PENDAMPINGAN DALAM MENGENALI DAN MENGATASI GODAAN BAGI ANGGOTA PUKAT DI INDONESIA

Yohanes Driyanto, Yasintha Soelasih

Abstract


Ada banyak macam kegiatan dilakukan oleh Komunitas Profesional Dan Pengusaha Katolik (PUKAT). Ada kegiatan spiritual, sosial, dan juga edukatif. Satu di antaranya adalah kegiatan sosial mengenai pengenalan terhadap pencobaan dan cara untuk mengatasinya. Tujuannya adalah memberikan pembinaan bagi para professional dan pengusaha katolik agar tidak mudah terjebak dalam pemikiran, sikap, dan perilaku yang salah. Terdapat banyak bentuk pencobaan yang sangat dekat dengan kehidupan mereka, seperti menghormati seseorang hanya berdasarkan pada apa yang dilakukannya, kata orang mengenainya, apa yang dipunyainya, serta kenikmatan sesaat dan spontan. Berhadapan dengan kenyataan itu, kegiatan-kegiatan sengaja dilakukan dan langsung dimaksudkan untuk menghindarkan mereka dari kemungkinan jatuh dengan mudah kedalam pencobaan. Kegiatan-kegiatan itu bermanfaat juga bagi anggota untuk mengembangkan diri sehingga menjadi lebih kuat dalam menolak pencobaan dalam bentuk apa pun. Kegiatan yang berupa pendampingan kali ini dilakukan dengan cara daring. Pada awal kegiatan, kepada para peserta diberikan pre-test untuk mengetahui tingkat pemahaman mereka mengenai godaan. Setelah acara selesai, para peserta diminta untuk mengerjakan post-test. Hasil pendampingan yang tampak pada kuesioner yang mereka isi menunjukkan bahwa mereka menjadi paham mengenai godaan dan menyatakan dapat mengatasi godaan. Sebagai orang beriman, mereka siap menjadi pekerja yang professional dan bertanggungjawab. Mereka akan menjadi pengusaha yang mampu menempatkan diri dan orang lain pada tempatnya yang benar, serta melaksanakan kegiatan bisnis secara jujur, penuh perhatian, dan bertanggungjawab. Dengan begitu mereka akan dapat menjadi sumbangan berarti bagi kehidupan yang lebih bagi bangsa Indonesia.

Keywords


PUKAT, temptations, professionals, entrepreuner

Full Text:

PDF

References


Wikipedia Bahasa Indonesia (2023). Peta Keuskupan di Indonesia. Https://Id.Wikipedia.Org/Wiki/Daftar_keuskupan_di_Indonesia.

Falah, F. (2021). Godaan Versus Integritas Seorang Hakim dalam Cerpen “Yang Mulia” Karya Insan Budi Maulana (Pendekatan Psikoanalisis Sigmund Freud). Nusa: Jurnal Ilmu Bahasa Dan Sastra, 16(1), 88–99. https://doi.org/10.14710/nusa.16.1.88-99

Hendi, H., & Gulo, S. (2021). Godaan Seorang Imam dalam Pelayanan menurut Yohanes Krisostomus. DUNAMIS: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristiani, 6(1), 46–64. https://doi.org/10.30648/dun.v6i1.430

Jawa, T. T. K. R. (2006). Kitab Hukum Kanonik (1st ed.). Konferensi Wali Gereja Indonesia.

Naparan, G., Canoy, M. R., Mahinay, F. D., & Villaflor, J. E. (2022). Walking on Hot Coals: A Phenomenological Study on Dealing with Temptations in the Seminary. Millah: Journal of Religious Studies, 21(3), 613–638.




DOI: https://doi.org/10.33373/jmb.v8i1.6155

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.