dan TPA (Tempat Pembuangan Akhir) sampah di Pulau Bulang Kebam. Kegiatan pengabdian ini dilakukan dengan 3 tahap, yaitu sosialisasi, pendampingan pengadaan TPS dan pendampingan pengadaan TPA. Kegiatan sosialisai sangat disambut baik oleh warga yang dibuktikan dengan warga menerima kantong sampah yang diberikan dan menggunakan kantong sampah tersebut untuk mengumpulkan sampah anorganik yang mereka hasilkan. Pengadaan TPS dan TPA mendapat respon positif dari warga dan perangkat setempat dengan memberikan izin lokasi pendirian dan turut serta dalam pembuatan TPS dan TPA. Semua warga berperan aktif dalam mengumpulkan sampah yang berserakan dan membuang pada TPS untuk selanjutnya diantarkan ke TPA oleh seksi kebesihan untuk proses lebih lanjut. Diharapkan kegiatan ini dapat menjadi solusi dalam menjaga kebersihan pulau dan laut di sekitarnya.

Keywords


Pengelolaan sampah, Pulau Bulang Kebam, Batam, Pesisir.

Full Text:

PDF

References


Aulia, D.C. 2021. Peningkatan Pengetahuan dan Kesadaran Masyarakat tentang Pengelolaan Sampah dengan Pesan Jepapah. Jurnal Pengabdian Kesehatan Masyarakat, 1(1), 62-70.

Cordova, M.R. 2017. Pencemaran Plastik di Laut. Oseana, 42(3), 21-30

Elamin, M. Z., Ilmi, K. N., Tahrirah, T., Zarnuzi, Y. A., Suci, Y. C., Rahmawati, D. R., Dwi P., D. M., Kusumaardhani, R., Rohmawati, R. A., Bhagaskara, P. A., & Nafisa, I. F. (2018). Analysis of Waste Management in The Village of Disanah, District of Sreseh Sampang, Madura. Jurnal Kesehatan Lingkungan, 10(4), 368–375. https://doi.org/10.20473/jkl.v10i4.2018.368-375.

Faridawati, D. dan Sudarti. 2021. Pengetahuan Masyarakat Tentang Dampak Pembakaran Terhadap Lingkungan Kabupaten Jember. Jurnal Sanitasi Lingkungan, 1(2), 50-55.

Fauzi, M., Efizon, D., Sumiarsih, E., Windarti, W., Rusliadi, R., Putra, I., & Amin, B. (2019). Pengenalan dan pemahaman bahaya pencemaran limbah plastik pada perairan di Kampung Sungai Kayu Ara Kabupaten Siak. Unri Conference Series: Community Engagement, 1, 341-346. https://doi.org/10.31258/unricsce.1.341-346

Marpaung, D., Iriyanti, Y., & Prayoga, D. (2022). Analisis Faktor Penyebab Perilaku Buang Sampah Sembarangan Pada Masyarakat Desa Kluncing, Banyuwangi. Preventif: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 13(1), 47-57.

Ramly R,N. liah, M.S. Amin, W.N. Fitrah, S. Fatimah, A. Erna, F. Susanto, A. Febrian. 2022. Pembuatan tempat sampah sebagai upaya membangun kesadaran masyarakat terhadap kebersihan lingkungan di Desa Kakullasan Kecamatan Tommo Kabupaten Mamuju. Jurnal Lepa-lepa Open, 1(5), 912-919

Rifaldi, A., I.A. Jariah, M. Gunawan, S.A.A. Yusuf, A.I. Januar,B. Jaury, M. Jaury 2021. Kegiatan Pembersihan Secara Gotong Royong di Pinggiran Pantai Desa Bonto Jai Kecamatan Bissappu Kabupaten Bantaeng Dengan Tujuan Mengurangi Penyebaran Sampah di Pinggiran Pantai. Jurnal Lepa-lepa Open, 1(4), 874-88.

Sulistiyorini, N.R., R.S. Darwis, A.S. Gutama. 2015. Partisipasi Masyarakat dalam Pengelolaan Sampah di Lingkungan Margaluyu Kelurahan Cicurug. Share Social Work Jurnal, 5(1), 71-80.




DOI: https://doi.org/10.33373/jmb.v8i1.6009

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.