PENGEMBANGAN USAHA PRODUK KERAJINAN PURUN DI DESA MEKAR JAYA KECAMATAN WAMPU KABUPATEN LANGKAT PROVINSI SUMATERA UTARA

Ratna Sari, Aulia Putra Daulay, Dini Hardiani Has

Abstract


Pemanfaatan hasil bukan kayu merupakan salah satu penggunaan hasil hutan yang tidak merusak lingkungan dan menjaga kelestarian dari hutan. Salah satu hasil hutan bukan kayu yaitu purun danau, Purun danau (Lepironia articulata) merupakan salah satu anggota teki-tekian yang umumnya dimanfaatkan sebagai bahan anyam-anyaman. Kegiatan pengabdian masyarakat dilakukan di Desa Mekar Jaya Kecamatan Wampu, Kabupaten Langkat, Provinsi Sumatera Utara yang masyarakatnya telah memanfaatkan purun untuk kerajinan tangan berupa anyaman tikar, sendal, dan lain-lain. Kegiatan pengabdian ini bertujuan unutk membantu masyarakat dalam mengolah dan mengembangkan nilai produk olahan purun sebagai oleh-oleh. Metode yang dilakukan dalam pengabdian ini dimulai dari wawancara dan diskusi bersama pengrajin purun, kemudian tim PKM memberikan pelatihan kepada pengrajin dengan tujuan memberikan pengetahuan pengrajin dalam mengolah bahan baku menjadi sebuah produk jadi, dan tim PKM melakukan arahan kepada pengrajin terhadap tempat menjual produk olahan purun. Hasil yang diperoleh merupakan merupakan wawancara dari pengrajin berupa perolehan purun dari pihak ketiga serta pembuatan logo yang dibuat oleh tim PKM. Kemudian untuk produk olahan purun dapat dikembangkan memjadi beberapa produk lainnya berupa tas, sandal, topi, tas laptop, tali pinggang dan lain-lain. Produk yang sudah dibuat tim PKM mengarahkan penjualan produk pada platform e-commerce.

Keywords


Purun, Kerajinan, Produk

Full Text:

PDF

References


Ainun, N., Maming, R., & Wahida, A. (2023). Pentingnya Peran Logo Dalam Membangun Branding Pada Umkm. Jesya (Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah), 6(1), 674–681.

Batubara, R., & Nurminah, M. (2020). Analisis Dan Pengembangan Usaha Produk Kerajianan Purun Di Desa Lubuk Kertang. Talenta Conference Series: Agricultural and Natural Resources (ANR), 3(2).

Dave Chaffey, F. E. (2016). Digital Marketing (Strategy, Implementation and Practice). United Kingdom Pearson Education Limited.

Diana, S., Marlina, M., Amalia, Z., & Amalia, A. (2017). Pemanfaatan sampah plastik menjadi produk kerajinan tangan bernilai ekonomis bagi remaja putus sekolah. Jurnal Vokasi, 1(1), 68–73.

Dika, R. P., Andary, F., Sabila, Y. N. A., Novitasari, S., & Arifin, S. (2023). Analisis Pentingnya Desain Produk Bahan Kemasan Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus “Sambel Sate Mbah No” Desa Munggung, Kecamatan Pulung). Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(05), 1055–1061.

Ernawati, E., Sinambela, E. A., Cici, C., Silviana, R. J., Azizah, R. N., & Naudalia, S. (2022). The Effect of Social Support and Extraversion Personality on Entrepreneurial Interest in Students. Journal of Social Science Studies (JOS3), 2(2), 39–44. https://doi.org/10.56348/jos3.v2i2.25

Fikrih, R., Sitohang, R., & Sinaga, T. R. (2021). Pemanfaatan Tanaman Bayam dan Kailan Untuk Meningkatkan Pemasukan Masyarakat Mekar Jaya Kabupaten Langkat. Jurnal Abdimas Mutiara, 2(1), 387–390.

Hakim, S. S., & Margasetha, G. (2017). Menganyam Purun Untuk Kelestarian Gambut. Majalah Bekantan, Desember, 27–29.

Hisyam, M., Yanizon, A., Ramli, R. A., Nasution, H., Angraini, D., Wibowo, E. A., & Ramses, R. (2023). Pemanfaatan Media Pemasaran Digital: Upaya Meningkatkan Pemasaran Produk UMKM di Pulau Panjang, Kelurahan Sijantung, Kecamatan Galang, Kota Batam. MINDA BAHARU, 7(2), 351–364.

Kartini, F. F. T. (2023). Implementasi Merek dan Kemasan Untuk Meningkatkan Penjualan Produk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah di Desa Purwadadi. 7(2), 266–276.

Maimunah, S., Fahruni, F., & Hanafi, N. (2018). Peningkatan Ekonomi Masyarakat Sekitar Kawasan Hutan Gambut Dengan Pemanfaatan Purun. PengabdianMu: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 20–26.

Nuridin W P, Rayendra, Ahmad C, Ilham, dan N. S. (2023). Pelatihan Pemandu Outbond Pada Pokdarwis di Kepulauan Mentawai. 7(2), 150–159.

Parmawati, R., Hardyansah, R., Pangestuti, E., & Hakim, L. (2022). Ekowisata: Determinan Pariwisata Berkelanjutan untuk Mendorong Perekonomian Masyarakat. Universitas Brawijaya Press.

Pradiani, T. (2017). Pengaruh sistem pemasaran digital marketing terhadap peningkatan volume penjualan hasil industri rumahan. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 11(2), 46–53.

Siahaan, H. N., Sihombing, V. U., Nofitasari, R., Agribisnis, P. S., Pertanian, F., Satya, U., & Bhinneka, T. (2023). Pemberdayaan Petani Melalui Standard Operational Prosedure (SOP) Budidaya dan Pasca PAnen Buncis di Koperasi Max Yasa Purbalingga. 7(2), 186–198.




DOI: https://doi.org/10.33373/jmb.v8i1.6194

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.