PENDAMPINGAN PEMASARAN DIGITAL BAGI KELOMPOK EKONOMI RUMAH BATIK INGKLUSI RUBI DI DESA KEDUNGDOWO

Sri Ayudha Mujiyanti, Arico Ayani Suparto, Wahyudi Wahyudi, Abil Hasan, Hairel Candra, Nurul Fajri, Nur Imama

Abstract


Mitra pengabdian kepada Masyarakat dalam kegiatan ini adalah Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) bernama RUBI dalam usaha pemasaran kain batik di Desa Kedungdowo. UMKM ini telah berdiri sejak tahun 2022. Namun, model pemasaran yang digunakan masih konvensional yaitu dengan membuka toko biasa. Untuk itu, perlu diberikan pelatihan pentingnya penggunaan media digital untuk mendukung metode pemasaranyang sudah ada. Anggota RUBI mayoritas adalah penyandang disabilitas, akan tetapi mampu mengoperasikan perangkat digital seperti gadget atau handphone. Metode yang digunakan adalah dengan memberikan pelatihan pembuatan akun-akun di media digital bagi para anggota RUBI dan cara penggunaannya secara optimal untuk kepentingan pemasaran diikuti dengan pendampingan secara berkesinambungan. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menambah kemungkinan pasar yang lebih luas bagi UMKM RUBI. Setelah pelatihan, RUBI bisa mendapatkan pesanan jarak jauh (online) dengan memanfaatkan aplikasi-aplikasi sedrhana untuk menunjang pemasaran baik itu aplikasi untuk membuat konten, penyampaian pesanan dan pembayaran secara daring.

Keywords


Marketing; Digital marketing; Batik

Full Text:

PDF

References


Andreas, A. (2021). The Fundamental of Digital Marketing. PT. Elek Media Komputindo. Jakarta.

Chaffey, D., & Ellis-Chadwick, F. (2019). Digital Marketing: Strategy, Implementation and Practice (7th ed.). Pearson.

Hisyam, M., Yanizon, A., Ramli, A.L.P.R, Nasution, H. Anggraini, D., Wibowo, E.A., Ramses. (2023). Pemanfaatan Media Pemasaran Digital: Upaya Meningkatkan Pemasaran Produk Umkm Di Pulau Panjang, Kelurahan Sijantung, Kecamatan Galang, Kota Batam. Minda Baharu, 7(2), 351-364. Doi. 10.33373/jmb.v7i2.5818.

Mutiara, A. 2023. 10 Besar Negara Pasar Ekspor Batik Indonesia, Ada AS & Jepang. CNBC Indonesia. https://cnbcindonesia.com. Diakses pada 27 Februari 2024.

Naimah, R. J., Wardhana, M. W., Haryanto, R., & Pebrianto, A. (2020).Penerapan Digital marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM. Jurnal IMPACT: Implementation and Action, 2(2), 119-130.

Paembonan, L., Suparman, S., Tallesang, M., Jaya, A. H., Syatir, A., & Suirlan, R. (2024). Pendampingan Digital Marketing dalam Meningkatkan Pendapatan Usaha Rumah Tangga di Desa Sibalaya Utara Kabupaten Sigi. Wikrama Parahita: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 8(1), 112-120.

Pengertian dan Istilah. (2023). Mengenal Arti Training dan Manfaatnya untuk Karyawan. Kumparan. Diakses 21 Juli 2024.

Rachmawati, F. 2018. Penerapan Digital marketing Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu Produk Usaha Kecil Dan Menengah (UKM) Pahlawan Ekonomi Surabaya. Skripsi: Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya Fakultas Dakwah Dan Komunikasi Jurusan Komunikasi Program Studi Ilmu Komunikasi. Surabaya.

Ridwan, IM. dkk. 2019. Penerapan Digital marketing Sebagai Peningkatan Pemasaran Pada UKM Warung Angkringan “WAGE” Bandung. Jurnal Abdimas BSI (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Vol. 2 No. 1 Februari 2019, Hal. 137-142. E-ISSN: 2614- 6711.

Sholahuddin, M., Wiyadi, W., Abas, N. I., Rahmawati, S. D., & Rahmawati, R. Y. (2024). Strategi Digital Marketing Untuk Peningkatan Usaha UMKM Binaan PCIM Malaysia. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(1), 4147-4161.

Stefvany, Afdhal, V.E., Wiraseptya, T. (2022). Pelatihan Digital Marketing Sebagai Strategi Promosi dan Publikasi Kampung Adat Rimbo Tarok, Minda Baharu, 6(2), 163-170. Doi. 10.33373/jmb.v6i2.4432.

Sugita, N.M. 2023. 10 Batik Khas dari Jawa Timur. Detik. https://www.detik.com/jatim/budaya/d-6957416/10-batik-khas-dari-jawa-timur. Diakses pada 27 Februari 2024

Susanti, E. (2020). Pelatihan Digital marketing Dalam Upaya Pengembangan Usaha Berbasis Teknologi Pada UMKM Di Desa Sayang Kecamatan Jatinangor. Sawala: Jurnal pengabdian Masyarakat Pembangunan Sosial, Desa dan Masyarakat, 1(2), 36-50.

Terttiaavini, T., Hertati, L., Yulius, Y., & Saputra, T. S. (2024). Pelatihan Digital Marketing Dan Inovasi Produk Guna Meningkatkan Daya Saing UMKM Ikan Pedo Serbuk. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 8(2), 2405-2416.

Vincent, W.A., dan Wismantoro, Y. (2020). Marketing Digital. Solusi Bisnis Masa Kini dan Masa Depan. PT. Kanisius. Yogyakarta.

Wardana, A. 2018. Strategi Digital marketing Dan Implikasinya Pada Keunggulan Bersaing UKM Di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional: Forum Keuangan dan Bisnis IV, Th 2015. ISBN: 978-602-17225-4-1




DOI: https://doi.org/10.33373/jmb.v8i1.6174

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.