PENDAMPINGAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM UPAYA PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI MADRASAH AL JABAR KOTA BATAM

Arta Uly Siahaan, Satria Bayu Aji, Tian Havwini, Nurul Fadilah, Feby Feby, Maya Inayati Sari

Abstract


Berdasarkan kegiatan pengabdian secara mandiri yang sebelumnya sudah terlaksana, yakni pelatihan penggunaan beberapa aplikasi online kepada guru-guru di Yayasan Al Jabar Batam, didapatkan hasil bahwa perlu pengabdian lanjutan yang membantu penyelesaian masalah mitra. Adapun permasalahan yang ditemukan adalah kurangnya media pembelajaran interaktif yang dapat secara bebas diakses oleh siswa dan guru. Hal ini terjadi akibat keterbatasan fasilitas dan pengetahuan dalam memproduksi media pembelajaran. Pengabdian ini bertujuan untuk mengatasi masalah keterbatasan tersebut. Solusi yang ditawarkan kepada mitra adalah pendampingan pembuatan media pembelajaran berupa video. Pendampingan dilakukan dalam bentuk workshop penggunaan Canva dan penyediaan fasilitas untuk menghasikan video pembelajaran yang akan digunakan oleh mitra. Adapun hasil dari pengabdian ini adalah ditemukan bahwa para peserta workshop merasa sangat puas (80%) dengan kegiatan yang dilakukan berdasarkan umpan balik yang diberikan setelah kegiatan selesai. Selanjutnya media pembelajaran yang dihasilkan berjumlah tiga video pembelajaran dan telah melalui proses penelaahan bersama para peserta. Adapun dampak yang diperoleh secara nyata setelah pengabdian ini berakhir adalah sebagian besar peserta dapat menghasilkan video pembelajaran secara mandiri menggunakan aplikasi Canva.

Keywords


accompanied, composing learning media, implementing independent curriculum

Full Text:

PDF

References


Asiba, W. P. (2021). Pentingnya Teknologi Bagi Guru Pada Masa Pandemi COVID 19. Pekanbaru: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau.

Fatma, Y., Hayami, R., Budiman, A., & Rizki, Y. (2019). Rancang Bangun Virtual Tour Reality Sebagai Media Promosi Pariwisata Di Propinsi Riau. Jurnal Fasilkom, 9(3), 1–7. doi:https://doi.org/10.37859/jf.v9i3.1666

Herro, D. (2015). Sustainable Innovations: Bringing Digital Media And Emerging Technologies To The Classroom. Theory Into Practice, 54(2), 117–127. doi:https://doi.org/10.1080/00405841.2015.1010834

Khan, N., & Ali, A. (2010). Improving The Speaking Ability In English: The Students’ Perspective. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 2(2), 3575–3579. doi:https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.03.554

Kittidachanupap, N., Singthongchai, J., Naenudorn, E., Khopolklang, N., & Niwattanakul, S. (2012). Development Of Animation Media For Learning English Vocabulary For Children. 2012 IEEE International Conference on Computer Science and Automation Engineering (CSAE). 2, pp. 341–345. Zhangjiajie: IEEE.

Kumar, M., & Jamil, M. (2016). Enhanced Learning Using Motion Graphics In Higher Education. ICERI2016 (pp. 2647–2651).

Lince, L. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan. Seminar Nasional Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan IAIM Sinjai (pp. 38–49). Sinjai: FTIK IAIM Sinjai. doi:https://doi.org/10.47435/sentikjar.v1i0.829

Lutfiana, R. F., & Kurniawan, M. W. (2021). Pelatihan Media Pembelajaran Inovatif Berbasis Information Technology (It) Di Smp Muhammadiyah 8 Batu. Minda Baharu, 109–118.

Munandar, M. H., Irmayanti, Muti’ah, R., Ritonga, A. A., & Harahap, D. A. (2021). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Ict Untuk Guru-Guru Di SMK Negeri 1 Pertanian Pembangunan. Minda Baharu, 5(1), 77–88. doi:https://doi.org/10.33373/jmb.v5i1.2892

Norman, E., & Furnes, B. (2016). The Relationship Between Metacognitive Experiences And Learning: Is There A Difference Between Digital And Non-Digital Study Media? Computers in Human Behavior, 54, 301–309. doi:https://doi.org/10.1016/j.chb.2015.07.043

Paratore, J. R., O’Brien, L. M., Jiménez, L., Salinas, A., & Ly, C. (2016). Engaging Preservice Teachers In Integrated Study And Use Of Educational Media And Technology In Teaching Reading. Teaching and Teacher Education, 59, 247–260. doi:https://doi.org/10.1016/j.tate.2016.06.003

Plass, J. L., & Kaplan, U. (2016). Emotional Design In Digital Media For Learning. Emotions, Technology, Design, And Learning, 131–161. doi:https://doi.org/10.1016/B978-0-12-801856-9.00007-4

Prastowo, A. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Tinjauan Teoritis dan Praktik. Jakarta: Prenadamedia Group.

Puspitaningrum, A. (2018). The Influence Of Using Animation Movie Towards Students' Speaking Ability At The First Semester Of The Eleventh Grade Of MA Al Hikmah Bandar Lampung In The Academic Year Of 2017/2018 (Dissertation). Bandar Lampung: UIN Raden Intan Lampung.

Sholihin, M., Sari, R. C., Yuniarti, N., & Ilyana, S. (2020). A New Way Of Teaching Business Ethics: The Evaluation Of Virtual Reality-Based Learning Media. The International Journal of Management Education, 18(3), 100428. doi:https://doi.org/10.1016/j.ijme.2020.100428

Vhalery, R., Setyastanto, A. M., & Leksono, A. W. (2022). Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Sebuah Kajian Literatur. Research and Development Journal of Education, 8(1), 185–201. doi:http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v8i1.11718

Wibawa, K. A., Legawa, I. M., Wena, I. M., Seloka, I. B., & Laksmi, A. A. (2022). Meningkatkan Pemahaman Guru Tentang Kurikulum Merdeka Belajar Melalui Direct Interactive Workshop. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 2(2), 489–496. doi:https://doi.org/10.53625/jcijurnalcakrawalailmiah.v2i2.3763

Wooten, J. J. (2020). Integrating Discussion And Digital Media To Increase Classroom Interaction. International Review of Economics Education, 33, 100174. doi:https://doi.org/10.1016/j.iree.2020.100174




DOI: https://doi.org/10.33373/jmb.v8i1.6196

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.