PELATIHAN SOFT SKILLS CARA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS BAGI SISWA-SISWI ANAK BINA BULIR PADI

Christine Winstinindah Sandroto, Yasintha Soelasih, Sumani Sumani

Abstract


Tujuan pelatihan untuk membekali anak bina BP dalam pengetahuan dan keterampilan berpikir kritis. PKM dilaksanakan dalam tiga tahap yaitu: persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Metoda PKM melalui pelatihan yang keberhasilannya akan diukur dengan melihat peningkatan dalam pengetahuan (yang diukur dari membandingkan hasil pre-test dan post-test materi) serta keterampilan (yang diukur dari hasil workshop yang harus memenuhi standar nilai kelulusan). Tujuan pelatihan ini tercapai yang dapat dibuktikan dari penilaian pre-test dan post-test materi, dimana untuk tiap indikator yang dinilai, nilai post-test lebih tinggi dari nilai pre-test materi pada range 7,9-24,4%. Sedangkan dari hasil workshop melalui diskusi kelompok dan presentasi, semua kelompok dapat memenuhi standar nilai kelulusan minimal untuk workshop oleh FEB-UAJ dan BP ditetapkan adalah 70, dimana nilai tiap-tiap kelompok di atas nilai 70. Saran ke depannya dilakukan pendampingan berkelanjutan sebagai tindak lanjut pelatihan.

Keywords


berpikir kritis, soft skills , pelatihan, pengabdian masyarakat

Full Text:

PDF

References


Cottrel, S. (2005). Critical Thinking Skillss: Developing Effective Analysis and Argument (3rd ed.). UK: Palgrave Macmillan: Basingstoke.

Dumitru, D. (2019). Creating meaning. The importance of Arts, Humanities and Culture for critical thinking development. Stud High Educ, 44, 870–879.

Ennis, R. H. (2018). Critical thinking across the curriculum: A vision. Topoi, 37(1), 165–184.

Erikson, M. G., & Erikson, M. (2018). Learning outcomes and critical thinking—Good intentions in conflict. Stud. High. Educ, 44, 2293–2303

.

Facione, P. A. (2015). Critical thinking: What it is and why it counts. Insight Assess, 1, 1–23.

Halpern, D. F. (1998). Teaching critical thinking for transfer across domains: Disposition, skillss, structure training, and metacognitive monitoring. Am. Psychol, 53, 449–455

.

Kuhn, D. (1999). A Developmental Model of Critical Thinking. Educ. Res., 28, 16–46.

Kuhn, D., Cheney, R., & Weinstock, M. (2000). The development of epistemological understanding. Cogn. Dev, 15, 309–328.

Kuhn, D., & Dean, J. D. (2004). Metacognition: A Bridge between Cognitive Psychology and Educational Practice. Theory Pract, 43, 268–273.

McPeck, J. E. (2016). Critical thinking and education. Routledge.

Moghadam, Z. B., Narafshan, M. H., & Tajadini, M. (2023). The effect of implementing a critical thinking intervention program on English language learners’ critical thinking, reading comprehension, and classroom climate. Asian. J. Second. Foreign. Lang. Educ, 8, 15.

NACE. (2017). Educational leadership job outlook 2018.

Oxford. (2023). Oxford Learner’s Dictionaries. Oxford University Press.

Paul, R., Elder, L., & Bartell, T. (1997). A Brief History of the Idea of Critical Thinking.

Petress, K. (2014). Critical thinking: An extended definition. Education, 124, 461–467.

Pnevmatikos, D., Christodoulou, P., Georgiadou, T., & Lithoxoidou, A. (2023). Undergraduate Students’ Conceptualization of Critical Thinking and Their Ideas for Critical Thinking Acquisition. Educ. Sci, 13, 416.

World Economy Forum. (2020). The future of jobs report.

YBP. (2024). Sejarah Bulir Padi.




DOI: https://doi.org/10.33373/jmb.v8i1.6023

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.